Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Meriah, Pagelaran Ulang Tahun ke-5 Yayasan Lanjong

Aksi para musisi Sanggar Musik Lanjong yang tampil enerjik dengan garapan bertajuk Nusantara LimaAksi para musisi Sanggar Musik Lanjong yang tampil enerjik dengan garapan bertajuk Nusantara Lima


Sajian Tari Kontemporer Bocok oleh anak-anak Sanggar Tari Lanjong
Sajian Tari Kontemporer Bocok oleh anak-anak Sanggar Tari Lanjong
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 09/02/2008 14:44 WITA
Publik kota Tenggarong selama 4 malam berturut-turut dipuaskan dengan beraneka ragam seni pertunjukan yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-5 Yayasan Lanjong Kutai Kartanegara (Kukar).


Mulai dari suguhan tari tradisi, tari kontemporer, seni sastra tradisional, musik etnik kontemporer, band, teater, operet hingga senam. Semua disuguhkan secara bergantian dalam Pagelaran Ulang Tahun Yayasan Lanjong sejak Rabu (06/02) malam hingga Sabtu (09/02) malam.


Yang menarik, pertunjukan seni yang dipusatkan di halaman Planetarium Jagad Raya ini tidak hanya menampilkan anak-anak binaan Lanjong, namun juga melibatkan seniman atau kelompok-kelompok seni lainnya yang ada di Kukar.


Sebut saja Kelompok Topa yang tampil pada malam pertama di gedung Serapo LPKK H Zailani Idris dengan sajian musik etnik kontemporer bertajuk Kontradiksi. Lalu ada pula Sanggar Musik Kontra yang tampil pada malam kedua dengan komposisi bertajuk Romes (bahasa Kutai untuk belepotan-red).



Suguhan Tari Jepen Jukut Selengek oleh para penari Sanggar Tari Adilla
Photo: Agri

Kemudian, kelompok tari yang terlibat adalah Kelompok Seni Budaya Maju Karya dibawah pimpinan Masrani MA yang tampil dengan Syair Belagu dan tari Kartapati, kemudian Sanggar Tari Cahaya dengan tari bertajuk Tari Pe'elan Kanak dan Sanggar Tari Adilla dengan Tari Jepen Jukut Selengek.


Dua seniman senior Tenggarong yakni Awang Syarifuddin Idham dan Dedy Atriananta juga turut beraksi di pagelaran malam kedua. Mereka masing-masing membawakan tari kontemporer tunggal berjudul Lahat dan Komposisi I.


Kemudian pada penampilan malam ketiga, Jum'at (08/02) malam, Band Akustik La'faz turut menghibur dengan tembang-tembang populer masa kini.


Sementara dari Yayasan Lanjong sendiri menerjunkan seluruh 'kekuatannya' yang meliputi Sanggar Tari Lanjong (Sangrila), Sanggar Musik Lanjong (Smula), Teater Kampoeng Lanjong dan Lanjong Sports.


Para penari dan koreografer dari Sangrila menyuguhkan tari kontemporer berjudul Discrimination dan Bocok, serta tari kreasi tradisional bertajuk tari Jepen Bekuntau, Jepen Buah Ara, Jepen Bunga Perangai, dan Jepen Begondahan.



Penampilan Kelompok Seni Budaya Maju Karya membawakan Syair Belagu
Photo: Agri

Kemudian para musisi Lanjong yang tergabung dalam Smula tampil begitu energik pada malam kedua dengan komposisi musik bertajuk Nusantara Lima. Suguhan musik tradisi kontemporer yang dimotori Supiyan dkk ini mampu memukau ratusan penonton yang memadati halaman Planetarium Jagad Raya.


Sedangkan divisi olahraga Lanjong Sports yang dimotori Kartika Sari juga tak mau ketinggalan untuk beraksi dalam Pagelaran Ulang Tahun Yayasan Lanjong. Mereka hadir menyuguhkan senam Yoga, senam Cha-Cha Bangkok, senam Cha-Cha Country, dan senam Reggae.


Dan yang tak kalah menariknya adalah sajian teater bertajuk 6 Jahanam yang dibawakan anak-anak Teater Kampoeng Lanjong pada malam pertama, Rabu (06/02) malam lalu. Teater Kampoeng Lanjong kembali akan beraksi malam ini dengan suguhan operet parodi plesetan bertajuk The Romantic Love of Wadak Yo..!!.


Menurut sutradara Haryanto Daud, operet ini akan dimainkan secara kolosal dengan melibatkan sekitar 50 orang anggota Kampoeng Lanjong. Durasi operet ini bahkan cukup panjang yakni sekitar 2,5 jam.


Daud pun mengundang warga kota Tenggarong untuk datang ke Planetarium Jagad Raya guna menyaksikan suguhan operet parodi plesetan. "Yang jelas operet parodi kali ini agak berbeda dari operet yang pernah kami garap sebelumnya. Rugi kalau tidak menonton," ujarnya berpromosi. (win)


Para anggota Lanjong Sports tak ketinggalan menyuguhkan Senam Yoga
Photo: Agri



Baca Juga:
Operet Parodi Tutup Pagelaran Ultah Yayasan Lanjong (10/02/2008)

Berbagi Uang Lewat Permainan Maut (07/02/2008)


 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Seminggu Menghilang, Warga Sanga-Sanga Ini Ditemukan Mengambang di Sungai
PMII Kukar Gelar Pelatihan Kader Dasar se-Kaltim
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Kuras ATM Puluhan Juta Rupiah, Pelaku Hipnotis Dibekuk Petugas Polres Kukar
Barang Bukti Narkoba, Sajam, Senpi Hingga Uang Palsu Dimusnahkan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Bawakan 8 Lagu, Via Vallen Sukses Goyang Tenggarong
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
 
Lepas Jorge Gotor, Mitra Kukar Rekrut Bek Asal Brazil
KFL-Liga 2 2017, Perebutan Zona 4 Besar Makin Sengit
 
Kongres Dunia CIOFF ke-47 di Tenggarong Berakhir Sukses
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
 
Wow! Menangi Kompetisi LINE, Mahasiswa Unmul Asal Tenggarong Ini Dapat Hadiah Jalan-Jalan ke Jepang
Digagas IKA SMANSA Tenggarong, Guru dan Karyawan SMAN 1 Tenggarong Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com