Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Depag RI Sosialisasikan PPA di Kukar Tenggarong

Suasana pembukaan Sosialisasi PPA yang dilaksanakan Depag Kukar bersama Inspektorat Jenderal Depag RI, Selasa (19/07) malam
Suasana pembukaan Sosialisasi PPA yang dilaksanakan Depag Kukar bersama Inspektorat Jenderal Depag RI, Selasa (19/07) malam
Photo: Humas Kukar

KutaiKartanegara.com - 21/07/2005 09:31 WITA
Departemen Agama RI memilih Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dari 11 Kabupten/Kota di Indonesia untuk menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Dengan Pendekatan Agama (PPA). Sosialisasi PPA ini dimulai Selasa malam (19/07) lalu yang dibuka oleh Assisten II Pemkab Kukar Dr H Adji Raden M Haryanto Bachroel MM di Pendopo Odah Etam, Tenggarong.

Menurut Kepala Kantor Depag Kukar, Drs H Djamaluddin HD, PPA yang berlangsung selama 3 hari ini diikuti 35 peserta. Mereka berasal dari Kanwil Depag Kaltim, STAIN Samarinda, Majelis-Majelis Agama se-Kukar, Pengawas Pendidikan Islam, Penyuluh Agama, kepala dan guru dari Madrasah dan sekolah umum serta Kepala KUA. Sedang nara sumber sosialisasi PPA ini disampaikan oleh Tim dari Itjen Depag RI dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Samarinda.

Irjen Depag RI dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Drs Fathi MM mengatakan, tujuan sosialisasi PPA untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan baik, amanah serta bebas KKN. Ditambahkannya, pengawasan dengan pendekatan agama dirasakan lebih efektif, karena setiap perbuatan senantiasa dalam pengawasan Tuhan. "Dengan pendekatan ini tidak memberikan ruang sedikit pun bagi seseorang melakukan penyimpangan seperti Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN)," katanya.

Sementara Assisten II Pemkab Kukar Dr HARM Haryanto Bachroel MM mengatakan, Pemkab Kukar mendukung sepenuhnya kegiatan ini karena sesuai dengan program strategis Pemkab Kukar, Gerbang Dayaku Tahap II. "Sasaran akhir Gerbang Dayaku Tahap II adalah menciptakan sistem pemerintahan dan kemasyarakatan yang berlandaskan azas-azas Good Government dan Good Governance," paparnya.

Menyinggung tentang sektor keagamaan diakui Haryanto Bachroel memang urusannya tidak diserahkan ke daerah namun menjadi wewenang pemerintah pusat. "Namun di Kukar secara teknis operasional terutama untuk kegiatan keagamaan bahkan penyediaan sarana dan prasarananya lebih banyak ditangani dan diprakarsai Pemkab bersama masyarakat," kata Haryanto Bachroel.

Diharapkan agar sosialisasi PPA dapat menghasilkan solusi yaitu bagaimana peran yang dapat dimainkan oleh umat dan Pemkab dalam menggalang kehidupan beragama yang lebih baik sesuai kaidah masing-masing agama. Demikian katanya. (joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com