Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Semarak Upacara Adat Mecaq Undat

Suasana upacara Mecaq Undat yang berlangsung meriah di Lamin Amin Bioq, Desa Ritan Baru, Kecamatan Tabang, Minggu (11/05) laluSuasana upacara Mecaq Undat yang berlangsung meriah di Lamin Amin Bioq, Desa Ritan Baru, Kecamatan Tabang, Minggu (11/05) lalu
Photo: Humas Kukar/Evin


Gubernur Kaltim Yurnalis Ngayoh (kanan) bersama Plt Sekkab HM Aswin dan pejabat lainnya mengawali upacara Mecaq Undat dengan menumbuk beras bersama-sama
Gubernur Kaltim Yurnalis Ngayoh (kanan) bersama Plt Sekkab HM Aswin dan pejabat lainnya mengawali upacara Mecaq Undat dengan menumbuk beras bersama-sama
Photo: Humas Kukar/Evin

KutaiKartanegara.com - 15/05/2008 17:25 WITA
Sebagai ungkapan syukur atas panen yang melimpah sekaligus pelestarian budaya leluhur, masyarakat suku Dayak Kenyah Lepoq Tukung di Desa Ritan Baru dan Desa Tukung Ritan, Kecamatan Tabang, Minggu (11/05) lalu menggelar upacara adat Mecaq Undat.


Upacara yang dipusatkan di Lamin Amin Bioq Desa Ritan Baru ini dihadiri Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Yurnalis Ngayoh dan jajaran Muspida Provinsi Kaltim, Plt Sekkab Kukar HM Aswin dan pejabat Muspikab, serta ratusan warga setempat.


Menurut Kahang Ului selaku Ketua Panitia Pelaksana, Mecaq Undat berarti kegiatan menumbuk beras atau tepung beras. "Mecaq Undat dalam arti luas adalah acara menumbuk beras secara bersama-sama oleh warga masyarakat yang diiringi bunyi dan irama gong secara teratur," jelasnya.


Lebih lanjut dikatakan, lewat upacara Mecaq Undat ini masyarakat bertekad untuk menghargai dan memelihara nilai-nilai budaya serta adat istiadat setempat. Wujudnya adalah menggunakan alat-alat musik tradisional seperti gong, Jatung Utang dan Sampeq.


"Lewat upacara adat Mecaq Undat, desa kami yang terletak jauh dari ibukota provinsi dan kabupaten, mudah-mudahan dapat semakin dikenal oleh daerah lain," ujarnya.


Dia juga berharap agar pemerintah daerah mendukung upacara adat Mecaq Undat ini sebagai salah satu potensi dalam rencana dan upaya pengembangan pariwisata pada saat ini maupun masa yang akan datang.


Sementara Gubernur Kaltim Yurnalis Ngayoh dalam sambutannya mengatakan, melalui kegiatan ini dapat dilihat bahwa etnis Dayak di Kaltim memiliki kekayaan dan keragaman tradisi seni budaya.


Oleh karena itu, lanjut Gubernur Kaltim, tradisi seni budaya masyarakat Dayak Kenyah seperti ini harus terus dipelihara dan dipertahankan sehingga menjadi kebanggaan sebagai aset daerah maupun nasional.


"Seni budaya Dayak Kenyah seperti Mecaq Undat ini harus terus dikenalkan kepada generasi muda saat ini dengan tujuan agar mereka dapat mewarisi tradisi seni budaya yang tetap lestari di sepanjang masa," demikian katanya.


Usai memberikan sambutan, Gubernur Yurnalis Ngayoh membuka upacara adat Mecaq Undat yang ditandai dengan pemukulan gong. Selanjutnya dilakukan penyerahan beras hasil panen masyarakat kepada Gubernur Yurnalis Ngayoh dan Plt Sekkab HM Aswin untuk ditumbuk secara bersama-sama.


Upacara Mecaq Undat ini berlangsung meriah. Seluruh masyarakat yang hadir secara bergantian turut melakukan penumbukan beras dengan alu yang diiringi irama gong. (win)


Baca Juga:
Gubernur Kaltim Resmikan Lamin Amin Bioq (14/05/2008)


 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com