Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Semarak Pembukaan Erau 2008

Barisan pasukan Keraton Kutai mengawali dimulainya Kirab Pelangi Nusantara pada pembukaan Erau 2008 di TenggarongBarisan pasukan Keraton Kutai mengawali dimulainya Kirab Pelangi Nusantara pada pembukaan Erau 2008 di Tenggarong
Photo: Agri


Pj Gubernur Kaltim Tarmizi Abdul Karim saat menyalakan brong tanda dibukanya Erau 2008
Pj Gubernur Kaltim Tarmizi Abdul Karim saat menyalakan brong tanda dibukanya Erau 2008
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 14/12/2008 23:43 WITA
Acara pembukaan Erau 2008 yang dipusatkan di Keraton Kutai Kartanegara, Tenggarong, tadi siang berlangsung meriah. Pembukaan Erau tersebut dilakukan Pj Gubernur Kaltim Tarmizi Abdul Karim usai prosesi Mendirikan Ayu.


Sebagai tanda dibukanya Erau Adat Kutai Kartanegara itu, dilakukan penyalaan tujuh buah brong atau obor raksasa oleh Pj Gubernur Kaltim Tarmizi Abdul Karim, bersama Staf Ahli Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Bidang Ekonomi & Iptek Titin Sukarya, Gubernur Kaltim Terpilih H Awang Faroek Ishak, dan Sekkab Kukar HM Aswin.


Kemudian Putra Mahkota Kesultanan Kutai HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat, Pangdam VI/Tanjungpura yang diwakili Danrem 061/ASN, dan Kapolda Kaltim yang Kapoltabes Samarinda.



Sajian tari massal Rakyat Bersembah yang turut menyemarakkan pembukaan Erau 2008
Photo: Yanda

Pembukaan Erau 2008 makin bertambah semarak dengan hadirnya tari massal bertajuk Rakyat Bersembah yang dibawakan 300 penari dari kelompok seni atau sanggar tari se-Tenggarong.


Selain itu, ada pula barisan pasukan Kesultanan Kutai yang mengawali Kirab Pelangi Nusantara. Di barisan pertama, ada iring-iringan pemuda-pemudi Kutai yang membawa kembang serai aneka, aneka macam kue dan ayam jago.


Menyusul kemudian adalah barisan sejumlah kelompok atau paguyuban etnis yang ada di Kukar, seperti Bugis, Dayak, Bali, Jawa, Sasak, dan Manado. Kirab ditutup dengan penampilan kelompok Marching Band dari Sempekat Keroan Kutai dan SD Muhammadiyah Samarinda.


Sebagai sajian pamungkas, pembukaan Erau disemarakkan pula dengan penampilan Marching Band Gerbang Dayaku yang tampil membawakan 3 buah tembang, yakni Demi Waktu (Ungu), Xylophobia dan Jujur (Radja).


Sultan Kutai H Adji Mohd Salehoeddin II (tengah) ikut mengabadikan suguhan Kirab pelangi Nusantara dengan kamera digitalnya
Photo: Agri


Paguyuban masyarakat Bali ikut ambil bagian dalam Kirab Pelangi Nusantara
Photo: Agri

Dikatakan Sekkab HM Aswin, Erau pada prinsipnya merupakan bentuk manifestasi rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala anugerah yang telah diberikan kepada Sultan dan seluruh rakyat yang terwujud dalam bentuk pesta budaya rakyat.


Erau sebagai pesta budaya rakyat, lanjutnya, selalu mempertunjukkan betapa beragam dan kayanya kebudayaan daerah seperti tari, lagu, alat musik, barang kerajinan, olah raga tradisional, makanan tradisional dan masih banyak lagi yang lainnya.


Sementara dikatakan Staf Ahli Menbudpar RI Bidang Ekonomi & Iptek, Titin Sukarya, Festival Erau bukan hanya event yang bisa mempromosikan pariwisata Kaltim atau Kukar pada khususnya, tetapi merupakan suatu alat untuk pengembangan dan pelestarian budaya lokal di daerah ini yang sudah dikenal sebagai kerajaan tertua di Indonesia.


"Departemen Kebudayaan & Pariwisata RI mengucapkan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada Pemprov Kaltim, Pemkab Kukar maupun Kesultanan Kutai yang telah melaksanakan Festival Erau 2008," ujarnya.


Sedangkan Pj Gubernur Kaltim Tarmizi Abdul Karim dalam sambutannya berharap agar Festival Erau 2008 memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam meningkatkan pendapatan mereka. "Saya juga berharap agar kegiatan ini berjalan sukses, aman dan kondusif," kata Tarmizi.


Ditambahkannya, dewasa ini sering terdengar generasi muda sudah banyak meninggalkan kebudayaan asli yang diwariskan generasi pendahulunya.


"Tapi hal itu tidak perlu disalahkan. Seharusnya kondisi itu menjadi bahan koreksi dan introspeksi. Karena sangat mungkin kondisi yang demikian terjadi karena kegagalan dalam mengemas kebudayaan yang diwariskan tersebut," demikian katanya. (win/joe/nop)


Adu pukul rotan Presean yang diperagakan anggota Kerukunan Keluarga Sasak Lombok (KKSL) Kukar
Photo: Yanda



Berita Terkait:
Erau Dimulai Dengan Mendirikan Ayu: Sultan Beri Gelar Kepada Pj Gubernur dan Gubernur Terpilih (14/12/2008)


 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com