Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Dialog FSGNPP dengan Dinas Pendidikan-FSGK
Kadis Pendidikan Kukar Usir Mahasiswa dan Wartawan

Kadis Pendidikan Kukar Drs HM Idrus SY MSi (kanan) didampingi Ketua FSGK Drs H Syamsul Khaidir MMPd ketika menerima pengurus FSGNPP Kukar
Kadis Pendidikan Kukar Drs HM Idrus SY MSi (kanan) didampingi Ketua FSGK Drs H Syamsul Khaidir MMPd ketika menerima pengurus FSGNPP Kukar
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com - 18/05/2005 01:00 WITA
Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Drs HM Idrus SY MSi, Selasa (17/05) siang kemarin, secara arogan mengusir mahasiswa Unikarta Tenggarong dan wartawan yang biasa meliput kegiatan di lingkungan kantor Dinas Pendidikan Kukar Tenggarong dalam acara pertemuan antara Forum Silaturahmi Guru Nusantara Peduli Pendidikan (FSGNPP) Kukar dengan pihak Dinas Pendidikan Kukar dan Forum Solidaritas Guru Kukar (FSGK).

Awal peristiwa pengusiran ini terjadi ketika sejumlah pengurus FSGNPP Kukar diterima Kadis Pendidikan Kukar HM Idrus dalam ruang rapat kantor tersebut untuk melakukan dialog tentang insentif tenaga guru dan kredit sepeda motor dimana sebelumnya pihak FSGNPP mengajak mahasiswa Unikarta Tenggarong untuk mendampingi mereka.

Namun sebelum dialog dilakukan, Idrus yang didampingi Ketua FSGK Drs H Syamsul Khaidir MMPd mengabsen satu-persatu nama yang tertera di dalam daftar hadir pertemuan. Saat mengabsen pengurus FSGNPP tidak ada permasalahan, namun ketika sampai pada giliran mahasiswa, Idrus lalu menanyakan kapasitas mereka dalam pertemuan tersebut.

Merasa tidak ada kaitan dengan pertemuan ini, Idrus lalu meminta mahasiswa Unikarta yang menyertai para pengurus FSGNPP untuk segera keluar meninggalkan ruangan termasuk para wartawan yang sedianya akan meliput pertemuan itu.

Idrus mengancam bila para mahasiswa dan wartawan tidak mau keluar dari ruang pertemuan maka dialog dengan FSGNPP ditiadakan dan Idrus mengancam akan meninggalkan ruang pertemuan. "Saya tidak akan memulai dialog dengan pengurus FSGNPP bila mahasiswa dan wartawan masih ada di ruangan ini. Saya harap, mahasiswa dan wartawan keluar dari sini," kata Idrus.

"Saya berhak menerima atau tidak menerima siapa pun yang datang kesini, jadi saat ini saya mau menerima perwakilan guru saja. Bukan perwakilan mahasiswa atau wartawan. Sekali lagi saya harap, mahasiswa dan wartawan untuk segera keluar dari sini," ujarnya lagi.

HM Idrus juga berkilah, sebagai Kadis Pendidikan dan secara internal kelembagaan dirinya berhak memberikan pembinaan, pengarahan maupun teguran terhadap guru–guru termasuk dalam pertemuan ini.

Ancaman Idrus yang besifat arogan inilah yang memicu kekesalan mahasiswa termasuk wartawan. Setelah sempat adu argumen antara HM Idrus dengan mahasiswa, akhirnya mahasiswa bersama wartawan keluar dari ruang pertemuan. Pertemuan antara Kadis Pendidikan Kukar dan FSGK di satu pihak dengan FSGNPP Kukar di pihak lain kemudian dilanjutkan namun bersifat tertutup bagi mahasiswa dan wartawan.

Salah seorang dari mahasiswa Unikarta Tenggarong Efri Novianto yang sempat bersitegang dengan Idrus ketika ditemui mengatakan, keberadaan mereka dalam pertemuan itu adalah untuk mendampingi sekaligus memberikan dukungan moral bagi pengurus FSGNPP Kukar.

Menurut Efri, Kadis Pendidikan HM Idrus tidak aspiratif dan cenderung menutup-nutupi masalah, ini tidak sesuai dengan UUD 1945 pasal 28F yang menyatakan bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi serta berhak untuk menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Sementara Ketua FSGNPP Kukar, Sukardi, sebelum berdialog dengan Dinas Pendidikan Kukar kepada KutaiKartanegara.com mengatakan, pertemuan tersebut selain untuk mempertanyakan insentif guru dan kredit sepeda motor juga untuk mempertanyakan hasil rapat konsolidasi FSGK pada hari Minggu (15/05) lalu yang berbuah pernyataan sikap berupa dukungan FSGK kepada salah satu pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kukar dalam Pilkada 1 Juni 2005 mendatang.

Padahal menurut Sukardi, profesi guru yang sebagaian besar adalah PNS harus bersikap netral. "Sikap netralitas inilah yang ingin kami dengarkan dari FSGK maupun Kepala Dinas Pendidikan Kukar. Kami dari FSGNPP berharap agar guru-guru tidak mau dibawa-bawa dalam kegiatan politik praktis. Profesi kami sangat jelas sebagai pendidik, politik praktis bukan wilayah kami," demikian katanya. (nop/joe)


Kadis Pendidikan HM Idrus mengabsen satu per satu pengurus FSGNPP sebelum mengusir mahasiswa dan wartawan
Photo: Yanda

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Seminggu Menghilang, Warga Sanga-Sanga Ini Ditemukan Mengambang di Sungai
PMII Kukar Gelar Pelatihan Kader Dasar se-Kaltim
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Kuras ATM Puluhan Juta Rupiah, Pelaku Hipnotis Dibekuk Petugas Polres Kukar
Barang Bukti Narkoba, Sajam, Senpi Hingga Uang Palsu Dimusnahkan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Bawakan 8 Lagu, Via Vallen Sukses Goyang Tenggarong
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
 
Lepas Jorge Gotor, Mitra Kukar Rekrut Bek Asal Brazil
KFL-Liga 2 2017, Perebutan Zona 4 Besar Makin Sengit
 
Kongres Dunia CIOFF ke-47 di Tenggarong Berakhir Sukses
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
 
Wow! Menangi Kompetisi LINE, Mahasiswa Unmul Asal Tenggarong Ini Dapat Hadiah Jalan-Jalan ke Jepang
Digagas IKA SMANSA Tenggarong, Guru dan Karyawan SMAN 1 Tenggarong Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com