Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Hujan, Peringatan Peristiwa Merah Putih ke-61 Digelar Dalam Gedung

Plt Gubernur Kaltim Yurnalis Ngayoh saat memberikan sambutan pada puncak peringatan Peristiwa Merah Putih Sanga-Sanga ke-61 tadi pagi
Plt Gubernur Kaltim Yurnalis Ngayoh saat memberikan sambutan pada puncak peringatan Peristiwa Merah Putih Sanga-Sanga ke-61 tadi pagi
Photo: joe

KutaiKartanegara.com - 27/01/2008 20:38 WITA
Hari ini, peristiwa heroik Perjuangan Merah Putih pada 27 Januari 1947 silam di Kecamatan Sanga-Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), diperingati dalam sebuah upacara yang dipimpin Plt Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Yurnalis Ngayoh.


Upacara peringatan Peristiwa Merah Putih Sanga-Sanga sedianya dilaksanakan di lapangan Gelora Pantai, namun lantaran hujan yang cukup deras, tempat upacara akhirnya dipindahkan ke gedung Sandisa yang letaknya sekitar 150 meter dari lapangan tersebut.


Karena pelaksanaan upacara berada di dalam gedung, beberapa mata acara terpaksa ditiadakan seperti pengibaran bendera Merah Putih serta atraksi marching band.


Kendati demikian, para peserta upacara mulai dari personle TNI/Polri, sejumlah organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan serta kalangan pelajar tetap mengikuti jalannya acara dengan tertib dan khidmat.


Upacara peringatan Peristiwa Merah Putih Sanga-Sanga ke-61 ini dihadiri pula oleh Plt Bupati Kukar Samsuri Aspar, Ketua DPRD Kaltim H Herlan Agus Salim, Ketua DPRD Kukar Rahmat Santoso, unsur Muspida Kaltim dan Kukar, Ketua Markas Daerah LVRI Kaltim H Sukirman Mian, pejabat Pemkab Kukar dan Pemprov Kaltim, Muspika Sanga-Sanga dan sejumlah pejuang dan janda veteran yang ada di Kaltim.


Plt Gubernur Kaltim Yurnalis Ngayoh dalam sambutannya mengatakan, peringatan peristiwa bersejarah Perjuangan Merah Putih di Sanga-Sanga ke-61 merupakan momentum untuk menghargai jasa-jasa pahlawan.


Menurutnya, menghargai pahlawan dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti meniru jiwa kejuangan, rela berkorban demi kemajuan bangsa dan negara serta melakukan pembangunan di berbagai bidang. "Karenanya sikap dan jiwa kejuangan maupun berkorban demi kepentingan bangsa masih dibutuhkan dan relevan bagi kita saat ini," ujarnya.


Ngayoh juga mengharapkan agar peristiwa perjuangan ini dapat dijadikan sarana persatuan dan kesatuan bangsa. "Karena hanya melalui persatuan dan kesatuan, kita mampu menangkal hal-hal negatif yang menghambat kemajuan bangsa," katanya.


Usai upacara parade, acara dilanjutkan dengan upacara ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wadah Batuah Sanga-Sanga. Upacara ini dipimpin langsung oleh Komandan Korem 091/ASN Kolonel Inf Bambang Budi Waluyo yang ditandai dengan peletakan karangan bunga di tugu pahlawan.


Selanjutnya, para peserta upacara seperti seperti Plt Gubenur Kaltim dan Plt Bupati Kukar bersama para anggota veteran dan janda pejuang melakukan tabur bunga di pusara para pahlawan.


Usai upacara ziarah di TMP Wadah Batuah, acara dilanjutkan dengan acara ramah tamah dengan para veteran dan keluarga pejuangn Merah Putih Sanga-Sanga. (joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com