Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pemilihan Ketua DPRD Kukar Sisa Waktu 2004-2009
Salehudin Gantikan Rachmat Santoso

Dua calon Ketua DPRD Kukar, Salehudin (kiri) dan Abubakar (kanan), ikut melakukan pemungutan suaraDua calon Ketua DPRD Kukar, Salehudin (kiri) dan Abubakar (kanan), ikut melakukan pemungutan suara
Photo: Agri


Ketua Panitia Teknis Pemilihan, Marten Apuy, menyerahkan berita acara hasil pemilihan Ketua DPRD Kukar kepada HM Yusuf AS
Ketua Panitia Teknis Pemilihan, Marten Apuy, menyerahkan berita acara hasil pemilihan Ketua DPRD Kukar kepada HM Yusuf AS
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 06/11/2008 16:45 WITA
Lewat Rapat Paripurna ke-13 DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) yang digelar tadi siang, H Salehudin akhirnya terpilih sebagai Ketua DPRD yang baru menggantikan Rachmat Santoso.


Salehudin menang mutlak dalam pemungutan suara yang diikuti 28 orang Anggota DPRD Kukar tersebut. Salehudin berhasil mengumpulkan 25 suara, mengungguli kandidat lainnya H Abubakar HAS yang hanya meraup 2 suara. Dari total 28 suara yang masuk, hanya 1 suara dinyatakan batal.


Rapat Paripurna dengan agenda utama pemilihan Ketua DPRD Kukar sisa waktu masa bakti 2004-2009 ini merupakan hasil penundaan dari rapat sebelumnya, Senin (03/11) lalu, yang gagal dilaksanakan lantaran tidak mencapai kuorum.


Jika pada hari Senin lalu Rapat Paripurna hanya diikuti 17 orang, jumlah Anggota Dewan yang hadir tadi siang telah melebihi komposisi 2/3 Anggota DPRD Kukar.



Panitia Teknis Pemilihan saat melakukan penghitungan suara
Photo: Agri

Pada saat Rapat Paripurna dibuka pada pukul 10.30 WITA oleh Plt Sementara Ketua DPRD Kukar HM Yusuf AS, Anggota Dewan yang hadir mencapai 28 orang dari total 40 Anggota DPRD Kukar.


Acara pun dilanjutkan dengan penyampaian usulan Calon Ketua DPRD Kukar yang dibacakan Yayuk Sehati dari Fraksi Partai Golkar. "Kami mengusulkan dua calon Ketua DPRD Kukar yakni H Salehudin dan H Abubakar HAS," ujar Yayuk.


Selanjutnya, dilakukan penandatanganan berita acara penetapan Calon Ketua DPRD Kukar berikut Tata Tertib Pemilihan Ketua DPRD Kukar oleh Pimpinan Sementara DPRD Kukar HM Yusuf AS dan Hj Joice Lidya bersama Ketua Panitia Teknis Pemilihan Marten Apuy.


Sidang kemudian diskors selama 5 menit untuk memberikan kesempatan kepada Panitia Teknis Pemilihan Ketua DPRD Kukar mempersiapkan prosesi pemungutan suara.


Panitia Teknis Pemilihan yang terdiri dari 5 orang ini diketuai Marten Apuy dari Fraksi PDI-P. Empat anggota lainnya adalah Suryadi, Rusliandi, Mus Mulyadi dan Sutopo Gasif.



Salehudin mendominasi hasil penghitungan suara
Photo: Agri

Rusliandi sendiri baru bergabung Panitia Teknis Pemilihan menggantikan H Abubakar HAS. Pasalnya, Abubakar mengundurkan diri dari panitia karena telah dicalonkan sebagai Ketua DPRD.


Setelah semua perlengkapan pemungutan suara siap, Sutopo Gasif membacakan aturan-aturan terkait pemilihan Ketua DPRD Kukar itu. Kemudian, satu persatu Anggota DPRD yang hadir dipanggil untuk mengambil surat suara dan mulai melakukan pemungutan suara, termasuk 2 Calon Ketua DPRD yakni Salehudin dan Abubakar HAS.


Pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara ini berlangsung tertib dan lancar. Setelah dilakukan penghitungan, ternyata Salehudin menang mutlak dengan raihan 25 suara.


Usai penghitungan suara, Ketua Panitia Teknis Pemilihan Marten Apuy kemudian membacakan berita acara penghitungan suara dalam rangka pemilihan Ketua DPRD Kukar Pengisian Unsur Pimpinan Sisa Waktu Masa Bakti 2004-2009. Berita acara tersebut kemudian diserahkan kepada pimpinan Rapat Paripurna HM Yusuf AS.


HM Yusuf AS mengatakan, hasil pemilihan Ketua DPRD Kukar ini akan segera disampaikan kepada Pj Gubernur Kaltim untuk dapat segera ditetapkan.


Acara pemilihan Ketua DPRD Kukar sisa masa bakti 2004-2009 ini dihadiri jajaran DPD Partai Golkar Kukar, mulai dari sang Ketua Umum Rita Widyasari, Sekretaris H Awang Yacoub Luthman dan sejumlah anggota lainnya.


Seperti diberitakan sebelumnya, agenda pemilihan Ketua DPRD Kukar untuk mengganti Rachmat Santoso ini merupakan tindak lanjut dari usulan Fraksi Partai Golkar.


Usulan penggantian ini dilakukan lantaran Rachmat Santoso memiliki keanggotaan ganda di partai politik (parpol) yakni di Partai Golkar dan Partai Patriot Pancasila. (win)


Suasana Rapat Paripurna ke-13 DPRD Kukar yang dipimpin HM Yusuf AS (kiri) dengan agenda pemilihan Ketua DPRD Kukar
Photo: Agri



Berita Terkait:
Salehudin Setelah Terpilih Jadi Ketua DPRD: Prioritaskan APBD Tepat Waktu dan Harmonisasi Seluruh Elemen (06/11/2008)

Tidak Capai Kuorum: Rapat Paripurna Pemilihan Ketua DPRD Kukar Ditunda (03/11/2008)

Lewat Rapat Paripurna Tertutup, Rachmat Santoso Dilengser (28/10/2008)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com