Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Semarak Pembukaan Sepekan Budaya Kutai
Dari Rebutan Ayam Jago Hingga Santap Jajanan Khas Kutai

Plt Bupati Kukar Samsuri Aspar dan Kepala Disparbud Basran Yunus (kanan) melakukan penaburan beras kuning sebelum arak-arakan Jajak Lewang dimulaiPlt Bupati Kukar Samsuri Aspar dan Kepala Disparbud Basran Yunus (kanan) melakukan penaburan beras kuning sebelum arak-arakan Jajak Lewang dimulai
Photo: Agri


Sebanyak 41 gadis mengarak beraneka macam jajanan khas Kutai yang kemudian disantap bersama-sama
Sebanyak 41 gadis mengarak beraneka macam jajanan khas Kutai yang kemudian disantap bersama-sama
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 28/12/2007 20:55 WITA
Pembukaan Sepekan Budaya Kutai (SBK) 2007 di gedung Serapo LPKK Tenggarong berlangsung meriah tadi sore. Kegiatan yang dibuka Plt Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) H Samsuri Aspar ini ditandai dengan pelepasan 10 ekor ayam jago.

Yang menarik, ayam tersebut diperebutkan oleh para hadirin. Tak pelak suasana pun menjadi riuh ketika puluhan warga, baik tua maupun muda, berkerumun untuk menangkap ayam yang dilepas itu.

Sebelumnya, acara pembukaan SBK 2007 diwarnai dengan arak-arakan Jajak Lewang (nyiru yang berisi aneka macam kue-red) yang dibawa 41 orang gadis.

Arak-arakan tersebut dimulai dari depan Museum Mulawarman, melewati Jalan Mayjen Sutoyo, Jalan Toraga Timur, Pasar Seni hingga kembali lagi ke halaman Serapo LPKK H Zailani Idris.

Arak-arakan Jajak Lewang ini dikawal sejumlah pemuda yang membawa Kembang Serai dan Tigu Warna (telur berwarna-red).


Dengan menaiki becak hias, Plt Bupati Kukar turut serta dalam arak-arakan
Photo: Agri

Tetabuhan hadrah oleh puluhan pemuda yang berjalan di barisan depan membuat suasana arak-arakan menjadi semakin meriah. Sementara di barisan belakang, para pemain kuda kepang dari paguyuban masyarakat Jawa juga ikut menyemarakkan arak-arakan ini.

Plt Bupati Kukar dan pejabat lainnya ikut serta dalam arak-arakan dengan menumpang becak hias sambil sesekali menabur beras kuning berisi permen dan uang logam.

Warga yang berada di jalan, terutama anak-anak, begitu antusias untuk mengambil kepingan demi kepingan uang logam maupun permen yang ditebar oleh Plt Bupati Samsuri Aspar, Kepala Dinas Pariwisata & Budaya (Disparbud) Kukar H Basran Yunus dan pejabat lainnya.

Dikatakan Kepala Disparbud Kukar H Basran Yunus, kegiatan ini digelar untuk pertama kali atas kerjasama Disparbud Kukar dengan Lembaga Pembinaan Kebudayaan Kutai (LPKK) dan Sempekat Keroan Kutai.

Menurut Basran, kegiatan Sepekan Budaya Kutai dimaksudkan untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya Kutai, khususnya yang tumbuh di Kukar.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran berkesenian dan berkebudayaan kepada masyarakat maupun kalangan seniman. "Juga untuk menggugah kesadaran generasi muda untuk lebih cinta kepada seni dan budaya sendiri," ujar Basran.


Warga pun berebut untuk menangkap ayam jago yang dilepas Plt Bupati Samsuri Aspar
Photo: Agri

Ditambahkannya, Sepekan Budaya Kutai akan dilaksanakan selama 4 hari mulai Jum'at (28/12) hingga Senin (31/12) mendatang, yang akan diisi dengan sejumlah kegiatan.

Kegiatan tersebut meliputi Bazaar Makanan Khas Kutai, Lomba Ngapeh (bercerita-red), Lomba Bemamai (ngomel-red), Gelar Sastra Kutai, pertunjukan musik tradisi/kreasi, tari tradisi/kreasi pesisir dan pedalaman, serta Parade Band dengan lagu daerah Kutai.

"Kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi pengembangan seni budaya Kutai, khususnya seni budaya yang ada di Kukar. Karena seni adalah seni, yang bukannya benda mati. Tidaklah berarti hidup tanpa seni, karena itu seni budaya haruslah terpatri agar hidup memiliki jati diri," ujarnya.

Sementara Plt Bupati Kukar H Samsuri Aspar dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Kukar menyambut baik digelarnya kegiatan ini karena selaras dengan program Gerbang Dayaku dalam rangka meningkatkan kepariwisataan di daerah ini.

Samsuri berharap kegiatan tersebut tidak berhenti sampai di sini, namun akan terus berlanjut dan ditingkatkan di masa-masa mendatang. "Kalau perlu seluruh kecamatan diundang untuk turut berpartisipasi," ujarnya disambut tepuk tangan meriah para hadirin.

Acara pembukaan SBK 2007 diakhiri dengan santap bersama berupa sajian 41 macam jajanan khas Kutai yang sebelumnya telah diarak para gadis. Plt Bupati Samsuri Aspar bersama hadirin begitu antusias mencicipi beberapa jajanan khas Kutai yang cukup langka. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com