Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Haul Pangeran Noto Igomo dan Sultan AM Sulaiman di Masjid Jami' Hasanuddin

Umat Islam kota Tenggarong saat mengikuti haul Pengeran Noto Igomo dan Sultan AM Sulaiman di Masjid JamiUmat Islam kota Tenggarong saat mengikuti haul Pengeran Noto Igomo dan Sultan AM Sulaiman di Masjid Jami
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 07/05/2005 15:26 WITA
Ribuan umat Muslim kota Tenggarong tadi pagi melaksanakan haul untuk Habib Muhammad bin Ali bin Hasan bin Thaha bin Yahya gelar Pangeran Noto Igomo dan Sultan Aji Muhammad Sulaiman Al-Adil Khalifatul Mu’minin Fibiladil Kutai.

Acara diawali dengan ziarah ke makam Pangeran Noto Igomo di Kuburan Muslimin Kelambu Kuning serta ke makam Sultan AM Sulaiman di samping Museum Mulawarman, dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Habsyi, surat Yaasin dan tahlil bertempat di Masjid Jami’ Hasanuddin, Tenggarong.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan manakib atau riwayat hidup kedua tokoh Kerajaan Kutai Kartanegara tersebut. Habib Muhammad bin Ali bin Hasan bin Thaha bin Yahya merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW ke-34. Setelah menetap di Tenggarong, Sultan Kutai memberi jabatan kepada Habib Muhammad bin Ali bin Hasan bin Thaha bin Yahya sebagai Penghulu Kerajaan Kutai Kartanegara serta diberi gelar Raden Syarif Penghulu yang kemudian dilanjutkan dengan gelar Pangeran Noto Igomo.


Al Habib Abdurrahman Al Khairi dari Jakarta saat menyampaikan ceramah agama
Photo: Agri

Selama memangku jabatannya tersebut, Pangeran Noto Igomo bertugas mengatur segala urusan keagamaan Islam seperti mengajarkan agama Islam baik hukum Syariat maupun Tasawuf kepada masyarakat Tenggarong dan sekitarnya.

Sementara Sultan AM Sulaiman yang merupakan Raja Kutai Kartanegara ke-17 pada masa pemerintahannya telah banyak memberikan perhatian terhadap kesejahteraan rakyat baik dari segi materi maupun mental spiritual khususnya pembinaan Agama Islam.

Dibawah pemerintahan Sultan AM Sulaiman, Kerajaan Kutai menjalin hubungan baik dengan Kerajaan Mekkah (Arab Saudi). Sultan AM Sulaiman memberikan perhatian yang cukup serius terhadap pelaksanaan ibadah Haji di tanah suci diantaranya dengan mewaqafkan sebuah bangunan di Mekkah untuk keperluan pemondokan jamaah haji serta menghadiahkan kepada rakyatnya untuk berangkat melaksanakan ibadah haji.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana H Abdul Murad, kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini dimaksudkan untuk memperingati wafatnya kedua tokoh yang berjasa dalam melakukan syiar Islam di Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura.

Sementara Penjabat Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Ir H Chairul Anwar Yusuf berharap dengan digelarnya kegiatan haul ini, umat Muslim kota Tenggarong dapat mengamalkan teladan yang telah diberikan kedua tokoh tersebut dalam menegakkan agama Islam.

Kegiatan haul diakhiri dengan penyampaian ceramah agama oleh Prof Dr Fahmi Arief MA yang merupakan Rektor IAIN Samarinda dan Al Habib Abdurrahman Al Khairi dari Jakarta yang sekaligus menutup acara tersebut dengan pembacaan do’a. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com