Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Rapat Pleno KPUD Kukar Tetapkan Syaukani-Samsuri sebagai Cabup-Cawabup Terpilih

Suasana Rapat Pleno KPUD Kukar mengenai penyampaian rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Kukar 2005 tadi siangSuasana Rapat Pleno KPUD Kukar mengenai penyampaian rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Kukar 2005 tadi siang
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 15/06/2005 16:32 WITA
Pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup)nomor urut 3 yang diusung Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Drs H Syaukani HR MM dan Drs H Samsuri Aspar MM, secara resmi ditetapkan sebagai Bupati terpilih dan Wakil Bupati terpilih periode 2005-2010.

Penetapan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kukar Nomor 48/SK-KPUD/VI/2005 yang dibacakan Ketua KPUD Kukar HM Ishack Iskandar SE tadi siang dalam Rapat Pleno KPUD Kukar tentang Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kukar di Mulawarman Ballroom, Hotel Singgasana Tangga Arung, Tenggarong.

Rapat pleno yang dipimpin HM Ishack Iskandar ini diikuti 18 Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Penjabat Bupati Kukar Drs Hadi Sutanto, pejabat Muspikab Kukar, serta ketiga pasangan peserta Pilkada Kukar beserta anggota tim sukses masing-masing.


Saksi dari Tim Sukses GDC Rachmat Santoso (kanan) menandatangani berita acara rekapitulasi penghitungan suaran di hadapan Ketua KPUD Kukar HM Ishack Iskandar
Photo: Agri

Hanya pasangan nomor urut 1 yang dihadiri Cabup H Adji Sofyan Alex, sementara Cawabup HM Irkham berhalangan hadir dalam acara tersebut. Pasangan lainnya yang hadir adalah pasangan nomor urut 2 H Tajuddin Noor-H Abdul Djabar Bukran serta pasangan nomor urut 3 H Syaukani HR-H Samsuri Aspar.

Dalam rapat yang dijaga ketat oleh aparat keamanan tersebut, masing-masing Ketua PPK membacakan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Kukar di wilayahnya. Dari penyampaian hasil penghitungan suara di 18 kecamatan se-Kukar tersebut, pasangan Syaukani-Samsuri menang di 16 wilayah kecamatan. Hanya di wilayah Kecamatan Muara Wis dan Muara Jawa pasangan nomor urut 3 ini kalah dari pasangan nomor urut 1 Sofyan Alex-Irkham.

Namun secara keseluruhan, pasangan Sofyan Alex-Irkham hanya memperoleh 88.625 suara atau 33,85%. Sementara pasangan Tadjuddin Noor-Djabar Bukran hanya mampu mengumpulkan 13,862 suara atau 5,30%. Sedang pasangan Syaukani-Samsuriberhasil meraih 159.303 suara atau 60,85%.

Dengan perolehan suara diatas 50% ini, otomatis melegitimasikan pasangan Syaukani-Samsuri untuk menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kukar yang definitif selama 5 tahun mendatang.

Usai pembacaan rekap total hasil penghitungan suara se-Kukar oleh HM Ishack Iskandar, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara rekapitulasi hasil penghitungan suara oleh pimpinan dan anggota KPUD Kukar serta saksi dari masing-masing tim sukses.

Namun saksi dari Tim Sukses Pembaharuan menolak untuk menandatangani berita acara tersebut, sehingga hanya ditandatangani Sainara dari tim sukses pasangan Tajuddin Noor-Djabar Bukran dan Rachmat Santoso dari tim sukses Gerbang Dayaku Centre.

Sementara itu, Cabup yang diusung PAN-PKS HA Sofyan Alex usai acara kepada para wartawan mengatakan akan memanfaatkan masa sanggah untuk menuntut secara hukum kepada KPUD Kukar dan Panwas Pilkada Kukar karena kedua lembaga itu dinilai tidak adil dalam melaksanakan tugasnya.

"Mereka tidak menghiraukan keberatan kami atas kecurangan dalam pelaksanaan Pilkada. Indikasinya, belum pernah kedua lembaga itu melayangkan surat jawaban keberatan kami selama ini," tandasnya. (win/joe)


Para kandidat kepala daerah-wakil kepala daerah yang menghadiri Rapat Pleno KPUD Kukar. Dari kiri ke kanan: HA Sofyan Alex, pasangan H Tajuddin Noor-H Abd Djebar Bukran, dan pasangan H Syaukani HR-H Samsuri Aspar
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com