Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Patung Lembuswana Duduk Akan Diganti

Patung mirip Lembuswana dalam keadaan duduk di pulau Kumala ini akan segera diganti dengan patung Lembuswana yang sesuai dengan pakemnya
Patung mirip Lembuswana dalam keadaan duduk di pulau Kumala ini akan segera diganti dengan patung Lembuswana yang sesuai dengan pakemnya
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 23/04/2010 23:27 WITA
Permintaan Sultan Kutai agar patung mirip Lembuswana dalam keadaan duduk di pulau Kumala, Tenggarong, diganti dengan yang berdiri akhirnya dipenuhi Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar).


Pemkab Kukar sendiri telah menyiapkan anggaran untuk desain ulang sekaligus pembangunan patung Lembuswana berdiri lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2010.


Sebagai langkah awal, rancangan patung baru Lembuswana dengan beberapa opsi material Kamis (22/04) kemarin dipresentasikan di hadapan Pj Bupati Kukar Sulaiman Gafur, pejabat terkait serta pihak kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura.


Presentasi desain ulang patung Lembuswana di pulau Kumala ini disampaikan oleh pihak CV Gallant Tenggarong selaku konsultan perencana dengan tenaga ahlinya dari ITB Bandung.


Dikatakan Penanggung Jawab Teknis CV Gallant, Imran, desain ulang patung Lembuswana sesuai pakemnya merupakan salah satu strategi yang cukup penting bagi pengembangan wisata di Kukar.


Menurut Imran, ada 3 pilihan material patung Lembuswana berdiri yakni dari bahan tembaga, perunggu dan kuningan. Sedangkan estimasi biaya jika menggunakan bahan tembaga adalah sebesar Rp 4 milyar, perunggu Rp 7 milyar dan kuningan Rp 6,8 milyar.



Pedestal patung tetap akan digunakan guna menyokong patung Lembuswana yang baru
Photo: Agri

"Sedangkan estimasi waktu pelaksanaannya jika menggunakan bahan tembaga adalah sekitar 6-8 bulan, perunggu 8-10 bulan dan kuningan selama 8-10 bulan," paparnya.


Imran juga menjelaskan bahwa tinggi patung baru Lembuswana ini mencapai 13 meter. Hal ini berdasarkan beberapa pertimbangan, di antaranya menyesuaikan dimensi pedestal atau podium yang ada saat ini.


Sementara dikatakan Pj Bupati Kukar Sulaiman Gafur, pihaknya menyambut baik atas presentasi desain ulang pembangunan patung Lembuswana yang dilakukan oleh CV Gallant.


Sulaiman Gafur berharap dengan telah selesainya desain ulang dari CV Gallant, maka proses tender dapat segera dilakukan. "Sehingga patung Lembuswana baru tersebut dapat dibangun sesuai dengan aturan yang sebenarnya," ujarnya.


Hal senada juga dikatakan Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar Chairul Anwar. Ia berharap agar pemenang tander nantinya dapat melaksanakan pembangunan patung Lembuswana baru seperti apa yang dipaparkan konsultan CV Gallant.


"Kalau sudah ada pemenang tender, konsultan harus benar-benar mengawasi pekerjaannya sesuai desain baru, sehingga hasilnya betul-betul sesuai dengan yang diharapkan," pungkasnya.


Sekedar informasi, patung Lembuswana yang dibangun di ujung pulau Kumala pada tahun 2003 ini tidak diakui pihak Kesultanan Kutai. Pasalnya, Lembuswana yang menjadi simbol kerajaan Kutai ini tidaklah dalam keadaan duduk dan juga tidak memegang gada. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
Persipura Incar Poin Penuh, Mitra Kukar Tak Gentar
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com