Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Mendagri HM Ma'ruf Pantau Pilkada Kukar

Mendagri HM Ma
Mendagri HM Ma
Photo: Humas Kukar/Noraida

KutaiKartanegara.com - 25/05/2005 16:38 WITA
Untuk mengetahui langsung kesiapan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dalam melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara langsung pada 1 Juni mendatang, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia H Moh Ma’ruf dan rombongan tadi pagi melakukan kunjungan kerja ke Kukar. Kedatangan Mendagri dan rombongan di Kukar ini disambut langsung Penjabat (Pj) Bupati Kukar Drs Hadi Sutanto di Pendopo Odah Etam, Tenggarong.

Di hadapan HM Ma’ruf dan sejumlah pejabat eselon I pusat yang menyertai Mendagri, Pj Bupati Kukar Drs Hadi Sutanto melaporkan bahwa Pemkab Kukar bersama KPUD, DPRD dan instansi terkait serta seluruh komponen masyarakat telah siap melaksanakan Pilkada secara langsung yang diikuti 3 pasangan calon kepala daerah yakni HA Sofyan Alex-HM Irkham, H Tajuddin Noor-H Abdul Djebar Bukran dan pasangan H Syaukani HR–H Samsuri Aspar.

Dikatakannya, dari 12 tahapan Pilkada sudah 4 dilaksanakan dengan sukses. "Sedang tahapan ke-5 yaitu kampanye sedang berlangsung saat ini dan berakhir 28 Mei mendatang. Untuk tahapan ke-12 atau terakhir yaitu Pelantikan dan Pengucapan Sumpah Janji direncanakan akan dilakukan 8 Juli mendatang," ujarnya.


Kedatangan Mendagri yang disambut dengan upacara adat Kutai
Photo: Joe

Hadi Sutanto mengatakan bahwa peran Pemkab dalam Pilkada selain mensosialisasikan PP No 6/2005 tentang Pilkada juga memberikan dukungan sarana dan prasarana Pilkada disamping menjaga netralitas PNS dan TNI/Polri. "Pemkab bersama instansi terkait telah berhasil menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif selama tahapan Pilkada di Kukar," demikian katanya.

Sementara Mendagri HM Ma’ruf merasa optimis pelaksanaan Pilkada di Kukar berjalan dengan baik. Menurut Mendagri, digelarnya Pilkada langsung merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mencitrakan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang menjunjung demokrasi, tertib dan aman.

Diharapkan dengan Pilkada yang damai akan menarik minat investor. "Pilkada tidak terlepas pula dari stabilitas keamanan dan politik secara nasional. Dengan Pilkada yang damai memberikan dampak pada penguatan stabilitas politik dan ekonomi bangsa Indonesia yang masih dalam kondisi terpuruk. Oleh sebab itu daerah yang melaksanakan Pilkada termasuk Kukar harus berlangsung tertib dan damai," katanya.


Ketua KPUD Kukar HM Ishack Iskandar didampingi Anggota KPUD Rinda Desianti ketika menerima Mendagri HM Ma
Photo: Joe

Ditambahkan HM Ma’ruf, saat ini ada 226 Kepala Daerah yang mengikuti Pilkada, 14 diantaranya adalah pasangan Gubernur/Wakil Gubernur. HM Ma’ruf juga mengkritik media massa yang dinilai kurang mengangkat atau memberitakan daerah yang telah siap melaksanakan Pilkada.

Menurutnya, media massa lebih banyak memberitakan Pilkada yang mengalami masalah. Dia berharap peran media massa dalam Pilkada agar lebih seimbang dan proporsional dalam pemberitaannya.

Diakuinya, dari 226 daerah yang melaksanakan Pilkada, 20 diantaranya mengalami kendala dalam pelaksanaannya. "Ternyata ke 20 daerah itu belum memahami aturan main Pilkada yang dituangkan dalam UU 32/2004 dan PP No 6/2005, yang kedua aturan itu mengatur tentang Pilkada," demikian katanya.

Hadir dalam pertemuan dengan Mendagri para Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kukar, Ketua dan Anggota KPUD, Panwas dan DPRD Kukar serta sejumlah pejabat Pemkab Kukar. Pejabat yang mengikuti rombongan Mendagri ke Kukar diantaranya Wakil Assisten Komsos Kasum TNI Rusdi SH, Deputi Operasi Kapolri Didi W, 3 anggota Komisi II DPR RI, dan sejumlah pejabat eselon I dan II serta staf ahli di lingkungan Depdagri.

Usai mengadakan pertemuan, HM Ma’ruf dan rombongan didampingi Gubernur Kaltim H Suwarna AF meninjau Markas Polres Kukar, Kantor Camat Tenggarong, Sekretariat KPUD Kukar dan berakhir di Sekretariat Tim Desk Pilkada Kantor Bupati Kukar. (joe)


HM Ma
Photo: Humas Kukar/Noraida

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com