Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Program Kota Layak Anak Dilaksanakan di Kukar

Beberapa orang anak bermain di salah satu dinding panjat yang ada di Taman Jembatan Kartanegara. Keberadaan taman bermain ini menjadi salah satu kriteria yang membuat Kukar menjadi proyek percontohan Kota Layak Anak
Beberapa orang anak bermain di salah satu dinding panjat yang ada di Taman Jembatan Kartanegara. Keberadaan taman bermain ini menjadi salah satu kriteria yang membuat Kukar menjadi proyek percontohan Kota Layak Anak
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 08/02/2008 15:48 WITA
Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia (RI) menetapkan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai salah satu proyek percontohan Kota Layak Anak (KLA) di Indonesia.


Hal tersebut tertuang dalam kesimpulan hasil presentasi Pelaksanaan Program KLA di Kukar yang disampaikan Dr Usman Subari MSc dari Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan RI, Rabu (06/02) lalu di Tenggarong.


Menurut Dr Usman Subari, tujuan dari program KLA ini adalah untuk menjamin terpenuhinya hak anak agar tumbuh dan berpartisipasi optimal sesuai harkat martabat kemanusiaan. "Kemudian terlindungi dari kekerasan dan diskriminasi demi terwujudnya anak bangsa yang bermutu berakhlak mulia dan sejahtera," jelasnya.


Lebih lanjut dikatakan, dipilihnya Tenggarong dan Kukar pada umumnya, karena wilayah ini telah memiliki program dan infrastruktur yang mengarah pada upaya-upaya yang baik dalam memperhatikan hak atas anak dibanding daerah lain di Kaltim. "Seperti pelaksanaan program Zona Bebas Pekerja Anak (ZBPA), serta program Wajib Belajar yang diiringi kebijakan sekolah gratis," ujarnya.



Dr Usman Subari saat mempresentasikan program Kota Layak Anak di Ruang Eksekutif Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, Rabu (07/02) lalu
Photo: Joe

Kebijakan sekolah gratis di Kukar, lanjut Usman, Angka Partisipasi Murninya (APM) tertinggi yaitu 97,15 %. Sedang Angka Partisipasi Sekolah (APS) khususnya di tingkat SD/MI lebih baik lagi yaitu mencapai 99,29 %.


Sementara sarana dan prasarana berbagai jenis olahraga juga cukup tersedia, sehingga memungkinkan anak dapat mengembangkan minatnya pada bidang tersebut. "Sedang ruang terbuka seperti taman bermain atau fasilitas umum untuk anak bermain mulai dari yang sederhana hingga yang terbaik juga ada di Kukar," katanya.


Yang lebih penting lagi di Kukar, semua itu terangkum dalam suatu program strategis yaitu Gerbang Dayaku Tahap II yang salah satu sasarannya adalah memperhatikan peningkatan kualitas sumber daya manusia.


Menyinggung tentang program KLA di Indonesia, diungkapkan bahwa pelaksanaan KLA di Indonesia secara efektif telah berjalan di 2 daerah yaitu Sidorajo (Jawa Timur) dan Surakarta (Jawa Tengah).


Sementara dikatakan Asisten III Pemkab Kukar AR Ruzni Oms, Pemkab Kukar menyambut baik bila Tenggarong dan Kukar umumnya dicanangkan sebagai wilayah percontohan program KLA. "Program ini untuk lebih melengkapi sekaligus mendukung program yang hampir sama tujuannya yaitu program ZBPA," ujarnya. (joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Anggana Membara, Belasan Rumah Ludes Terbakar
Pilgub Kaltim 2018: Menang di 11 Kecamatan, Isran-Hadi Raup Dukungan 35,37 Persen Suara
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Pimpinan BPJS Kesehatan Ikut Layani Langsung Warga Kukar
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Erau 2018: Putra Mahkota Kesultanan Kutai Laksanakan Adat Beluluh
Naga Mekes Lumat Sriwijaya FC Tiga Gol Tanpa Balas
 
Wow, Mahasiswa Asing Ini Bisa Menari Jepen Hingga Main Sampek
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com