Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Mutasi Tahap III Digelar
Pejabat Dilantik Tidak Tertib, Pj Bupati Kukar Sempat Marah

Suasana pengambilan sumpah jabatan terhadap 667 pejabat struktural eselon III dan IV di lingkungan Pemkab KukarSuasana pengambilan sumpah jabatan terhadap 667 pejabat struktural eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Kukar
Photo: Agri


Pj Bupati Sjachruddin menyalami pejabat yang baru dilantik
Pj Bupati Sjachruddin menyalami pejabat yang baru dilantik
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 15/05/2009 17:57 WITA
Setelah lama dinanti, Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) akhirnya menggelar mutasi tahap III. Tak tanggung-tanggung, mutasi kali ini dilakukan terhadap 667 pejabat struktural eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Kukar.


Saking banyaknya pejabat yang dimutasi, acara pelantikan pun digelar di gedung Puteri Karang Melenu (PKM), Tenggarong Seberang.


Acara diawali dengan pembacaan lampiran keputusan Bupati Kukar yang berisi daftar nama, jabatan dan eselon dari pegawai yang menempati jabatan baru.


Pembacaan nama-nama pejabat eselon III/IV oleh petugas Protokol Pemkab Kukar tersebut memakan waktu sekitar 45 menit. Entah karena capek atau tak tahan berdiri lama, beberapa pejabat yang berbaris di bagian belakang memilih untuk duduk lesehan di lantai yang beralaskan karpet tebal itu.


Ketika akan memimpin acara pengambilan sumpah jabatan sekaligus pelantikan, Pj Bupati Kukar H Sjachruddin MS sempat menegur para pejabat tersebut untuk berbaris dengan tertib.


Pelaksanaan pengambilan sumpah jabatan ini berjalan dengan tertib dan khidmat, yang dirangkai dengan penandatanganan berita acara pelantikan. Selanjutnya dilakukan pembacaan dan penandatanganan Pakta Integritas oleh beberapa perwakilan pejabat yang baru dilantik.



Sjachruddin sempat memberikan teguran keras kepada pejabat di barisan belakang yang tidak tertib saat pelantikan berlangsung
Photo: Agri

Jelang penyampaian amanat Pj Bupati Kukar, suasana di barisan belakang kembali tidak tertib lantaran sebagian pejabat itu ingin rehat melepas ketegangan. Melihat itu, sontak Pj Bupati Kukar kembali melakukan teguran yang kali ini lebih keras. "Yang di belakang sana ya... Saya minta yang di belakang! Mau dilantik apa tidak? Kalau tidak, keluar saja!" cetusnya.


Seketika suasana menjadi hening kembali setelah Sjachruddin melakukan teguran. Setelah barisan para pejabat itu kembali tertib, Sjachruddin pun mulai menyampaikan sambutannya.


Dikatakan Sjachruddin, mutasi dan rotasi kali ini dimaksudkan untuk mengisi formasi serta mengukuhkan pejabat yang menempati struktur organisasi perangkat daerah di Kukar.


Dengan adanya PP No 38 tahun 2007 dan PP No 41 Tahun 2007, lanjut Sjachruddin, menuntut dilakukan penetapan urusan yang menjadi kewenangan daerah, penataan kelembagaan penyelenggaraan pemerintah di daerah dan penataan personil.


"Lahirnya kedua PP tersebut menyebabkan restrukturisasi organisasi, sehingga daerah harus melakukan perampingan struktur organisasi perangkat daerah," imbuhnya.


Akibat restrukturisasi ini, tambahnya, banyak Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang harus dijadikan satu, sehingga menyebabkan berkurangnya jumlah jabatan struktural. "Berubahnya eselonering pada dinas dan badan, sehingga harus dilakukan penataan ulang personil yang menduduki jabatan struktural," tandasnya.


Menurut Pj Bupati Kukar, penataan personil merupakan pekerjaan yang paling berat yang harus dilewati. Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) telah bekerja secara maksimal dalam melakukan seleksi atas personil yang menempati jabatan struktural.


"Sehingga personil yang terpilih dan dilantik sekarang telah memenuhi syarat umum kepegawaian, mempunyai integritas, kapabel, mempunyai dedikasi dan kinerja yang tinggi, serta ditempatkan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki," ujarnya.


Oleh karena itu, Sjachruddin meminta kepada pejabat yang baru dilantik dapat melaksanakan amanah yang diberikan dengan penuh tanggungjawab, ikhlas dan jujur.


"Jangan anggap enteng pelantikan dan sumpah janji seperti ini. Karena tanggungjawabnya sangat besar. Jika tidak di dunia, sumpah ini dipertanggungjawabkan di akhirat," demikian Pj Bupati Kukar. (win)


Pembacaan Pakta Integritas oleh perwakilan pejabat yang baru dilantik
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
Persipura Incar Poin Penuh, Mitra Kukar Tak Gentar
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com