Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Obyek Wisata Pulau Kumala Kini Dikelola Swasta

Pulau Kumala kini ditangani pihak ketiga setelah Pemkab Kukar menyerahkan kewenangan kepada PT El John Pulau Kumala kini ditangani pihak ketiga setelah Pemkab Kukar menyerahkan kewenangan kepada PT El John
Photo: Yanda


Disaksikan Sekkab HAPM Haryanto Bachroel, Direktur Utama  PT El John Tirta Emas Wisata, Johnnie Sugiarto, menandatangani surat perjanjian kerjasama dengan Pj Bupati Sulaiman Gafur
Disaksikan Sekkab HAPM Haryanto Bachroel, Direktur Utama PT El John Tirta Emas Wisata, Johnnie Sugiarto, menandatangani surat perjanjian kerjasama dengan Pj Bupati Sulaiman Gafur
Photo: Humas Kukar/Heru

KutaiKartanegara.com - 04/02/2010 23:21 WITA
Pengelolaan obyek wisata Pulau Kumala yang berada di tengah Sungai Mahakam, Tenggarong, kini diserahkan kepada pihak swasta. Adalah PT El John Tirta Emas Wisata yang dipercaya Pemkab Kutai Kartanegara untuk menangani pulau wisata tersebut.


PT El John Tirta Emas Wisata sendiri terpilih sebagai pengelola Pulau Kumala sejak awal November 2009 lalu setelah menyisihkan 7 calon investor lainnya, seperti PT Jaya Ancol, PT Westin Hotel Jakarta, PT Grand Victoria Samarinda, PT S3M Sea World, Prisma Group, Pecatu Bali dan Aston International.


Penetapan El John sebagai pengelola Pulau Kumala kemudian ditandai dengan penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Aset Daerah No 01/KSP/KAB.KUKAR/II/2010 antara Pj Bupati Kukar H Sulaiman Gafur dengan Direktur Utama PT E John Tirta Emas Wisata, Johnnie Sugiarto.


Penandatangan perjanjian kerjasama tersebut berlangsung di Ruang Eksekutif Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, Rabu (03/02) kemarin, disaksikan Sekkab Kukar HAPM Haryanto Bachroel, Kepala Kantor Pengelola Aset Daerah Bambang Arwanto dan pejabat dari dinas/instansi terkait lainnya.


Kontrak PT El John dengan Pemkab Kukar sendiri akan berlangsung selama 18 tahun terhitung sejak ditandatangani perjanjian kerjasama tersebut.


Dan yang menarik, PT El John akan memberikan konstribusi tetap kepada Pemkab Kukar sebesar Rp 500 juta per tahun. Sedangkan kontribusi bagi hasilnya sebesar 10,5 % dari Net Operating Profit (NOP) keuntungan bersih.


"Kerjasama ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan aset daerah, dan diharapkan memberikan keuntungan baik Pemkab maupun pihak ke tiga yang mengelolanya," harap Pj Bupati Sulaiman Gafur.


Dengan kerjasama tersebut, lanjut Sulaiman, diharapkan dapat meningkatkan geliat pariwisata di Kukar. "Karena hal itu sesuai dengan salah satu pilar utama arah pembangunan Kukar yang tertuang dalam program Gerbang Dayaku yaitu Pengembangan sektor pariwisata," katanya.


Sementara dikatakan Dirut PT El John Tirta Emas Wisata, Johnnie Sugiarto, Resort Kumala yang terletak di obyek wisata Pulau Kumala akan dibuka kembali mulai Sabtu (06/02) lusa.


"Saat ini kami tengah membenahi fasilitas-fasilitas di Resort Kumala khususnya hotel, restoran dan kolam renang agar siap dipakai saat Soft Opening pada Sabtu ini," ujarnya.


Menurut Johnnie, restoran akan buka mulai pukul 06.00 hingga 23.00 WITA. "Khusus malam hari, pengunjung restoran akan dihibur dengan live music," kata Johnnie.


Sekedar informasi, Resort Kumala merupakan akomodasi atau penginapan yang di dalamnya terdapat 22 kamar dan 21 cottage, kolam renang, fasilitas spa dan restoran.


Sebelumnya, Resort Kumala pernah beroperasi dari tahun 2004 hingga 2007. Setelah dikelola PT El John Tirta Emas Wisata, nama Resort Kumala akan dirubah menjadi "Paray Kumala Resort and Spa". (her)


Johnnie Sugiarto menjelaskan langkah-langkah yang akan dilaksanakan perusahaannya dalam menangani Pulau Kumala ke depan
Photo: Humas Kukar/Heru

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Bikin Macet Hingga 4 KM, Mobil Milik Warga Tenggarong Terbakar di Kawasan Tahura
Jatuh Dari Kapal, ABK Ditemukan Tewas di Perairan Delta Mahakam
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Sempat Unggul di Babak Pertama, Mitra Kukar Tumbang di Kandang Persela
Persela Lamongan vs Mitra Kukar: Naga Mekes Buru Poin di Lamongan
 
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
Undang Delegasi 7 Negara, Erau 2018 Digelar Pada 21-29 Juli
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com