Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Meriah dan Semarak, Pembukaan Erau di Stadion Madya

Tari massal Ragam Rentak Kutai Bersama turut menyemarakkan pembukaan Erau 2009Tari massal Ragam Rentak Kutai Bersama turut menyemarakkan pembukaan Erau 2009
Photo: Agri


Staf Ahli Menbudpar RI Titin Sukarya ikut menyalakan brong pada pembukaan Erau di Stadion Madya Tenggarong Seberang
Staf Ahli Menbudpar RI Titin Sukarya ikut menyalakan brong pada pembukaan Erau di Stadion Madya Tenggarong Seberang
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 26/07/2009 23:55 WITA
Usai pelaksanaan upacara adat Mendirikan Ayu di Keraton Kesultanan Kutai, upacara pembukaan Erau Adat Tempong Tawar 2009 pun digelar di Stadion Madya Tenggarong Seberang. Kemegahan stadion terbesar di Kutai Kartanegara (Kukar) itu menjadi saksi kemeriahan upacara pembukaan Erau 2009.


Meski sebenarnya stadion tersebut belum rampung 100%, ribuan warga begitu antusias memadati tribun timur stadion yang berkapasitas 11.000 orang itu.


Pesta adat Erau 2009 sendiri dibuka Staf Ahli Menbudpar RI Bidang Ekonomi & Iptek, Titin Sukarya, mewakili Menbudpar RI Jero Wacik yang berhalangan hadir.


Dikatakan Titin Sukarya, Kukar maupun Kaltim pada umumnya memiliki potensi yang besar di bidang kepariwisataan. Titin pun mengaku sangat mengagumi keindahan alam serta kekayaan seni budaya Kukar.



Cucu Gubernur Kaltim Awang Faroek memberikan uang ke mulut Barongsai yang tergabung dalam kontingen Kota Balikpapan
Photo: Agri

Ditambahkannya, budaya masyarakat serta keindahan alam Kukar bisa menjadi modal dasar untuk mensejahterakan masyarakat dengan menjadikannya sebagai tujuan wisata yang menarik. "Jika pariwisata Kukar bangkit, maka Kaltim pun akan bangkit," serunya.


Menurut Titin, pariwisata harus dikembangkan secara bersama-sama oleh semua pihak dan instansi terkait. Karena pariwisata tak mungkin maju jika hanya dikerjakan sendiri dan perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak.


"Saya juga mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat Kaltim agar anugerah Tuhan berupa keindahan alam dan seni budaya ini dikemas dengan baik, lalu tawarkan kepada wisatawan," imbuhnya lagi.


Sementara Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak dalam sambutannya mengatakan, Pemprov Kaltim menyambut baik digelarnya pesta adat Erau tersebut.



Pj Bupati H Sjachruddin didaulat menaiki Reog Ponorogo dalam Kirab Budaya dalam rangka pembukaan Erau
Photo: Agri

Kepada seluruh stakeholder serta masyarakat, Gubernur mengajak agar bahu-membahu dalam pembangunan serta menata potensi wisata maupun infrastruktur agar bisa menjadi tujuan wisata yang baik dan menarik. "Karena jika sektor pariwisata meningkat, bisa menyumbang devisa dan menaikkan perekonomian rakyat," imbuhnya.


Sedangkan Pj Bupati H Sjachruddin dalam sambutannya mengatakan sangat berbahagia dengan digelarnya Erau ini. Karena dalam kegiatan Erau seluruh masyarakat dan pemimpin berbaur menjadi satu yang menimbulkan ikatan sosial.


"Erau kini bukan hanya menjadi agenda Pemerintah Kabupaten saja, tetapi telah ditetapkan menjadi agenda Nasional, serta bertujuan mendukung program Tahun Kunjungan Kaltim 2009," ujar Sjachruddin.


Pada kesempatan itu, Sjachruddin mengajak kepada segenap lapisan masyarakat Kukar untuk menunjukkan kepada pendatang atau wisatawan bahwa masyarakat Kutai merupakan masyarakat yang beradab, penuh sopan santun, ramah, serta mampu menciptakan kesan positif. "Mari Sukseskan pesta adat Erau 2009 ini, dengan menjadi tuan rumah yang baik," pungkasnya.


Upacara pembukaan Erau 2009 ditandai pula dengan penyalaan 7 buah brong atau obor raksasa, yakni oleh Staf Ahli Menbudpar RI Titin Sukarya, Gubernur kaltim H Awang Faroek, Pj Bupati H Sjachruddin, Kapolda Kaltim Irjen Pol Andi Masmiyat, Danrem 061/ASN Kol Musa Bangun, Kajati Kaltim Thomson Siagian dan Putra Mahkota Kesultanan Kutai HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat.


Pembukaan Erau di Stadion Madya Tenggarong Seberang dimeriahkan pula dengan suguhan tari massal Ragam Rentak Kutai Bersama yang melibatkan 300 orang penari dan 20 orang pemusik.


Dan sebagai pamungkas adalah prosesi Kirab Budaya yang diikuti 7 Kabupaten/Kota di Kaltim serta paguyuban etnis masyarakat yang ada di Kukar. (win)


Paa penari pria yang membawa sapu lidi pada tari massal Ragam Rentak Kutai Bersama
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com