Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Sikapi Masalah Lahan PT BDAM Dengan Masyarakat
DPRD Kukar Bakal Bentuk Pansus

Suasana rapat dengar pendapat di DPRD Kukar untuk membahas persoalan lahan PT Budi Duta Argo Makmur
Suasana rapat dengar pendapat di DPRD Kukar untuk membahas persoalan lahan PT Budi Duta Argo Makmur
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 24/07/2008 18:12 WITA
Puluhan warga Kecamatan Loa Kulu yang tergabung dalam Forum Pemerhati Masyarakat Loa Kulu (FPMLK) tadi siang mendatangi gedung DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) di Tenggarong.


Mereka hadir untuk mengikuti hearing atau rapat dengar pendapat yang difasilitasi Komisi II DPRD Kukar guna menyelesaikan persoalan sengketa lahan antara masyarakat Loa Kulu dengan PT Budi Duta Agro Makmur (BDAM), yang dulu bernama PT Hasfarm Product.


Beberapa pihak dari dinas/instansi terkait tampak hadir dalam rapat tersebut, seperti Kepala BPN Kukar Iing Sarkim, Kadis Perkebunan HM Fadli Ardin, Kadis Pertambangan Samuel Robert Djukuw dan Kadis Pertanahan M Indra.


Namun, pihak manajemen PT PT Budi Duta Argo Makmur yang telah diundang ternyata tidak hadir pada rapat dengar pendapat yang dipimpin Anggota Komisi II DPRD Kukar Marwan ini.


Rapat pun tetap berlanjut dengan mendengarkan aspirasi dari pihak FPMLK serta penjelasan dari dinas/instansi terkait. Kendati demikian, Marwan menawarkan untuk kembali melakukan rapat dengan mengundang pihak PT Budi Duta Argo Makmur.



Ketua FPMLK Rudiansyah meminta agar Pemkab dan DPRD Kukar meninjau ulang HGU PT Budi Duta Argo Makmur yang mereka nilai menyalahi aturan
Photo: Agri

"Kalau sampai 3 kali mereka tidak hadir, sesuai Tata Tertib DPRD, maka kami berhak meminta bantuan polisi untuk menghadirkan mereka dalam rapat ini," tegas Marwan.


Dalam rapat tersebut, Ketua FPMLK Rudiansyah kembali mempertegas tuntutan mereka kepada Pemkab Kukar, DPRD dan BPN mencabut HGU PT Budi Duta Argo Makmur.


Pasalnya, perusahaan tersebut dinilai tidak memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat sekitar. "Secara riil mereka telah menyengsarakan masyarakat dengan melantarkan sebagian besar HGU-nya," ujar Rudiansyah.


Menurut Rudi, perusahaan tersebut juga telah melakukan pengingkaran dan pelecehan terhadap kesepakatan yang pernah difasilitasi oleh Pemda dan DPRD Kukar dengan masyarakat setempat.


"Kami juga meminta kepada pihak PT Budi Duta Argo Makmur untuk tidak mengintimidasi masyarakat dan mencabut laporan polisi terhadap kasus penyerobotan lahan," katanya lagi.


FPMLK juga meminta kepada Pemkab dan DPRD Kukar, khususnya instansi terkait, untuk meninjau ulang kasus penyerobotan lahan yang dilakukan perusahaan tersebut terhadap masyarakat Loa Kulu dan sekitarnya.


Mereka menuntut agar lahan yang tidak digarap perusahaan tersebut dapat diberikan ke masyarakat agar bisa dipergunakan dan bermanfaat bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat.


Bahkan salah seorang anggota masyarakat Desa Sungai Payang, Kecamatan Loa Kulu, dengan tegas menyatakan pihaknya akan melakukan cara mereka sendiri untuk menyelesaikan masalah tersebut jika pihak Pemkab dan DPRD Kukar tidak mencabut izin HGU perusahaan tersebut.


Marwan yang memimpin rapat didampingi Abdul Sani akhirnya memutuskan bahwa DPRD Kukar akan membentuk Panitia Khusus guna menyelesaikan sengketa lahan tersebut.


"Permasalahan ini sangat serius. Bagaimana kita menyelesaikan masalah kalau pihak PT Budi Duta Argo Makmur tidak hadir. Kepada pihak BPN, kami minta tidak memperpanjang izin HGU perusahaan tersebut hingga permasalahannya selesai," kata Marwan. (win)


Puluhan masyarakat Loa Kulu saat mengikuti hearing bersama Komisi II DPRD Kukar
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Bikin Macet Hingga 4 KM, Mobil Milik Warga Tenggarong Terbakar di Kawasan Tahura
Jatuh Dari Kapal, ABK Ditemukan Tewas di Perairan Delta Mahakam
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Sempat Unggul di Babak Pertama, Mitra Kukar Tumbang di Kandang Persela
Persela Lamongan vs Mitra Kukar: Naga Mekes Buru Poin di Lamongan
 
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
Undang Delegasi 7 Negara, Erau 2018 Digelar Pada 21-29 Juli
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com