Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Guru Bahasa Inggris Dilatih Jadi Instruktur Newspaper In Education

Salah satu kelompok peserta pelatihan tampak antusias mencari artikel koran berbahasa Inggris The Jakarta Post sesuai topik yang ditugaskan
Salah satu kelompok peserta pelatihan tampak antusias mencari artikel koran berbahasa Inggris The Jakarta Post sesuai topik yang ditugaskan
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 22/01/2010 22:55 WITA
Sebanyak 30 guru Bahasa Inggris SMP/SMA asal Kutai Kartanegara (Kukar) dan Balikpapan selama 3 hari berturut-turut ikut ambil bagian dalam Pelatihan Instruktur Program Newspaper In Education (NIE).


Kegiatan yang digagas Total E&P Indonesie bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kukar dan The Jakarta Post Foundation (TJPF) ini berlangsung di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Tenggarong, sejak Kamis (21/01) kemarin hingga Sabtu (23/01) besok.


Menurut Kepala Divisi EKD Korporat Komunikasi, Hubungan Pemerintahan, Kemasyarakatan dan Pertanahan Total E&P Indonesie, Leo Tobing, peserta pelatihan dipilih berdasarkan usulan dari masin-masing Cabang Dinas Pendidikan di Kecamatan yang sebelumnya telah mengikuti Teacher Workshop NIE pada Oktober 2009 lalu.


"Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kapasitas guru dalam mengajar Bahasa Inggris di wilayah operasi Total E&P Indonesie di Kukar," ungkapnya.



Salah seorang instruktur, Martina Zaenal, saat menjelaskan metode pengajaran Bahasa Inggris lewat program Newspaper In Education
Photo: Agri

"Sehingga diharapkan kelak mampu meningkatkan kualitas siswa SMP dan SMA yang akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan dapat bersaing dengan siswa daerah lain," ujarnya.


Selain itu, lanjut Leo, diharapkan para guru yang mengikuti kegiatan ini dapat membagi pengetahuannya kepada guru lainnya mengenai metode pengajaran lewat program Newspaper In Education.


Ditambahkannya, para guru ini diharapkan kelak dapat menjadi instruktur pada kegiatan Teacher Workshop Newspaper In Education tingkat kecamatan di wilayah operasi Total E&P Indonesie yang meliputi Kecamatan Anggana, Muara Badak, Muara Jawa, Samboja dan Sanga-Sanga.


Pelatihan Instruktur NIE sendiri menampilkan tiga pemateri dari The Jakarta Post Foundation. Mereka adalah Rita Widiadana, Martina Zaenal dan Trisha Sertori.



Rita A Widiadana memaparkan tentang banyaknya manfaat yang diperoleh lewat program Newspaper In Education
Photo: Agri

Sementara dikatakan Rita Widiadana selaku Program Director NIE TJPF, program NIE sama seperti program Koran Masuk Sekolah yang telah diperkenalkan di Indonesia sejak beberapa puluh tahun lalu.


"Program Newspaper In Education ini hanyalah salah satu alternatif metode pengajaran kepada para siswa dengan menggunakan media koran. Dan kebetulan The Jakarta Post sebagai koran nasional berbahasa Inggris ingin ikut ambil bagian dalam mencerdaskan bangsa lewat program ini," kata Rita yang juga Senior Editor The Jakarta Post.


Lewat metode pengajaran NIE, tambah Rita, diharapkan pula dapat semakin meningkatkan minat baca para siswa, disamping untuk pembangunan karakter siswa yang kreatif, jujur, inovatif dan memiliki kerja tim yang kuat.


Ditambahkannya, banyak manfaat yang didapat dari penerapan program ini sebagai alternatif metode pengajaran. "Karena metode ini lebih menarik dan membuat siswa tidak jenuh dibandingkan buku pelajaran yang digunakan di sekolah. Karena lewat metode ini, siswa selain dapat belajar bahasa Inggris, juga mendapat informasi atau pengetahuan baru yang sifatnya aktual," imbuhnya. (win)


Instruktur lainnya, Trisha Sertori (kiri), dengan sabar memberikan penjelasan kepada para peserta pelatihan tentang tugas-tugas yang harus dikerjakan lewat metode NIE
Photo: Agri



Berita Terkait:
Lewat Newspaper In Education, Belajar Bahasa Inggris Jadi Lebih Menyenangkan (10/10/2009)

Guru Bahasa Inggris SLTP/SLTA Ikuti Workshop Newspaper In Education (08/10/2009)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Anggana Membara, Belasan Rumah Ludes Terbakar
Pilgub Kaltim 2018: Menang di 11 Kecamatan, Isran-Hadi Raup Dukungan 35,37 Persen Suara
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Pimpinan BPJS Kesehatan Ikut Layani Langsung Warga Kukar
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Jelang Laga Lawan SFC, Rafael Berges Tinggalkan Mitra Kukar
PS TIRA 0-0 Mitra Kukar: Gerri Tampil Gemilang, Naga Mekes Bawa Pulang Satu Poin
 
Wow, Mahasiswa Asing Ini Bisa Menari Jepen Hingga Main Sampek
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com