Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

ENI Paparkan Kuliah Sambil Bekerja di Selandia Baru

Direktur ENI, William Russell, saat mempresentasikan keuntungan yang diperoleh jika berkuliah di Selandia Baru
Direktur ENI, William Russell, saat mempresentasikan keuntungan yang diperoleh jika berkuliah di Selandia Baru
Photo: Humas Kukar/Betty

KutaiKartanegara.com - 10/09/2009 22:12 WITA
Selandia Baru, sebuah negeri yang berada di selatan samudera Pasifik, memberi peluang kepada warga Indonesia untuk menempuh pendidikan berkualitas dengan biaya yang relatif lebih murah.


Yang menarik, para mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Selandia Baru juga diperbolehkan bekerja paruh waktu di Negeri Kiwi tersebut. Jadi, tak hanya ilmu yang didapat, dolar Selandia Baru pun bisa dikantongi.


Pemaparan tentang kuliah sambil bekerja di Selandia Baru tersebut disampaikan Direktur Education Network Indonesia (ENI), William Russell, di hadapan sejumlah pemuda, mahasiswa, guru serta pejabat Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) di Tenggarong, Rabu (09/09) lalu.


Dikatakan William Russell, di Selandia Baru saat ini terdapat sekitar 60 ribu mahasiswa yang datang dari berbagai penjuru dunia. "Tapi hanya 400 orang yang berasal dari Indonesia. Kami berharap bisa bertambah lagi khususnya dari Kutai Kartanegara," kata pria yang akrab disapa Bill ini.


Menurut Bill, peningkatan SDM bagi warga Kukar sangat relevan sekali mengingat daerah ini memiliki sumber daya alam yang berlimpah. "Akan lebih bagus lagi jika para pengelolanya memiliki pendidikan yang lebih bagus di negara yang lebih maju dengan harga yang murah dan terjangkau," ujarnya lagi.


Ditambahkan pula, banyak program yang ditawarkan bagi calon mahasiswa asal Kukar. Misalnya pendidikan guru, bidang kehutanan, pertanian, teknologi informasi, bisnis manajemen dan lain sebagainya.


Russell juga berjanji akan membantu dengan memberikan kemudahan agar para mahasiswa Kukar bisa diterima dan mendapat pendidikan yang layak di perguruan tinggi yang ada di Selandia Baru.


"Sebab untuk mendapatkan kelulusan di perguruan tinggi tersebut sangatlah susah dan kami akan menjembatani urusan tersebut," demikian katanya.


Acara presentasi tentang kuliah di Selandia Baru tersebut dihadiri pula Asisten II Bidang Ekonomi & Pembangunan Setkab Kukar Hafiedz Anwar, Kabag Humas & Protokol Setkab Kukar Sri Wahyuni dan Kabag Pembangunan Setkab Kukar Machmudan.


Dikatakan Asisten II Hafiedz Anwar, kesempatan untuk belajar, tinggal dan bekerja di Selandia Baru merupakan peluang emas dalam pengembangan SDM Kukar.


Menurut Hafiedz, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh mahasiswa asal Kukar. Di antaranya adalah pengalaman tinggal di luar negeri yang belum tentu semua orang dapat merasakannya.


"Kemudian mendapatkan pendidikan berkualitas dari negara yang sudah maju. Serta memperoleh banyak teman dan relasi dari seluruh dunia," ujarnya.


Asisten II Setkab Kukar berharap agar melalui kegiatan ini bisa dibangun kerjasama secara berkelanjutan yang akan bermanfaat bagi peningkatan hubungan kedua negara. "Dan khususnya bagi percepatan pembangunan SDM di Kukar. Mudah-mudahan Pemkab Kukar segera menindaklanjuti pertemuan ini," katanya. (win)


Suasana presentasi tentang Kuliah, Tinggal dan Bekerja di Selandia Baru yang berlangsung di Tenggarong, Rabu (09/09) lalu
Photo: Humas Kukar/Betty

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com