Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Khidmat dan Semarak, Peringatan Maulid & Haul Akbar Kesultanan Kutai

Plt Bupati Kukar Samsuri Aspar bersama Putera Mahkota Kesultanan Kutai dan Menteri Sekretaris Keraton memasang Bunga Lompo di pusara permaisuri Sultan AM MoeslihoeddinPlt Bupati Kukar Samsuri Aspar bersama Putera Mahkota Kesultanan Kutai dan Menteri Sekretaris Keraton memasang Bunga Lompo di pusara permaisuri Sultan AM Moeslihoeddin
Photo: Agri


Plt Bupati Kukar Samsuri Aspar bersama Putera Mahkota Kesultanan Kutai, Menteri Sekretaris Keraton dan Plt Sekkab HM Aswin memasang Bunga Lompo di pusara permaisuri Sultan AM Moeslihoeddin
Plt Bupati Kukar Samsuri Aspar bersama Putera Mahkota Kesultanan Kutai, Menteri Sekretaris Keraton dan Plt Sekkab HM Aswin memasang Bunga Lompo di pusara permaisuri Sultan AM Moeslihoeddin
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 20/03/2008 17:30 WITA
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dirangkai dengan Haul Akbar leluhur kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura berlangsung semarak dan penuh khidmat tadi pagi.


Ribuan umat Muslim se-Kalimantan Timur (Kaltim) tumpah ruah memadati Masjid Jami' Hasanuddin yang berada di lingkungan istana Kesultanan Kutai itu. Yang menarik, peringatan Maulid ini ditandai pula dengan pelepasan Nasi Tambak atau gunungan ketan oleh Sultan H Adji Mohd Salehoeddin II yang di akhir acara diperebutkan oleh warga.


Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW oleh pihak Kesultanan Kutai ini terasa begitu istimewa dengan kehadiran para pejabat teras yang ada di daerah ini. Sebut saja Gubernur Kaltim Yurnalis Ngayoh, Plt Bupati Kukar Samsuri Aspar, dan Bupati Kutai Timur H Awang Farouk Ishack.


Calon Gubernur Kaltim Nusyirwan Ismail, mantan Pjs Bupati Kukar H Awang Dharma Bakti, mantan Bupati Kutai H Awang Faisyal, Plt Sekkab Kukar HM Aswin serta pejabat Muspida Kukar juga turut hadir dalam acara ini.



Habib Mustafa Mash'ud (kanan) saat menyampaikan hikmah Maulid
Photo: Agri

Suasana peringatan Maulid Nabi dan Haul Akbar di Masjid Jami' Hasanuddin, Tenggarong
Photo: Agri

Ketua Panitia Pelaksana HAP Adi Kusuma dalam laporannya mengatakan, peringatan Maulid Nabi dan Haul Akbar kali ini dimaksudkan untuk meneladani Nabi Muhammad SAW serta mewarisi nilai-nilai luhur para raja dan ulama dalam berjuang membangun bangsa dan negara khususnya menegakkan ajaran agama Islam di tanah Kutai.


Sementara Sultan H Adji Mohd Salehoeddin II dalam sambutannya yang dibacakan Menteri Sekretaris Keraton HAR Gondo Prawiro mengatakan, berdasarkan fakta sejarah, agama Islam sudah dikenal sejak jauh sebelumnya dimana pada abad ke–14 pada masa pemerintahan Maharaja Sultan dan Raja Mandarsyah.


"Akan tetapi agama Islam baru menjadi agama kerajaan pada abad ke-16 saat pemerintahan Raja Makota Mulia Islam dimana agama Islam dibawa oleh Tuanku Tunggang Parangan," ujarnya.


Sultan juga berharap agar masyarakat di daerah ini selalu menjaga persatuan dan kesatuan serta terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, berilmu tinggi, berbudaya dan Islami, sehingga mampu mengelola sumber daya alam untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. "Dan tidak bosan-bosannya saya ingatkan kembali jangan sekali-kali mengecewakan dan menyakiti hati rakyat, jauhi kezoliman dan KKN," pesannya.


"Mari kita bangun tanah Kutai bersama-sama komponen bangsa lainnya, sehingga tercipta keadaan yang kondusif untuk membangun bangsa dan negara kesatuan republik indonesia yang kita cintai," demikian amanat Sultan Kutai.



Sultan Kutai H Adji Mohd Salehoeddin II mencicipi ketan Nasi Tambak sebelum dibawa ke masjid
Photo: Agri

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di masjid tertua di Tenggarong ini ditandai pula dengan penyampaian siraman rohani hikmah Maulid oleh Habib Mustafa Mas'ud dari Jakarta.


Usai acara dan santap siang, Putera Mahkota Kesultanan Kutai HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat bersama kerabat Kesultanan Kutai, Gubernur Kaltim, Plt Bupati Kukar dan Bupati Kutai Timur melakukan ziarah di 4 pusara Sultan yang ada di lingkungan pemakaman Keraton.


Upacara ziarah ini ditandai dengan pemasangan rangkaian Bunga Lompo di pusara Sultan AM Moeslihoeddin, Sultan AM Salehoeddin, Sultan AM Soelaiman dan Sultan AM Parikesit. Kemudian upacara ziarah dilanjutkan ke makam Sultan AM Alimoeddin yang berada di kuburan Kelambu Kuning, Kelurahan Melayu.


Rencananya, upacara ziarah akan kembali dilanjutkan pada Senin (24/03) mendatang di ibu kota pertama Kesultanan Kutai yang berada di Kutai Lama, Kecamatan Anggana, dan daerah Pemarangan, Kecamatan Loa Kulu. (win)


Warga berebut mengambil ketan, kue maupun telur yang berada di Nasi Tambak usai acara peringatan Maulid Nabi dan Haul Akbar
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com