Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Bincang-Bincang Patriotisme Pemuda di Kawasan Behonjor

Plt Sekkab HM Aswin (tengah) menilai kegiatan-kegiatan pemuda yang merugikan dirinya sendiri sebagai sikap anti patriotismePlt Sekkab HM Aswin (tengah) menilai kegiatan-kegiatan pemuda yang merugikan dirinya sendiri sebagai sikap anti patriotisme
Photo: Agri


Ketua DPRD Kukar Rachmat Santoso (kiri) berharap agar pemuda terus meningkatkan intelektualitasnya
Ketua DPRD Kukar Rachmat Santoso (kiri) berharap agar pemuda terus meningkatkan intelektualitasnya
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 07/08/2008 18:18 WITA
Patriotisme pemuda Indonesia telah memiliki peranan penting dalam mengubah perjalanan sejarah bangsa. Mulai dari Sumpah Pemuda tahun 1928 hingga era reformasi 1998. Semuanya tak lepas dari peran pemuda pada saat itu.


Semangat patriotisme generasi muda ini masih diperlukan kendati kemerdekaan Republik Indonesia telah memasuki usia yang ke 63 tahun. Bagaimana generasi muda saat ini membuktikan patriotismenya kepada bangsa dan negara?


Topik inilah yang dibahas dalam Kongkow-Kongkow bertajuk Patriotisme Generasi Muda yang digelar pada peresmian Kawasan Behonjor, di Cafe Gubang, Desa Perjiwa, Tenggarong Seberang, Rabu (06/08) malam.


Diskusi santai yang dimoderatori Hamsyi Hamzah ini menghadirkan dua tokoh penting di Kutai Kartanegara (Kukar), yakni Plt Sekkab HM Aswin dan Ketua DPRD Rachmat Santoso.



Kabag Perekonomian Dardiansyah ikut menanggapi diskusi tentang patriotisme pemuda
Photo: Agri

Menurut HM Aswin, banyak cara yang bisa dilakukan generasi muda untuk menunjukkan patriotismenya. Yakni dengan mengisi kegiatan sehari-harinya dengan hal-hal yang positif dan berguna bagi dirinya sendiri, masyarakat dan bangsa. "Seperti lewat kegiatan olahraga, seni, diskusi, pendidikan dan lain sebaginya," ujarnya.


Ditambahkanya, generasi muda yang anti patriotisme adalah mereka-mereka yang melakukan hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai kebangsaan, norma sosial dan agama serta yang dapat merugikan dirinya sendiri. "Seperti mereka-mereka yang akrab dengan narkotika dan obat-obatan terlarang, gemar minum minuman keras, pergaulan bebas dan sejenisnya adalah anti patriotisme," tandasnya.


Kepada para pemuda di daerah ini, Aswin berpesan agar mereka menerapkan prinsip Student Today, Leader Tomorrow. "Maksudnya pemuda harus terus belajar meningkatkan kualitas dirinya, sehingga kelak dapat menjadi pemimpin yang baik," kata Aswin.


Sementara Patriotisme Generasi Muda dalam perspektif Ketua DPRD Rachmat Santoso adalah mereka yang memiliki kemampuan dan tegar dalam menghadapi permasalahan serta mandiri. "Agar bisa tegar dan mandiri generasi muda harus memiliki kemampuan, terutama kecerdasan dan wawasan yang luas," katanya.


Menurut Rachmat, pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk jiwa patriotisme generasi muda. Dia berharap generasi muda terus meningkatkan kecerdasan dan intelektualitasnya. "Agar bangsa ini tetap eksis di tengah-tengah kemajuan globalisasi dunia," demikian ujarnya.


Peresmian Kawasan Behonjor yang diisi dengan diskusi santai ini dihadiri pejabat Muspida Kukar, sejumlah kepala dinas/instansi, akademisi, tokoh pemuda, serta para aktivis dari berbagai organisasi kepemudaan di Kukar.


Menurut Direktur Kawasan Behonjor, Thauhid Afrilian Nor, pembukaan Kawasan Behonjor ini sengaja diisi dengan kegiatan yang bersifat intelektual dan meningkatkan wawasan.


"Namun tetap santai. Karena Kawasan Behonjor ini merupakan kawasan untuk bersantai. Selain terdiri dari resto kafe bernama Cafe Gubang, di kawasan ini terdapat sebuah galeri seni dan gerai barang cenderamata khas Kutai," ujarnya. (win)


Acara Kongkow-Kongkow Patriotisme Generasi Muda di Cafe Gubang dihadiri para mahasiswa maupun aktivis dari berbagai organisasi kepemudaan di Kukar
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-4 Borneo FC: Tiga Kartu Merah Warnai Derby Mahakam, Naga Mekes Tersungkur di Kandang
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com