Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kemuslimahan KAMMI Kukar Didik Pemilih Perempuan

Ibu-ibu desa Taman Arum tampak antusias menyimak pemaparan yang disampaikan GunawanIbu-ibu desa Taman Arum tampak antusias menyimak pemaparan yang disampaikan Gunawan
Photo: KAMMI Kukar/Mariatul Kiftiah


Suasana kegiatan Voter Education di Desa Taman Arum, Kecamatan Loa Kulu
Suasana kegiatan Voter Education di Desa Taman Arum, Kecamatan Loa Kulu
Photo: KAMMI Kukar/Mariatul Kiftiah

KutaiKartanegara.com - 13/05/2008 21:50 WITA
Pesta demokrasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Timur (Kaltim) tinggal menghitung hari. Pada 26 Mei 2008, masyarakat di 14 Kabupaten/Kota se-Kaltim untuk pertama kalinya bakal memilih secara langsung siapa yang akan menjadi Gubernur-Wakil Gubernur Kaltim periode 2008-2013.


Untuk memberikan pemahaman dan kesadaran bagi kaum perempuan untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilgub Kaltim 2008, Kemuslimahan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kegiatan Voter Education atau Pendidikan Pemilih bagi Perempuan.


Kegiatan Voter Education bagi Perempuan ini digarap Kemuslimahan KAMMI Kukar bekerjasama dengan HMP2J (Himpunan Mahasiswa Pengawas Pemilu Jujur). Kegiatan pertama digelar Minggu (11/05) lalu di Balai Desa Taman Arum, Kecamatan Loa Kulu.


Tak kurang dari 50 orang ibu-ibu yang sebagian besar adalah para petani ladang ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Mereka tampak antusias menyimak materi tentang Pilgub Kaltim 2008. Pasalnya, sebagian besar dari mereka belum mengetahui bagaimana cara mencoblos.


Bahkan banyak pula ibu-ibu yang belum mengenal siapa saja pasangan Cagub-Cawagub yang akan bertarung dalam Pilgub Kaltim 2008. Mereka pun tak segan-segan untuk menanyakan kepada pemateri tentang profil dari masing-masing Cagub-Cawagub Kaltim. Sang pemateri dari HMP2J, Gunawan, dengan sabar menjelaskan siapa saja kandidat pemimpin daerah ini.



Gunawan dari HMP2J saat menyampaikan materi tentang Pilgub Kaltim
Photo: KAMMI Kukar/Mariatul Kiftiah

Dalam kegiatan Voter Education tersebut, Gunawan juga memaparkan tentang bagaimana cara memilih pemimpin dengan mengetahui rekam jejak dan latar belakang para calon pemimpin yang akan dipilih.


"Jangan sampai kita memilih pemimpin hanya dari tampangnya yang cakep atau dari iming-iming materi yang tak seberapa. Karena nasib 5 tahun kita ke depan, tak bisa dipertaruhkan hanya dengan sejumlah uang, atau gebyar dangdutan yang digelar calon," ujarnya.


Setelah materi disampaikan, para peserta Voter Education diberikan tes tertulis dari pihak panitia untuk mengetahui sampai sejauh mana pengetahuan yang diperoleh ibu-ibu tersebut terhadap Pilgub Kaltim 2008.


Tak hanya itu, Kemuslimahan KAMMI juga memberikan selebaran berisi tips untuk memilih calon pemimpin serta sticker yang berisi ajakan untuk tidak lupa mencoblos pada tanggal 26 Mei.


Sementara dikatakan Ketua Panitia Pelaksana, Leni Eria, kegiatan Voter Education bagi Perempuan ini telah diprogramkan oleh Kemuslimahan KAMMI ke seluruh daerah Kaltim.


"Komisariat KAMMI Kukar sendiri telah menargetkan 3 desa yang akan dikunjungi yaitu di Desa Taman Arum Kecamatan Loa Kulu dan 2 desa lainnya di Kecamatan Tenggarong Seberang," jelasnya.


Menurut Leni, kegiatan ini dilatarbelakangi oleh masih minimnya informasi yang didapat di lingkungan pedesaan, khususnya di daerah yang terpencil dan kurang diperhatikan.


"Apalagi dari data yang ada bahwa jumlah pemilih perempuan lebih besar dibanding pemilih laki-laki. Maka akan sangat disayangkan jika nanti kaum perempuan tersebut tidak tepat dalam menggunakan hak suaranya atau malah golput hanya karena ketidaktahuan tentang cara mencoblos," pungkasnya. (win)


Pihak panitia bersama kaum perempuan Desa Taman Arum usai pelaksanaan Voter Education
Photo: KAMMI Kukar/Mariatul Kiftiah

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com