Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Panwas Pilkada-Penegak Hukum Buat Kesepahaman
Samakan Persepsi Penanganan Tindak Pidana Pilkada

Pj Bupati Kukar Sulaiman Gafur (kiri) menyaksikan penandatanganan kesepahaman antara Panwas Pilkada dengan jajaran penegak hukum di Kukar
Pj Bupati Kukar Sulaiman Gafur (kiri) menyaksikan penandatanganan kesepahaman antara Panwas Pilkada dengan jajaran penegak hukum di Kukar
Photo: Humas Kukar/Heru Abdi

KutaiKartanegara.com - 11/02/2010 10:33 WITA
Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kutai Kartanegara (Kukar) 2010 kini tinggal menghitung hari. Beberapa tahapan Pilkada Kukar seperti masa kampanye, pemungutan hingga penghitungan suara, sangat rawan akan pelanggaran yang memerlukan penanganan serius dari pihak Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada maupun jajaran penegak hukum di daerah ini.


Oleh karena itu, guna membangun persamaan persepsi tentang pola penanganan perkara pidana pada Pilkada Kukar 2010, pihak Panwas Pilkada Kukar membuat kesepahaman bersama dengan jajaran penegak hukum yang terdiri dari Polres Kukar, Kejaksaan Negeri Tenggarong dan Pengadilan Negeri Tenggarong.


Penandatanganan nota kesepahaman tentang Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) dan Pola Penanganan Perkara Tindak Pidana Pilkada Kukar 2010 itu dilakukan Rabu (10/02) malam di Pendopo Odah Etam, Tenggarong.


Nota kesepahaman ini ditandatangani langsung oleh Ketua Panwas Pilkada Kukar Lukman, Kapolres Kukar AKBP Dono Indarto, Kepala Kejaksaan Negeri Tenggarong Djumly Ilyas dan Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong Sunaryo Wiryo.


Turut menyaksikan penandatangan kesepahaman ini adalah Pj Bupati Sulaiman Gafur, Ketua KPU Kukar Rinda Desianti, pejabat terkait, serta perwakilan tim sukses dari pasangan calon kepala daerah.



Ketua Panwas Pilkada Kukar, Lukman, saat memaparkan maksud dibuatnya kesepahaman tersebut
Photo: Humas Kukar/Heru Abdi

Menurut Ketua Panwas Pilkada Kukar, Lukman, maksud dilakukannya kesepahaman ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul dalam proses penegakan hukum tindak pidana Pilkada.


"Khususnya berkaitan dengan proses penerimaan laporan, penyidikan, pra penuntutan, penuntutan, pemeriksaan di sidang pengadilan hingga pelaksanaan putusan pengadilan," ujarnya.


Selain itu, lanjut Lukman, kesepahaman ini bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang hal-hal yang terkandung dalam KUHAP dan perundang-undangan yang berkaitan dengan tindak pidana Pilkada Kukar.


"Kemudian untuk menghindari kendala-kendala dalam proses penegakan hukum dan penanganan perkara tindak pidana Pilkada," demikian kata Lukman.


Sementara dikatakan Pj Bupati Kukar Sulaiman Gafur, Pemkab Kukar menyambut baik dan mendukung penuh kesepahaman yang dibuat Panwas Pilkada Kukar bersama aparat penegak hukum di daerah ini.


Dengan adanya kesepahaman ini, Sulaiman berharap agar pelaksanaan Pilkada Kukar 2010 dapat berjalan dengan mengedepankan prinsip-prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, supremasi hukum, transparan dan akuntabel. "Sehingga hasil Pilkada nanti jadi lebih kuat dan dapat diterima semua pihak," imbuhnya. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com