Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Tidak Sulit, Membuat Virgin Coconut Oil

Superintendent Comdev & Comrels VICO Indonesia Soedi Wargono (kiri) dan Kepsek SMPN 1 Muara Badak Saharuddin (kanan) bersama para pelajar yang mengikuti pelatihan pembuatan VCO
Superintendent Comdev & Comrels VICO Indonesia Soedi Wargono (kiri) dan Kepsek SMPN 1 Muara Badak Saharuddin (kanan) bersama para pelajar yang mengikuti pelatihan pembuatan VCO
Photo: VICO Indonesia/Bastian

KutaiKartanegara.com - 25/02/2008 22:50 WITA
Gaung mengenai khasiat Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa murni yang bisa digunakan sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit sudah lama diketahui oleh kalangan pendidik di SMPN 1 Muara Badak. Apalagi minyak dengan berbagai macam khasiat tersebut telah diproduksi di Muara Badak.


Namun baru sekarang terpikirkan untuk mendatangkan instruktur dan belajar mengenai cara membuat VCO. Seperti yang dilakukan pada Sabtu (23/02) lalu, tak kurang dari 40 pelajar SMPN 1 Muara Badak mengikuti pelatihan pembuatan VCO.


Dikatakan Kepala SMPN 1 Muara Badak, Saharuddin SPd, pelatihan tersebut merupakan implementasi dari program sekolah untuk meningkatkan ketrampilan bagi pelajar sekolah tersebut.


Melalui kegiatan ini, lanjutnya, diharapkan semangat kewirausahaan para pelajar SMPN 1 akan semakin terasah, sehingga nantinya diharapkan para alumni sekolah tersebut tidak hanya berprestasi di bidang akademik, namun juga sebagai insan yang mampu menciptakan peluang kerja.


Ditambahkannya, pelatihan pembuatan VCO ini dilatih oleh tenaga ahli yakni Ruslan AR, pengusaha pembuat VCO dengan merk dagang Bunga Tanjung yang berpusat di Desa Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badak.



Ruslan saat menjelaskan cara pembuatan VCO di hadapan pelajar SMPN 1 Muara Badak
Photo: VICO Indonesia/Bastian

"Kami sangat berterima kasih kepada pihak VICO Indonesia yang telah membantu terlaksananya kegiatan pelatihan ini. Karena hal ini merupakan salah satu pelajaran yang ada muatan lokalnya," kata Saharuddin.


Sementara Ruslan AR dalam pemaparannya mengatakan, untuk membuat VCO tidaklah sulit. Apalagi bahan baku di daerah Muara Badak cukup memadai. "Untuk membuat VCO, pilihlah kelapa yang sudah tua. Setelah kelapa dikupas, kemudian diparut, lalu diperas untuk mengeluarkan santannya," papar Ruslan.


Selanjutnya santan diendapkan selama 2 jam untuk memisahkan santan kanil dengan air. Setelah itu, air dibuang dan santan kanil dicampur dengan minyak pancingan dengan perbandingan 3 botol santan banding 1 botol minyak pemancing.


"Tunggu sampai 6 jam, maka minyak VCO sudah jadi. Tinggal disaring untuk menghasilkan VCO yang siap dikonsumsi," ujar Ruslan yang pernah dilatih langsung oleh Dr Bambang Setiadji MSc melalui bantuan VICO Indonesia.


Ditambahkan Ruslan, proses pembuatan minyak kelapa murni ini tanpa pemanasan, tanpa fermentasi serta tanpa campuran bahan kimia. Sehingga menghasilkan minyak murni dan alami.


Dalam pelatihan yang digelar di Laboratorium SMPN 1 Muara Badak itu, pihak sekolah menyediakan 40 butir kelapa. Hasilnya, pelajar SMPN 1 Muara Badak mampu membuat 12 botol VCO ukuran 600 ml.


Ruslan menyatakan bersedia menampung hasil olahan yang diproduksi oleh siswa SMPN 1. Hanya saja masalahnya, saat ini harga kelapa kian melambung tinggi yakni mencapai Rp 3 ribu per butir. (bas)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Belum Punya E-mail @kutaikartanegara.com?
Daftar Sekarang Juga!
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Golkar Kukar Targetkan Rita Widyasari Menang di Pilgub Kaltim 2018
Meriah, Pelantikan Pengurus DPD Partai Golkar Kukar 2016-2020
 
Inilah 127 Pejabat Pemkab Kukar Yang Dilantik Pada 17 Februari 2017
Gerbong Mutasi Kembali Bergulir, 127 Pejabat Struktural Dilantik Bupati Rita Widyasari
 
Investor Asal Jepang Minat Bangun Rumah Sakit Khusus Kanker
Jalin Kerjasama Dengan Pemkab Kukar, Garuda Indonesia Ikut Promosikan Pariwisata Kukar
 
Penganiaya Gadis Lung Anai Bantah Tuduhan Percobaan Pemerkosaan
Astaga! Kasus Pencurian di 12 TKP, Pelakunya Ternyata Oknum PNS...
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Akhir Pekan Ini, Ada Pesta Musik Reggae di PKM
Rocket Suicide, Grup Duo Anyar Asal Tenggarong Yang Usung Rock Akustik
 
Kalah 3-2 Dari Persib, Langkah Mitra Kukar Terhenti di 8 Besar
Mitra Kukar Siap Redam Permainan Agresif Persib Bandung
 
Erau/EIFAF 2017 Digelar di Pekan Terakhir Juli
Keren! Gubang Pentaskan Tari Kontemporer di Sungai Tenggarong
 
Beri Perhatian Terhadap Guru dan Pendidikan, Bupati Rita Widyasari Sabet Penghargaan Dwija Praja Nugraha
45 Guru TK/KB Wilayah Pesisir Ikuti Pelatihan PAUD di Sanga-Sanga
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com