Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Dari Ngapehan Seni Bersama Orkes Pantjaran Nafsoe
Seniman Prihatin Pembongkaran Gedung Serapo

Orkes Pantjaran Nafsoe turut mengiringi penampilan seniman M Sabir HL (kanan) yang menyumbangkan sebuah laguOrkes Pantjaran Nafsoe turut mengiringi penampilan seniman M Sabir HL (kanan) yang menyumbangkan sebuah lagu
Photo: Agri


Ronald (kanan) tampil membawakan puisi bertajuk Topeng-Topeng Serigala
Ronald (kanan) tampil membawakan puisi bertajuk Topeng-Topeng Serigala
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 13/09/2009 16:06 WITA
Penggusuran gedung Serapo Lembaga Pembinaan Kebudayaan Kutai (LPKK) H Zailani Idris yang berada di kompleks Museum Mulawarman, Tenggarong, mengundang keprihatinan mendalam dari kalangan seniman di daerah ini. Apalagi masih belum ada kejelasan apakah akan dibangun gedung pengganti di lokasi tersebut.


Dalam acara Ngapehan Seni atau Bincang Seni yang digelar di taman Jembatan Kartanegara, Tenggarong, Sabtu (12/09) malam, sejumlah seniman dari berbagai kota di Kalimantan Timur (Kaltim) menyatakan rasa duka mereka atas digusurnya gedung yang selama ini menjadi wadah berkesenian.


Selain lewat uneg-uneg yang disampaikan langsung para praktisi seni, ungkapan keprihatinan tersebut juga dituangkan pula lewat lagu maupun puisi yang dibawakan seniman asal Kutai Kartanegara (Kukar). Salah satunya lewat puisi bertajuk Innalillahi Wainnailaihi Rojiun yang dibawakan Taufik Hidayat.


Pimpinan Orkes Pantjaran Nafsoe, Nala Arung, selaku penggagas acara Ngapehan Seni, menyebut gedung Serapo LPKK sebagai gedung yang bersejarah bagi pengembangan seni budaya di Tenggarong.


Nala Arung berharap agar Pemkab Kukar dapat membuat gedung pertunjukan sebagai pengganti Serapo LPKK yang kini telah rata dengan tanah. "Mungkin tidak perlu terlalu besar, yang penting cukup sebagai ruang pertunjukan," ujarnya.



Kasi Pengembangan Seni Budaya Disbupar, Hamsyi Hamzah (tengah), memberi kabar kepada para seniman rencana pembangunan gedung pertunjukan di Tenggarong
Photo: Agri

Menanggapi hal itu, Hamsyi Hamzah yang juga Kepala Pengembangan Seni Budaya pada Dinas Kebudayaan & Pariwisata (Disbudpar) Kukar menginformasikan bahwa Pemkab Kukar akan membangun sebuah gedung pertunjukan pada tahun anggaran 2010.


"Saya sudah melihat desain yang diajukan pihak konsultan, namun saya masih tidak setuju dengan konsepnya. Jadi saya minta kepada mereka untuk merubah dan melakukan studi banding lagi ke beberapa tempat," ujarnya.


Hamsyi Hamzah yang juga Sekretaris LPKK ini juga mengajak kalangan seniman di Kukar untuk terus berkarya. Menurutnya, Pemkab Kukar melalui Disbudpar sangat mendukung keberadaan kelompok-kelompok atau sanggar seni di daerah ini.


Bahkan Pemkab Kukar siap mengucurkan dana lewat bantuan sosial (bansos) kepada kelompok-kelompok kesenian di Kukar yang benar-benar eksis dan menghasilkan karya. "Silakan ajukan proposalnya kepada kami," kata Hamsyi.


Kegiatan Ngapehan Seni yang berlangsung santai tadi malam dihadiri pula oleh Kepala Taman Budaya Kaltim, serta sejumlah seniman dari kota Tenggarong, Samarinda dan Balikpapan.


Menurut Nala Arung, kegiatan ini dimaksudkan sebagai ajang temu kangen para seniman sekaligus untuk saling tukar pikiran serta berbagi informasi.


Dalam Ngapehan Seni tersebut, beberapa seniman ikut menyumbang membawakan puisi dan lagu. Di antaranya pembacaan puisi oleh Ronald, Taufik, Syaiful Aulia dan Abuy, serta nyanyian yang dibawakan Sabir dan Noel. (win)


Suasana kegiatan Ngapehan Seni yang digagas Orkes Pantjaran Nafsoe di pelataran taman Jembatan Kartanegara, Tenggarong, Sabtu (12/09) malam
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com