Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Komisi I DPRD dan Satlak PB Kukar Tinjau Tanggul Jebol Penyebab Banjir

Rombongan Komisi I DPRD Kukar dan Satlak PB saat meninjau tanggul batu bara di areal pertambangan PT Tanito HarumRombongan Komisi I DPRD Kukar dan Satlak PB saat meninjau tanggul batu bara di areal pertambangan PT Tanito Harum
Photo: Humas DPRD Kukar/Roman


Komisi I DPRD Kukar menengarai adanya ketidakberesan dalam pengelolaan kolam penampungan air di areal tambang PT Tanito Harum
Komisi I DPRD Kukar menengarai adanya ketidakberesan dalam pengelolaan kolam penampungan air di areal tambang PT Tanito Harum
Photo: Humas DPRD Kukar/Roman

KutaiKartanegara.com - 05/04/2010 17:22 WITA
Terkait banjir yang merendam ratusan rumah warga Loa Ipuh baru-baru ini, Komisi I DPRD Kutai kartanegara (Kukar) bersama Satuan Pelaksana (Satlak) Penanggulangan Bencana (PB) Kukar pada Sabtu (04/04) lalu melakukan peninjauan ke lapangan untuk menelusuri penyebab terjadinya banjir.


Rombongan Komisi I dipimpin wakilnya Sabir Nawir dan Satlak PB Kukar dipimpin Plt Asisten I Hj Yuni Astuti langsung mendatangi lokasi berbentuk kolam tambang batu bara di areal pertambangan milik perusahaan PT Tanito Harum di Kelurahan Loa Ipuh Darat yang diduga menjadi biang terjadinya banjir.


Dari hasil peninjauan tersebut, tim Satlak PB maupun Komisi I DPRD Kukar menyimpulkan adanya ketidakberesan terhadap penanganan kolam penampungan air oleh PT Tanito Harum saat hujan deras selama 10 jam pada Rabu pekan lalu di kawasan tersebut.


Tim melihat bahwa kolam penampungan air limbah dibuat dengan tanggul seadanya, tanpa penguatan yang signifikan. Padahal air tertampung di kolam akibat hujan deras jumlahnya sangat besar. "Tanggulnya sangat tidak memadai dibanding daya tampung kolam, wajar jika jebol," ujar Anggota Komisi I DPRD Kukar, Isnaini.


Anggota lainnya yakni Baharuddin Demmu bahkan menengarai jika jebolnya tanggul ini ada unsur kesengajaan. "Hal ini terlihat dari pengelolaan lingkungan pertambangan sangat buruk dilakukan perusahaan tambang," tandasnya.


Sementara Anggota Komisi I lainnya Firnandi Ikhsan mengatakan, kawasan Pondok Labu, Bensamar dan sekitarnya sebagai kawasan siaga. Pasalnya, bencana banjir seperti ini acap kali terjadi di kawasan tersebut.


Wakil Ketua Komisi I Sabir Nawir pun meminta kepada Pemkab Kukar bersama perusahaan segera membantu kebutuhan sehari-hari masyarakat lantaran lahan sebagai sumber penghasilan mereka rusak dan relatif lama untuk pulih seperti sedia kala.


Hal tersebut dibenarkan Sopian, warga Bensamar yang sempat mendampingi rombongan melakukan peninjauan. Menurut Sopian, banjir lumpur selain merendam semua rumah juga merusak areal pertanian maupun perkebunan penduduk di perkampungan di wilayah hulu sungai Tenggarong seperti Dusun Bensamar, Pondok Labu dan sekitarnya pada Kamis hingga Jumat pekan lalu.


"Air yang merendam pemukiman maupun persawahan lebih merupakan air lumpur yang berasal dari kolam galian bekas tambang. Sebab warnanya persis seperti air kopi susu," ujarnya.


Akibat banjir lumpur ini, tambah Sopian, warga termasuk dirinya secara material cukup dirugikan. Dikatakannya, ada sekitar 30 hektar areal persawahan padi usia 3 bulan tidak dapat dipanen karena hancur diterjang air Lumpur. Kemudian ada 5.000 bibit karet alam hanyut terbawa air entah kemana. "Yang jelas, warga minta ganti rugi akibat banjir ini," cetusnya.


Turut serta dalam peninjauan ini di antaranya Kepala Badan Kesbanglinmas Darmansyah dan Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah, Bahteramsyah. Sebelumnya Pj Bupati Kukar H Sulaiman Gafur telah melakukan peninjauan di Desa Bensamar dengan memberikan bantuan pribadi senilai Rp 10 juta. (joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com