Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

DPRD Setuju Kabupaten Kutai Tengah

Ketua Timses Pembentukan Kuteng, Asnan Hifni, menyampaikan dokumen usulan pembentukan Kuteng kepada Ketua DPRD Kukar H. Rahmat Santoso
Ketua Timses Pembentukan Kuteng, Asnan Hifni, menyampaikan dokumen usulan pembentukan Kuteng kepada Ketua DPRD Kukar H. Rahmat Santoso
Photo: Humas Kukar

KutaiKartanegara.com - 24/06/2008 22:33 WITA
Tiga fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara (Kukar) sepakat secara bulat mendukung dibentuknya Kebupaten Kutai Tengah (Kuteng).


Kesepakatan itu disampaikan dalam sidang penyampaian kata akhir di Rapat Paripurna VII yang dipimpin Ketua DPRD Rachmat Santoso, Senin (23/06) kemarin, di Tenggarong.


Namun dukungan dewan ini baru merupakan modal awal terutama bagi Tim Sukses (Timses) pembentukan Kabupaten Kuteng yang sudah diupayakan sejak 8 tahun lalu. Karena untuk merealisasikan wilayah pemekaran baru, banyak hal yang harus ditempuh seperti antara lain persetujuan Pemkab Kukar sebagai Kabupaten Induk, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) 78/2007 tentang syarat pemekaran wilayah.


Fraksi Partai Gokar DPRD Kukar di kata akhirnya yang disampaikan Wahyudi mengatakan, fraksinya memahami aspirasi masyarakat Kuteng untuk secara mandiri berpisah dengan Kabupaten induknya Kukar. Namun demikian untuk menjadi wilayah pemekaran maka lebih dahulu melalui tahapan proses sesuai sistem dan ketentuan yang berlaku.


Senada dengan Fraksi Partai Golkar, Fraksi PDIP yang dijuru bicarai Sutanto mengatakan fraksinya tidak keberatan jika Kuteng terbentuk. Namun yang lebih penting adalah harus dilakukan terlebih dahulu kajian-kajian yang matang dan mendalam. “Baik dari aspek administratif, teknis operasional maupun potensi wilayah,” ujarnya.


Sementara fraksi Amanat Keadilan Rakyat (AKR) disampaikan Marwan SP, dengan tegas menyetujui dibentuknya segera Kabupaten Kuteng. Karena menurut fraksinya adanya keinginan untuk memekarkan wilayah disebabkan keinginan untuk menyediakan pelayanan publik yang lebih baik dan mudah di masa mendatang.


Kemudian sebagai upaya mempercepat akselerasi dan pertumbuhan ekonomi penduduk. Dan yang terakhir adalah sebagai upaya penyerapan tenaga kerja. “Penyerapan tenaga kerja ini bukan hanya sebatas pada sektor pemerintahannya saja namun lebih luas lagi hingga sektor swasta lainnya. Oleh sebab itu Fraksi AKR sangat setuju dan mendukung penuh pembentukan dan pemekaran wilayah Kuteng menjadi Kabupaten mandiri, ujarnya.


Sementara Ketua Timses Pembentukan Kuteng Asnan Hifni mengatakan rasa syukur atas dukungan dewan terhadap pembentukan Kuteng. “Semua ini merupakan hasil jerih payah kami dimana selama ini kami selalu berusaha untuk mewujudkan Kuteng yang mandiri,” katanya.


Dikatakan bahwa Kuteng memiliki sudah sewajarnya berdiri sendiri karena syarat-syarat minimal sudah terpenuhi diantaranya memiliki 6 Kecamatan, memiliki potensi sumberdaya alam dan jumlah penduduk yang memadai. Ke 6 kecamatan itu adalah Kembang Janggut, Muaramuntai, Kotabangun, Tabang, Muarawis dan Kenohan.


Rapat paripurna VII DPRD Kukar tentang persetujuan Kuteng untuk menjadi Kabupaten ini dihadiri Plt Bupati Samsuri Aspar, Muspida, Kepala Dinas/Instansi, Ketua dan anggota Timses bersama tokoh masyarakat Kuteng. (Joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Belum Punya E-mail @kutaikartanegara.com?
Daftar Sekarang Juga!
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Pengendara Motor Tewas Ditabrak Sirion, Pengemudi Mobil Diminta Menyerahkan Diri
Kecelakaan Air di Muara Wis, KM Sumber Dinar Bertabrakan Dengan Kapal Penarik Ponton
 
Salut! Dua OPD di Kukar Raih Penghargaan Sebagai Percontohan Unit Pelayanan Publik Kategori A
Inilah 127 Pejabat Pemkab Kukar Yang Dilantik Pada 17 Februari 2017
 
Investor Asal Jepang Minat Bangun Rumah Sakit Khusus Kanker
Jalin Kerjasama Dengan Pemkab Kukar, Garuda Indonesia Ikut Promosikan Pariwisata Kukar
 
Pengedar dan Kurir Narkoba Diamankan Polisi di Kota Bangun, Termasuk Sabu 21,35 Gram
Heboh! 28 Nisan Kuburan Bekotok Diobrak-Abrik
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Akhir Pekan Ini, Ada Pesta Musik Reggae di PKM
Rocket Suicide, Grup Duo Anyar Asal Tenggarong Yang Usung Rock Akustik
 
Sabtu Sore, Mitra Kukar Uji Coba Lawan Martapura FC
Libas AP Futsal, Alief Sport FC Makin Kokoh Pimpin Klasemen KFL 2017
 
Dimeriahkan Kegiatan Seni Budaya, Festival Jembayan Kampong Tuha Digelar 22-26 Maret
Erau/EIFAF 2017 Digelar di Pekan Terakhir Juli
 
Beri Perhatian Terhadap Guru dan Pendidikan, Bupati Rita Widyasari Sabet Penghargaan Dwija Praja Nugraha
45 Guru TK/KB Wilayah Pesisir Ikuti Pelatihan PAUD di Sanga-Sanga
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com