Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Presiden SBY Resmikan 10 Proyek Infrastruktur ESDM & PU se-Kaltim

Presiden RI mendengarkan pemaparan dari President & GM Total E&P Indonesie Philipe Armand saat meninjau arena pameran usai peresmian proyek infrastrukturPresiden RI mendengarkan pemaparan dari President & GM Total E&P Indonesie Philipe Armand saat meninjau arena pameran usai peresmian proyek infrastruktur
Photo: Humas Kukar/Evin


Presiden SBY menandatangani lapangan Sisi & Nubi yang dikerjakan Total E&P Indonesie di wilayah Delta Mahakam
Presiden SBY menandatangani lapangan Sisi & Nubi yang dikerjakan Total E&P Indonesie di wilayah Delta Mahakam
Photo: Humas Kukar/Evin

KutaiKartanegara.com - 05/07/2008 16:37 WITA
Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Kalimantan Timur, Jum'at (04/07) kemarin, Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan 10 proyek infrastruktur Departemen Energi & Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Departemen Pekerjaan Umum (DPU) yang ada di daerah ini.


Salah satu proyek yang diresmikan SBY adalah lapangan gas Sisi dan Nubi garapan perusahaan migas Total E&P Indonesie di wilayah Delta Mahakam yang mulai beroperasi sejak November 2007.


Peresmian proyek Departemen ESDM dan Departemen PU se-Kaltim ini dilakukan Presiden SBY yang ditandai dengan penekanan tombol sirine, bertempat di lapangan BSP Terminal Total E&P Indonesie, Senipah, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).


Presiden juga melakukan penandatanganan prasasti didampingi Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, Menteri PU Djoko Kirmanto, Menteri Negara Perumahan Rakyat Mohammad Yusuf Asy’ari dan Pj Gubernur Kaltim Tarmizi Abdul Karim.


Menurut Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, lapangan Sisi-Nubi memiliki cadangan migas hingga 250 Bilion Barrel Equivalen (boe), dan dibangun dengan investasi 1,1 miliar dolar AS. "Biaya investasi tersebut untuk membangun fasilitas seperti dua anjungan lepas pantai, pipa antar anjungan dan unit pengolahan gas baru," ujarnya.



Presiden mengajak masyarakat untuk berhemat dan mulai melakukan diversifikasi sumber energi
Photo: Humas Kukar/Evin

Proyek Sisi Nubi Tahap I, lanjut Menteri ESDM, dilakukan pada kedalaman laut antara 60 hingga 85 m. Proyek ini mencakup pembangunan fasilitas produksi berupa 3 wellhead platform dan 1 gathering platform, serta 3 jaringan pipa bawah laut masing-masing berdiameter 16 inchi sepanjang 7 km, 22 inchi sepanjang 15 km dan 26 inchi sepanjang 35 km.


Dengan menggenjot produksi gas dari Blok Sisi Nubi, Total E&P Indonesie akan mempertahankan tingkat produksinya di level 2,6 miliar kaki kubik per hari (MMSCFD) hingga tahun 2011. Bahkan diharapkan dapat menekan penurunan produksi dari lapangan lainnya, sebesar 10-12 %.


Sementara Presiden SBY dalam sambutannya mengatakan, bangsa Indonesia mesti bangkit untuk mencari solusi guna membebaskan negara ini dari kesulitan. "Negara yang selamat adalah negara yang memiliki ketahanan energi pangan. Untuk itu negara berupaya untuk meningkatkan produksi migas tanpa merusak lingkungan," ujarnya.


Kendati negara berupaya meningkatkan produksi migas, Presiden mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk melakukan penghematan. Karena menurut penilaian Presiden, masyarakat Indonesia masih boros dalam memanfaatkan energi di tengah ancaman krisis energi dunia saat ini.


"Bangsa Indonesia adalah bangsa yang masih tergolong boros energi, mari kita lakukan penghematan dan diversifikasi sumber energi. Jangan hanya minyak dan gas," tandasnya.


Selain lapangan Sisi-Nubi, proyek lain yang diresmikan Presiden SBY adalah proyek Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 Kv Embalut-Tenggarong, Gardu Induk PLN 150 KV Tenggarong, Gardu Induk PLN 150 KV Embalut, proyek air minum di Sepaku, Melak, Loa Janan dan Malinau Selatan, pembangunan Bendungan Manggar di Balikpapan dan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Kabupaten Nunukan. (win)


Peresmian 10 proyek infrastruktur Departemen ESDM & PU ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Presiden RI
Photo: Humas Kukar/Evin

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com