Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Giliran Muara Siran Diserang Gulma

Kumpulan gulma saat menyerang Desa Jantur akhir tahun lalu
Kumpulan gulma saat menyerang Desa Jantur akhir tahun lalu
Photo: Humas Kukar/Teguh Yulianto

KutaiKartanegara.com - 23/01/2008 18:00 WITA
Serangan gulma atau tanaman pengganggu kembali menghantui warga di wilayah pedalaman Kutai Kartanegara (Kukar). Setelah sebelumnya sempat merusak fasilitas umum dan pemukiman milik warga di Desa Jantur, kali ini gulma menyerang Danau Siran di Desa Muara Siran, Kecamatan Muara Kaman.


Kejadian ini dilaporkan 3 orang tokoh masyarakat setempat yang diwakili oleh Idak kepada Sekretaris Komisi I DPRD Kukar Saiful Aduar, beberapa waktu lalu. Setelah mendapat laporan warga, Saiful Aduar langsung memfasilitasi pertemuan dengan Kepala Badan Kesbang Linmas Darmansyah yang juga merupakan Sekretaris Satuan Pelaksana (Satlak) Penanggulangan Bencana (PB) Kukar.


Dari hasil pertemuan singkat tersebut Kepala Badan Kesbang Linmas Darmansyah mengatakan akan segera menindaklanjuti pengaduan masyarakat tersebut dan segera melakukan koordinasi dengan jajaran Pemkab Kukar. "Tim akan segera turun kelapangan, untuk mengetahui secara langsung kejadian yang sebenarnya," ujarnya.


Observasi terhadap serangan gulma di desa Muara Siran tersebut akan secepatnya dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kerugian masyarakat dan seberapa parah kerusakan akibat serangan gulma itu.


Menurut Darmansyah, data yang akurat sangat diperlukan oleh tim Satlak PB guna mengambil keputusan dalam penanganan lebih jauh, "Kami perlu data yang akurat agar penanganan benar-benar tepat dan tidak memakan waktu lama," tegasnya.


Sedangkan untuk mencarikan solusi pergantian dana masyarakat sebesar Rp 39 juta yang disampaikan Pj Kades Muara Siran, lanjut Darmansyah, pihaknya telah membuat surat Telaahan Staf kepada Ketua Harian Satlak PB Kukar Samsuri Aspar untuk langkah selanjutnya.


Kepala Badan Kesbang Linmas menyayangkan sering terlambatnya laporan yang disampaikan warga kepada Satlak PB Kukar, sehingga akhirnya berdampak pada terlambatnya penanganan masalah, sementara kerugian akibat serangan gulma tersebut belum diketahui pasti.


"Saya berharap Unit Satlak PB yang ada di desa dan kecamatan untuk pro aktif melihat berbagai permasalahan di masing-masing wilayah," ujarnya.


Sementara itu, untuk membersihkan Danau Siran dari gulma, masyarakat Muara Siran sudah berusaha mengatasinya dengan cara gotong-royong. Akan tetapi, kegiatan itu belum membuahkan hasil maksimal karena padatnya gulma yang terdiri dari enceng gondok maupun rerumputan.


"Warga telah mengeluarkan biaya cukup besar untuk membersihkan Muara Sungai Tersebut," kata Pj Kades Muara Siran Mutawi.


Lebih lanjut dikataka Mutawi, pihaknya telah melaporkan kepada Camat Muara Kaman dan meminta kepada pemerintah agar masalah serangan gulma tersebut cepat teratasi. "Akibat gulma ini, perekonomian kami sangat terganggu karena akses transportasi sungai terputus, apalagi danau dan sungai yang ditutupi gulma merupakan lahan mata pencarian kami," pungkasnya. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com