Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Idul Adha di Muara Badak, Karyawan VICO Indonesia Sumbang 13 Hewan Kurban

KutaiKartanegara.com - 23/01/2005 14:14 WITA
Ribuan warga masyarakat Kecamatan Muara Badak menyatu dengan karyawan VICO Indonesia dan mitra kerjanya untuk mengikuti Salat Idul Adha yang dipusatkan di halaman Masjid Al Muhajirin BDI VICO Indonesia, Lapangan Badak, Jum'at (21/01) lalu. Salat Ied yang dimulai sekitar pukul 07.00 pagi dipimpin oleh Imam Masjid Al Muhajirin Yazli Faisal, sementara bertindak selaku khotib adalah KH Usman Palese dari Jakarta.

KH Usman Palese dalam khutbahnya mengatakan hari raya Idul Adha kali ini adalah saat yang tepat untuk kita mendekatkan diri kepada Allah dengan melaksanakan kurban. Berbagi kebahagiaan dengan saudara-sudara kita yang saat ini mendpaat ujian dari Allah, karena hanya dengan pengorbanan inilah jalinan antar sesama manusia dapat kita wujudkan sebagai insan sosial.

Ditambahkannya, kalau pada bulan Ramadhan kita diwajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah berupa beras atau kebutuhan makanan pokok kepada fakir miskin, maka sekitar dua bulan kemudian fakir miskin kembali memperoleh bentuk uluran tangan berupa daging.

"Disamping bantuan rutin ini, fakir miskin juga akan memperoleh santunan berupa pembayaran fidyah dan kaffarah. Belum lagi subsidi dalam bentuk lain seperti sadaqah, infaq, zakat harta dan sumber-sumber keuangan dari umat Islam lainnya. Jika seandainya pranata ini berjalan dengan semestinya maka meskipun terdapat kesenjangan tetapi kesenjangan itu tidak akan hinggap di hati fakir miskin, dan tidak perlu cemas terhadap ancaman letupan sosial," ujar KH Usman Palese.

"Diantara saudara kita masih banyak yang tidak sanggup mengkonsumsi protein hewani setiap hari, mungkin ada yang bulanan atau bahkan tahunan. Perintah berkurban sesungguhnya secara implisit Allah menyerukan kepada kita untuk membebaskan masyarakat dari kekurangan gizi," katanya lagi.

Jiwa dan fisik yang prima lebih berpotensi menjadi hamba ideal dan khalifah yang sukses daripada jiwa dan fisik yang lemah. Pada saat ini saudara kita yang diberi ujian berat sangat membutuhkan bantuan dari saudara-saudara seiman, melalui momentum Idul Kurban ini saatnya kita meringankan beban ujian yang mereka alami. Demikian kata KH Usman Palese.

Sebelum dilaksanakan Salat Ied, Arief Yusrianto mewakili manajemen VICO Indonesia mengatakan bahwa BDI (Badan Dakwah Islamiyah) VICO Indonesia tahun ini menyerahkan bantuan 12 ekor sapi dan 1 ekor kambing kepada masyarakat di sekitar wilayah operasai perusahaan migas tersebut.

"Dana pembelian hewan kurban dihimpun dari karyawan. Penyerahan bantuan hewan kurban tersebut kemudian disalurkan melalui beberapa masjid dan langgar/mushola dan selanjutnya diserahkan kepada yang berhak menerimanya," kata Arief Yusrianto.

Selain memberikan bantuan hewan kurban, BDI VICO Indonesia juga mendatangan 13 Mubaligh untuk menjadi Khotib di beberapa Masjid di wilayah Kecamatan Muara Badak. Para Khotib tersebut berasal dari Balikpapan dan Samarinda. (bas)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com