Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kawasan Pendingin Akan Dikembangkan sebagai Kawasan Industri Terpadu

KutaiKartanegara.com - 07/06/2005 14:41 WITA
Kawasan desa Pendingin yang merupakan bagian dari Kecamatan Sanga-Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), ke depan akan dikembangkan menjadi kawasan industri. Untuk merealisasikan kawasan Pendingin menjadi daerah industri, Pemkab Kukar melakukan seminar sehari yang berlangsung di Hotel Singgasana Tangga Arung, Tenggarong, Senin (06/06) kemarin yang dibuka Assisten II Pemkab Kukar Dr H Adji Muh Haryanto Bachroel MM atas nama Pj Bupati Kukar.

Seminar yang bertema Percepatan Pengembangan Kawasan Industri Pendingin Sang-Sanga ini menghadirkan 8 Pembicara yang dibagi dalam 2 sesi. Pada sesi pertama menampilkan Direktur Penataan Ruang Wilayah Tengah Departemen PU, Dr Ir Purnomosidhi, Direktur Operasi PT Pelindo IV Makssar Ir Alfred Natsir, Rektor Unikarta Tenggarong Drs H Syaukani HR MM dan Direktur Operasi PT Ranji Karya Sakti (RKS) Jakarta, Ir Didi Asmir.

Sementara pada sesi kedua tampil sebagai pembicara adalah Wakil Ketua sekaligus Ketua Harian Kapet Sasamba Kaltim Ir Erik Nurhamramdani, Rudi H Kurniawan dari Kantor Pelayanan Bea Cukai Samarinda, kemudian dari PT Telkom Wilayah Regional VI dan PT Telkomsel Regional Kalimantan.

Menurut Ketua Penyelenggara Seminar Drs Hendriansyah Amin MM, pengembangan kawasan industri Pendingin dilakukan untuk mempercepat kawasan tersebut dalam mengantisipasi dukungan perkembangan kawasan potensial di delta Mahakam.

Dikatakannya, delta Mahakam yang merupakan wilayah Kukar memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang melimpah seperti minyak dan gas bumi, hasil perikanan dan SDA lainnya. Pengembangan kawasan ini perlu dilakukan karena selain mudah dijangkau baik lewat laut dan darat dari kota penting di Kaltim juga hal ini merupakan bagian dari program Pemkab Kukar Gerbang Dayaku.

"Patut pula diperhitungkan bahwa di kawasan Delta Mahakam saat ini banyak investor menanamkan modalnya. Oleh sebab itu, posisi Pendingin menjadi strategis untuk dikembangkan menjadi kawasan industri demi mendukung kegiatan para investor," kata Hendriansyah.

Diakuinya bahwa saat ini di desa Pendingin sudah beroperasi pelabuhan dan pergudangan milik PT RKS Jakarta. Hanya saja infrasturuknya masih belum memadai seperti akses jalan, telekomunikasi dan tenaga listrik. "Infrastruktur inilah menjadi bagian Pemkab Kukar untuk membenahinya. Dalam kesempatan ini Pemkab Kukar mengundang investor dalam dan luar negeri untuk bersama-sama mengembangkan kawasan ini menjadi Kawasan Industri Terpadu," demikian katanya.

Seminar sehari ini diikuti para pengusaha dan perusahaan di Kaltim serta instansi terkait lainnya. Dari hasil seminar sehari kemarin disimpulkan bahwa Kawasan Pendingin memang perlu dikembangkan demi mendukung sekaligus melayani kepentingan investor yang beroperasi di kawasan delta Mahakam.

Kemudian kawasan industri Pendingan mampu mempercepat pengembangan kawasan di sekitarnya khususnya yang ada di wilayah pantai. Dan terakhir Pemkab kukar segera membentuk Badan Pengelola agar dapat segera terealisasi Kawasan Industri Pendingin yang sangat dibutuhkan oleh investor di delta Mahakam. (joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Belum Punya E-mail @kutaikartanegara.com?
Daftar Sekarang Juga!
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
51 'Anak Jagoan' Ikuti Khitanan Massal
Tinjau Pemanfaatan Dana Desa Dari APBN 2016: Presiden Jokowi Sambangi Kecamatan Samboja
 
Komitmen Terapkan Standar LPSE, Kukar Raih National Procurement Award 2016
Rita Lantik 70 Kades Hasil Pilkades Serentak
 
Kominfo Siapkan Domain dan Hosting Gratis Bagi UKM, Komunitas dan Sekolah. Mau?
UMK Kukar 2017 Disepakati Sebesar Rp 2.495.162,50
 
Dapat Hibah Bangunan Untuk Lapas Anak, Menkumham RI Apresiasi Pemkab Kukar
Cekcok Soal Utang Piutang, Wanita Ini Ditikam Tetangga Sendiri
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Ge Pamungkas: Populasi Kota Tenggarong Banyak Perempuan?
Sabtu Depan, Ge Pamungkas Tampil Meriahkan HUT ke-10 SMK Farmasi Tenggarong
 
Kalah 1-2 Dari Persipura, Jafri Sebut Mitra Kukar Belum Beruntung
Persipura Incar Kemenangan di Tenggarong, Mitra Kukar Tak Gentar
 
Tenggarong Kutai Carnival 2016 Hadirkan The Colours of Borneo
Suguhkan Koleksi Kostum Terbaik: Tenggarong Kutai Carnival 2016 Siap Digelar Sabtu Siang
 
Beri Perhatian Terhadap Guru dan Pendidikan, Bupati Rita Widyasari Sabet Penghargaan Dwija Praja Nugraha
45 Guru TK/KB Wilayah Pesisir Ikuti Pelatihan PAUD di Sanga-Sanga
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com