Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Program Konversi Minyak Tanah ke LPG Disosialisasikan di Kukar

Simulasi penggunaan kompor gas LPG 3 kg
Simulasi penggunaan kompor gas LPG 3 kg
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 26/06/2009 15:53 WITA
Saat ini Pemerintah Pusat secara bertahap terus menggalakkan program Konversi Minyak Tanah Bersubsidi ke LPG kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Tak terkecuali bagi masyarakat di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).


Guna memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat dan keuntungan penggunaan LPG, PT Surveyor Indonesia bekerjasama dengan Pertamina GasDom Region VI Kalimantan Kamis (25/06) kemarin melakukan sosialisasi dan peluncuran program ini di Tenggarong.


Kegiatan yang digelar di Pendopo Wabup Kukar ini dihadiri Pj Bupati Kukar H Sjachruddin MS, sejumlah pejabat terkait serta masyarakat dari 4 kecamatan, yakni Tenggarong, Tenggarong Seberang, Loa Janan dan Loa Kulu.


Acara sosialisasi dan peluncuran program ini ditandai pula dengan demo penggunaan kompor gas LPG serta penyerahan bantuan paket kompor berikut tabung LPG isi 3 kg dan aksesoris kepada 4 orang perwakilan warga oleh Pj Bupati H sjachruddin.



Pj Bupati Kukar Sjachruddin didampingi Alfian Nasution (kiri) menyerahkan paket bantuan kompor dan tabung gas LPG 3 kg kepada masyarakat
Photo: Agri

Menurut GM Pertamina Pemasaran BBM Retail Region VI Kalimantan, Alfian Nasution, sosialisasi di Kukar ini merupakan kegiatan tahap II setelah sebelumnya dilaksanakan di Balikpapan.


"Sosialisasi ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman mengenai Konversi Minyak Tanah ke LPG sebagai program Pemerintah Pusat. Jadi program ini bukan semata milik Pertamina, namun merupakan program dari Pemerintah Pusat," ujarnya.


Ditambahkan Alfian, berdasarkan kesetaraan nilai kalori, subsidi LPG lebih rendah daripada subsidi minyak tanah. "Sehingga jika program ini berhasil secara nasional, maka penghematan subsidi oleh negara dapat mencapai Rp 20 Trilyun per tahun," imbuhnya.


Selain memberi keuntungan bagi pemerintah dalam melakukan penghematan anggaran negara, masyarakat yang beralih menggunakan dari minyak tanah ke LPG juga diuntungkan karena lebih hemat dari segi biaya dan efisien dalam penggunaan energi untuk memasak.


Sementara Pj Bupati Kukar H Sjachruddin berharap agar masyarakat yang menerima paket bantuan kompor gas LPG 3 kg dapat berhati-hati. "Jika mencium bau gas, jangan coba-coba menyalakan kompor," katanya.


Sjachruddin juga meminta kepada pihak Pertamina untuk menjamin ketersediaan pasokan LPG bagi masyarakat di daerah ini demi menjaga stabilitas harga pasaran LPG. "Karena meski kita ini merupakan daerah penghasil migas, namun nyatanya daerah kita masih mengalami kesulitan memperoleh pasokan bahan bakar," ungkapnya.


Adanya program Konversi Minyak Tanah ke LPG ini mendapat perhatian antusias dari masyarakat Kukar. Salah seorang warga Loa Kulu, Sri Rahayu (24), mengaku selama ini menghabiskan biaya Rp 80 ribu per bulan untuk membeli 20 liter minyak tanah.


"Jika membeli gas LPG 3 kg dengan harga tertinggi sekitar Rp 13 ribu per minggu, saya bisa melakukan penghematan biaya bulanan," ujar warga Desa Loa Kulu Kota ini. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com