Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Koalisi 32 Parpol Tuntut Netralitas Penyelenggara Pemilu

Suasana aksi damai Koalisi 32 Parpol Pemerhati Pemilu di KPU Kabupaten Kukar tadi siangSuasana aksi damai Koalisi 32 Parpol Pemerhati Pemilu di KPU Kabupaten Kukar tadi siang
Photo: Agri


Asisten III Setkab Kukar HM Imron (kanan) saat menerima pernyataan sikap dari Helmi Kurniawan
Asisten III Setkab Kukar HM Imron (kanan) saat menerima pernyataan sikap dari Helmi Kurniawan
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 02/04/2009 18:56 WITA
Puluhan Calon Anggota Legislatif (Caleg) maupun kader dari 32 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2009 di Kutai Kartanegara (Kukar) hari ini melakukan aksi damai di Tenggarong.


Ada 3 tempat aksi yang menjadi sasaran aksi para caleg/kader yang tergabung dalam Koalisi 32 Parpol Pemerhati Pemilu itu. Pertama adalah Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kukar, kemudian Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kukar, dan terakhir Kantor Bupati Kukar.


Dalam aksi damai tersebut, Koalisi 32 Parpol Pemerhati Pemilu menuntut kepada institusi penyelenggara dan pengawas Pemilu, termasuk Pemkab Kukar, untuk bersikap netral dan adil terhadap seluruh parpol peserta Pemilu 2009.


"Kami ingin Pemilu Legislatif 9 April mendatang berlangsung jujur, adil dan demokratis," seru Ketua Presidium Koalisi 32 Parpol Pemerhati Pemilu, Helmi Kurniawan, dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).


Kepada Panwaslu Kukar, pihak Koalisi 32 Parpol menuntut agar semua pelanggaran yang dilakukan semua peserta Pemilu dapat dituntaskan tanpa ada intervensi dari parpol sesuai ketentuan hukum yang berlaku.


Sementara Bo Himang dari Partai Demokrasi Pembaruan dalam orasinya mengatakan, pihaknya menemukan adanya indikasi praktek money politic atau politik uang di lapangan serta upaya pemenangan terhadap parpol tertentu.


"Kita tidak ingin Caleg Terpilih nanti adalah mereka-mereka yang melakukan praktek money politic. Karena itu kita ingin ada kesepakatan agar Pemilu ini berlangsung dengan jujur dan adil serta menjunjung azas demokrasi," tegasnya.


Ketua Panwaslu Kukar Limina Ibrahim berjanji akan memproses laporan-laporan pelanggaran Pemilu sepanjang ada bukti kuat beserta saksi
Photo: Agri



Bo Himang dari Partai Demokrasi Pembaruan saat berorasi di KPU Kukar
Photo: Agri

Dalam aksinya di tiga tempat berbeda tersebut, Koalisi 32 Parpol Pemerhati Pemilu menyerahkan pernyataan sikap yang harus ditandatangani pihak terkait.


Di Panwaslu Kukar, pernyataan sikap tersebut ditandatangani langsung oleh Ketua Panwaslu Limina Ibrahim bersama 2 anggotanya yakni Hero Suprayetno dan Lukman.


Di Sekretariat KPU Kukar, para caleg/kader dari 32 Parpol ini diterima Anggota KPU Kukar, Misran. Misran menyambut baik komitmen dari Koalisi 32 Parpol untuk menyukseskan Pemilu 2009 dengan jujur dan adil.


"Karena kesuksesan Pemilu bukan saja menjadi beban KPU, namun juga menjadi kewajiban seluruh WNI untuk melaksanakan pesta demokrasi ini dengan sebaik-baiknya," ujar Misran.


Terkait lembar pernyataan sikap dari Koalisi 32 Parpol yang mesti ditandatangani KPU Kukar, Misran meminta kepada mereka untuk datang kembali pada besok Jum'at (03/04) besok, pukul 08.00 pagi.


"Sepekan menjelang Pemilu 2009 ini kami mulai disibukkan dengan berbagai kegiatan. Kalau besok pagi, Insya Allah Ketua dan Anggota KPU Kukar lainnya ada di sini sehingga bisa menandatangani pernyataan sikap itu," imbuhnya.


Sedangkan saat menggelar aksi di Kantor Bupati Kukar, para anggota Koalisi 32 Parpol gagal bertemu Pj Bupati H Sjachruddin. Pasalnya, Pj Bupati Kukar masih berada di Samarinda untuk menghadiri pertemuan dengan Gubernur Kaltim terkait pelaksanaan Pemilu Legislatif 2009.


Kendati demikian, Asisten III Setkab Kukar HM Imron saat menemui anggota Koalisi 32 Parpol berjanji akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada Pj Bupati Kukar H Sjachruddin.


Aksi Koalisi 32 Parpol Pemerhati Pemilu di 3 lokasi berbeda tersebut mendapat perhatian dan pengawalan yang cukup ketat dari pihak Polres Kukar.


Anggota Koalisi 32 Parpol ini terdiri dari hampir seluruh Parpol peserta Pemilu 2009. Di antaranya adalah Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Barisan Nasional (Barnas), Partai Demokrat, PDP, PKS, PPP, PKB, PKP, PNI Marhaenisme dan beberapa parpol lainnya, minus Partai Golkar, PDI-P, PAN dan Partai Patriot. (win)


Gagal bertemu Pj Bupati Kukar, anggota Koalisi 32 Parpol Pemerhati Pemilu diterima Asisten III HM Imron
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Anggana Membara, Belasan Rumah Ludes Terbakar
Pilgub Kaltim 2018: Menang di 11 Kecamatan, Isran-Hadi Raup Dukungan 35,37 Persen Suara
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Pimpinan BPJS Kesehatan Ikut Layani Langsung Warga Kukar
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Erau 2018: Putra Mahkota Kesultanan Kutai Laksanakan Adat Beluluh
Naga Mekes Lumat Sriwijaya FC Tiga Gol Tanpa Balas
 
Wow, Mahasiswa Asing Ini Bisa Menari Jepen Hingga Main Sampek
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com