Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
   
 
 

Untung Ndik Tetijak
Suatu hari si Hongo dan Henge disuruh mbok Rodah ncari buluh. Maklum hak, mbok Rodah ni ndak molah suman untuk bejualan di pasar batu. Jadi pegi hak sida bedua ni bejalan betis ke Rondong Demang, soalnya disitu maha banyak tumbuh ...
Kawasan Pendingin Akan Dikembangkan sebagai Kawasan Industri Terpadu

Kawasan Pendingin Akan Dikembangkan sebagai Kawasan Industri Terpadu

Suasana seminar sehari Percepatan Pengembangan Kawasan Industri Pendingin di Hotel Singgasana Tangga Arung, Tenggarong
Suasana seminar sehari Percepatan Pengembangan Kawasan Industri Pendingin di Hotel Singgasana Tangga Arung, Tenggarong
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 07/06/2005 14:41 WITA
Kawasan desa Pendingin yang merupakan bagian dari Kecamatan Sanga-Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), ke depan akan dikembangkan menjadi kawasan industri. Untuk merealisasikan kawasan Pendingin menjadi daerah industri, Pemkab Kukar melakukan seminar sehari yang berlangsung di Hotel Singgasana Tangga Arung, Tenggarong, Senin (06/06) kemarin yang dibuka Assisten II Pemkab Kukar Dr H Adji Muh Haryanto Bachroel MM atas nama Pj Bupati Kukar.

Seminar yang bertema Percepatan Pengembangan Kawasan Industri Pendingin Sang-Sanga ini menghadirkan 8 Pembicara yang dibagi dalam 2 sesi. Pada sesi pertama menampilkan Direktur Penataan Ruang Wilayah Tengah Departemen PU, Dr Ir Purnomosidhi, Direktur Operasi PT Pelindo IV Makssar Ir Alfred Natsir, Rektor Unikarta Tenggarong Drs H Syaukani HR MM dan Direktur Operasi PT Ranji Karya Sakti (RKS) Jakarta, Ir Didi Asmir.

Sementara pada sesi kedua tampil sebagai pembicara adalah Wakil Ketua sekaligus Ketua Harian Kapet Sasamba Kaltim Ir Erik Nurhamramdani, Rudi H Kurniawan dari Kantor Pelayanan Bea Cukai Samarinda, kemudian dari PT Telkom Wilayah Regional VI dan PT Telkomsel Regional Kalimantan.

Menurut Ketua Penyelenggara Seminar Drs Hendriansyah Amin MM, pengembangan kawasan industri Pendingin dilakukan untuk mempercepat kawasan tersebut dalam mengantisipasi dukungan perkembangan kawasan potensial di delta Mahakam.

Dikatakannya, delta Mahakam yang merupakan wilayah Kukar memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang melimpah seperti minyak dan gas bumi, hasil perikanan dan SDA lainnya. Pengembangan kawasan ini perlu dilakukan karena selain mudah dijangkau baik lewat laut dan darat dari kota penting di Kaltim juga hal ini merupakan bagian dari program Pemkab Kukar Gerbang Dayaku.

"Patut pula diperhitungkan bahwa di kawasan Delta Mahakam saat ini banyak investor menanamkan modalnya. Oleh sebab itu, posisi Pendingin menjadi strategis untuk dikembangkan menjadi kawasan industri demi mendukung kegiatan para investor," kata Hendriansyah.

Diakuinya bahwa saat ini di desa Pendingin sudah beroperasi pelabuhan dan pergudangan milik PT RKS Jakarta. Hanya saja infrasturuknya masih belum memadai seperti akses jalan, telekomunikasi dan tenaga listrik. "Infrastruktur inilah menjadi bagian Pemkab Kukar untuk membenahinya. Dalam kesempatan ini Pemkab Kukar mengundang investor dalam dan luar negeri untuk bersama-sama mengembangkan kawasan ini menjadi Kawasan Industri Terpadu," demikian katanya.

Seminar sehari ini diikuti para pengusaha dan perusahaan di Kaltim serta instansi terkait lainnya. Dari hasil seminar sehari kemarin disimpulkan bahwa Kawasan Pendingin memang perlu dikembangkan demi mendukung sekaligus melayani kepentingan investor yang beroperasi di kawasan delta Mahakam.

Kemudian kawasan industri Pendingan mampu mempercepat pengembangan kawasan di sekitarnya khususnya yang ada di wilayah pantai. Dan terakhir Pemkab kukar segera membentuk Badan Pengelola agar dapat segera terealisasi Kawasan Industri Pendingin yang sangat dibutuhkan oleh investor di delta Mahakam. (joe)

 
Username  
Password  
Belum Punya E-mail @kutaikartanegara.com?
Daftar Sekarang Juga!

Politik & Peristiwa

 

Pemerintahan

 

Ekonomi & Bisnis

 

Hukum & Kriminal

Mutasi Kapolres Kukar, AKBP Mukti Juharsa Digantikan AKBP Handoko
Pasar Tangga Arung dan Kantor Pasar Terbakar
 
Kutai Kartanegara Terima Piagam Penghargaan IDSA 2015
Bupati Kukar Terima Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden Jokowi
 
Total E&P Indonesie Bangun BLK di Senipah
Pantau Harga Sembako, Bupati Rita Widyasari Blusukan ke Pasar Tangga Arung
 
Gelar Dagangan di Trotoar: Lapak Batu Akik Ini Digusur Satpol PP
10 Muda-Mudi Terjaring: Satpol PP Razia Kos-Kosan di Malam Minggu
             

Hiburan

 

Olahraga

 

Seni Budaya

 

Pendidikan

Suguhkan 16 Lagu: FireHouse Puaskan Penonton Kukar Rockin' Fest
Lebih Dari 70.000 Penonton Saksikan Kukar Rockin' Fest 2015
 
Dragster Asal Pulau Jawa Dominasi Drag Bike Tambak Lempang 2015
207 Pebalap Adu Kecepatan di Drag Bike Tambak Lempang
 
Venezuela Batal Hadir, EIFAF 2015 Dimeriahkan 14 Negara
Songsong EIFAF 2015, Disbudpar Kukar Seleksi Petugas LO
 
82 Orang Tak Lulus: Tingkat Kelulusan Siswa SLTA Tahun 2015 Capai 98,95%
Inilah 10 Besar Peraih Nilai Tertinggi UN SLTA 2015 se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com