Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
   
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...
Tidak Sulit, Membuat Virgin Coconut Oil

Tidak Sulit, Membuat Virgin Coconut Oil

Superintendent Comdev & Comrels VICO Indonesia Soedi Wargono (kiri) dan Kepsek SMPN 1 Muara Badak Saharuddin (kanan) bersama para pelajar yang mengikuti pelatihan pembuatan VCO
Superintendent Comdev & Comrels VICO Indonesia Soedi Wargono (kiri) dan Kepsek SMPN 1 Muara Badak Saharuddin (kanan) bersama para pelajar yang mengikuti pelatihan pembuatan VCO
Photo: VICO Indonesia/Bastian

KutaiKartanegara.com - 25/02/2008 22:50 WITA
Gaung mengenai khasiat Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa murni yang bisa digunakan sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit sudah lama diketahui oleh kalangan pendidik di SMPN 1 Muara Badak. Apalagi minyak dengan berbagai macam khasiat tersebut telah diproduksi di Muara Badak.


Namun baru sekarang terpikirkan untuk mendatangkan instruktur dan belajar mengenai cara membuat VCO. Seperti yang dilakukan pada Sabtu (23/02) lalu, tak kurang dari 40 pelajar SMPN 1 Muara Badak mengikuti pelatihan pembuatan VCO.


Dikatakan Kepala SMPN 1 Muara Badak, Saharuddin SPd, pelatihan tersebut merupakan implementasi dari program sekolah untuk meningkatkan ketrampilan bagi pelajar sekolah tersebut.


Melalui kegiatan ini, lanjutnya, diharapkan semangat kewirausahaan para pelajar SMPN 1 akan semakin terasah, sehingga nantinya diharapkan para alumni sekolah tersebut tidak hanya berprestasi di bidang akademik, namun juga sebagai insan yang mampu menciptakan peluang kerja.


Ditambahkannya, pelatihan pembuatan VCO ini dilatih oleh tenaga ahli yakni Ruslan AR, pengusaha pembuat VCO dengan merk dagang Bunga Tanjung yang berpusat di Desa Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badak.



Ruslan saat menjelaskan cara pembuatan VCO di hadapan pelajar SMPN 1 Muara Badak
Photo: VICO Indonesia/Bastian

"Kami sangat berterima kasih kepada pihak VICO Indonesia yang telah membantu terlaksananya kegiatan pelatihan ini. Karena hal ini merupakan salah satu pelajaran yang ada muatan lokalnya," kata Saharuddin.


Sementara Ruslan AR dalam pemaparannya mengatakan, untuk membuat VCO tidaklah sulit. Apalagi bahan baku di daerah Muara Badak cukup memadai. "Untuk membuat VCO, pilihlah kelapa yang sudah tua. Setelah kelapa dikupas, kemudian diparut, lalu diperas untuk mengeluarkan santannya," papar Ruslan.


Selanjutnya santan diendapkan selama 2 jam untuk memisahkan santan kanil dengan air. Setelah itu, air dibuang dan santan kanil dicampur dengan minyak pancingan dengan perbandingan 3 botol santan banding 1 botol minyak pemancing.


"Tunggu sampai 6 jam, maka minyak VCO sudah jadi. Tinggal disaring untuk menghasilkan VCO yang siap dikonsumsi," ujar Ruslan yang pernah dilatih langsung oleh Dr Bambang Setiadji MSc melalui bantuan VICO Indonesia.


Ditambahkan Ruslan, proses pembuatan minyak kelapa murni ini tanpa pemanasan, tanpa fermentasi serta tanpa campuran bahan kimia. Sehingga menghasilkan minyak murni dan alami.


Dalam pelatihan yang digelar di Laboratorium SMPN 1 Muara Badak itu, pihak sekolah menyediakan 40 butir kelapa. Hasilnya, pelajar SMPN 1 Muara Badak mampu membuat 12 botol VCO ukuran 600 ml.


Ruslan menyatakan bersedia menampung hasil olahan yang diproduksi oleh siswa SMPN 1. Hanya saja masalahnya, saat ini harga kelapa kian melambung tinggi yakni mencapai Rp 3 ribu per butir. (bas)

 
Username  
Password  
Belum Punya E-mail @kutaikartanegara.com?
Daftar Sekarang Juga!

Politik & Peristiwa

 

Pemerintahan

 

Ekonomi & Bisnis

 

Hukum & Kriminal

Keberatan Jika Fosil Ulin Purwajaya Dipindah, Ini Alasan Camat Loa Janan
Pemkab Kukar Bantu Korban Kebakaran Loa Ipuh Darat
 
Tak Ada THR, PNS Pemkab Kukar Bakal Terima Gaji 13 Jelang Lebaran
Masa Jabatan Rita Widyasari Berakhir: Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Operasi Pasar Disperindagkop Diserbu Warga
PLTG Senipah Bakal Tingkatkan Daya Jadi 2x125 MW
 
Begerakan Saor Sambil Joget Pakai CD Plus BH: Remaja Alay Ini Diamankan Satpol PP
Pantau THM Selama Ramadhan: Satpol PP Bakal Tindak Tegas THM yang Tetap Beroperasi
             

Hiburan

 

Olahraga

 

Seni Budaya

 

Pendidikan

Bulan Agustus, Abiel Production Siapkan Festival Fesyen dan Musik di Muara Jawa
Diresmikan Bupati Rita Widyasari: d'Kukar Zona Jadi Wahana Bermain Edutainment Pertama di Kaltim
 
Mahakam International Dragon Boat Festival 2015: Tim Perahu Naga Rusia Raih Emas Nomor Bergengsi
Abdul Rasid Resmi Pimpin PODSI Kaltim
 
Rumah Kampong Kutai Akhirnya Dibongkar
Meriahnya Pesta Panen Mecaq Undat di Tabang
 
82 Orang Tak Lulus: Tingkat Kelulusan Siswa SLTA Tahun 2015 Capai 98,95%
Inilah 10 Besar Peraih Nilai Tertinggi UN SLTA 2015 se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com