Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Idul Adha di Muara Badak, Karyawan VICO Indonesia Sumbang 13 Hewan Kurban

KutaiKartanegara.com - 23/01/2005 14:14 WITA
Ribuan warga masyarakat Kecamatan Muara Badak menyatu dengan karyawan VICO Indonesia dan mitra kerjanya untuk mengikuti Salat Idul Adha yang dipusatkan di halaman Masjid Al Muhajirin BDI VICO Indonesia, Lapangan Badak, Jum'at (21/01) lalu. Salat Ied yang dimulai sekitar pukul 07.00 pagi dipimpin oleh Imam Masjid Al Muhajirin Yazli Faisal, sementara bertindak selaku khotib adalah KH Usman Palese dari Jakarta.

KH Usman Palese dalam khutbahnya mengatakan hari raya Idul Adha kali ini adalah saat yang tepat untuk kita mendekatkan diri kepada Allah dengan melaksanakan kurban. Berbagi kebahagiaan dengan saudara-sudara kita yang saat ini mendpaat ujian dari Allah, karena hanya dengan pengorbanan inilah jalinan antar sesama manusia dapat kita wujudkan sebagai insan sosial.

Ditambahkannya, kalau pada bulan Ramadhan kita diwajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah berupa beras atau kebutuhan makanan pokok kepada fakir miskin, maka sekitar dua bulan kemudian fakir miskin kembali memperoleh bentuk uluran tangan berupa daging.

"Disamping bantuan rutin ini, fakir miskin juga akan memperoleh santunan berupa pembayaran fidyah dan kaffarah. Belum lagi subsidi dalam bentuk lain seperti sadaqah, infaq, zakat harta dan sumber-sumber keuangan dari umat Islam lainnya. Jika seandainya pranata ini berjalan dengan semestinya maka meskipun terdapat kesenjangan tetapi kesenjangan itu tidak akan hinggap di hati fakir miskin, dan tidak perlu cemas terhadap ancaman letupan sosial," ujar KH Usman Palese.

"Diantara saudara kita masih banyak yang tidak sanggup mengkonsumsi protein hewani setiap hari, mungkin ada yang bulanan atau bahkan tahunan. Perintah berkurban sesungguhnya secara implisit Allah menyerukan kepada kita untuk membebaskan masyarakat dari kekurangan gizi," katanya lagi.

Jiwa dan fisik yang prima lebih berpotensi menjadi hamba ideal dan khalifah yang sukses daripada jiwa dan fisik yang lemah. Pada saat ini saudara kita yang diberi ujian berat sangat membutuhkan bantuan dari saudara-saudara seiman, melalui momentum Idul Kurban ini saatnya kita meringankan beban ujian yang mereka alami. Demikian kata KH Usman Palese.

Sebelum dilaksanakan Salat Ied, Arief Yusrianto mewakili manajemen VICO Indonesia mengatakan bahwa BDI (Badan Dakwah Islamiyah) VICO Indonesia tahun ini menyerahkan bantuan 12 ekor sapi dan 1 ekor kambing kepada masyarakat di sekitar wilayah operasai perusahaan migas tersebut.

"Dana pembelian hewan kurban dihimpun dari karyawan. Penyerahan bantuan hewan kurban tersebut kemudian disalurkan melalui beberapa masjid dan langgar/mushola dan selanjutnya diserahkan kepada yang berhak menerimanya," kata Arief Yusrianto.

Selain memberikan bantuan hewan kurban, BDI VICO Indonesia juga mendatangan 13 Mubaligh untuk menjadi Khotib di beberapa Masjid di wilayah Kecamatan Muara Badak. Para Khotib tersebut berasal dari Balikpapan dan Samarinda. (bas)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Seminggu Menghilang, Warga Sanga-Sanga Ini Ditemukan Mengambang di Sungai
PMII Kukar Gelar Pelatihan Kader Dasar se-Kaltim
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Kuras ATM Puluhan Juta Rupiah, Pelaku Hipnotis Dibekuk Petugas Polres Kukar
Barang Bukti Narkoba, Sajam, Senpi Hingga Uang Palsu Dimusnahkan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Bawakan 8 Lagu, Via Vallen Sukses Goyang Tenggarong
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
 
Lepas Jorge Gotor, Mitra Kukar Rekrut Bek Asal Brazil
KFL-Liga 2 2017, Perebutan Zona 4 Besar Makin Sengit
 
Kongres Dunia CIOFF ke-47 di Tenggarong Berakhir Sukses
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
 
Wow! Menangi Kompetisi LINE, Mahasiswa Unmul Asal Tenggarong Ini Dapat Hadiah Jalan-Jalan ke Jepang
Digagas IKA SMANSA Tenggarong, Guru dan Karyawan SMAN 1 Tenggarong Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com