Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Serentak di Seluruh Indonesia
Warga Kukar Ikut Aksi Tanam Pohon

Aksi penanaman pohon secara serentak di lahan eks tambang PT Kitadin, Tenggarong Seberang, tadi siangAksi penanaman pohon secara serentak di lahan eks tambang PT Kitadin, Tenggarong Seberang, tadi siang
Photo: Yanda


Kasdim 0906/TGR Mayor Inf Dendi menyerahkan bibit pohon kepada perwakilan organisasi wanita
Kasdim 0906/TGR Mayor Inf Dendi menyerahkan bibit pohon kepada perwakilan organisasi wanita
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com - 28/11/2007 15:21 WITA
Hari ini, jutaan masyarakat di seluruh Indonesia secara serentak melakukan aksi penanaman pohon. Tak terkecuali di Kutai Kartanegara (Kukar), aksi tanam pohon ini dipusatkan di lahan eks tambang PT Kitadin, Desa Kertabuana, Kecamatan Tenggarong Seberang.

Dimulainya aksi penanaman pohon ini dibuka secara resmi oleh Sekkab Kukar HM Husni Thamrin yang ditandai dengan penyerahan bibit pohon kepada perwakilan ibu-ibu, pelajar hingga pejabat di lingkungan Pemkab Kukar.

Menurut Kepala Dinas Kehutanan Khairil Anwar, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian berbagai pihak akan pentingnya penanaman dan budaya pemeiliharaan pohon yang berkelanjutan dalam mengurangi pemanasan global.

"Selain itu dimaksudkan untuk mencapai pembangunan Indonesia yang bersih serta meningkatkan penyerapan karbondioksida dan polutan lainnya, mencegah banjir, kekeringan, tanah longsor dan meningkatkan upaya konservasi sumber daya genetik tanaman hutan," kata Khairil yang juga Ketua Panitia Pelaksana kegiatan tersebut.


Sekkab HM Husni Thamrin tak ketinggalan menanam bibit pohon
Photo: Yanda

Sementara Menteri Kehutanan (Menhut) RI MS Kaban dalam sambutan tertulis yang dibacakan Husni Thamrin mengatakan, perubahan iklim dan pemanasan global telah menjadi isu hangat dan menjadi perhatian dunia.

"Indonesia memiliki peran penting dalam isu perubahan iklim global dengan menyediakan jasa lingkungan berupa penyerapan emisi karbon dari hutan yang ada," katanya.

Hutan Indonesia yang luasnya mencapai 120,3 juta hektare diyakini mampu menyerap emisi secara signifikan.

Namun demikian, terjadinya deforestasi dan degradasi hutan Indonesia dianggap sebagai sumber emisi karbon karena melepas karbondioksida ke atmosfer.

Pengurangan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan di negara berkembang inilah menjadi agenda utama pada Konferensi PBB untuk Perubahan Iklim ke-13 yang akan berlangsung di Bali, 3-14 Desember 2007 mendatang.


Aksi tanam pohon secara serentak ini diikuti berbagai kalangan, termasuk aparatur Pemkab Kukar
Photo: Yanda

"Pertemuan di Bali nanti memberikan kesempatan kepada Indonesia untuk menunjukkan komitmen dan kepemimpinannya dalam menghadapi isu-isu perubahan iklim," katanya.

Menurut Menhut, dalam pertemuan tersebut akan dibahas berbagai hal diantaranya adalah bagaimana menghadapi perubahan iklim dunia, upaya mengurangi emisi karbon, menyusun program-program antisipasi, serta menyusun program kerja sama antar negara.

Dalam hal pemulihan kerusakan hutan di Indonesia, lanjut Menhut, sebenarnya banyak hal yang telah dilakukan yakni melalui Kampanye Indonesia Menanam, Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GERHAN), pembangunan Hutan Tanaman, pemberantasan illegal logging, serta berbagai kegiatan penanaman oleh masyarakat luas sebagai hasil Kampanye Indonesia Menanam yang dicanangkan Presiden RI pada April 2006.

Dan untuk menunjukkan tekad yang besar dan kemampuan dari bangsa Indonesia dalam rehabilitasi hutan dan lahan, maka digelar kegiatan massal Aksi Penanaman Serentak Indonesia serta Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon yang dilaksanakan di seluruh Indonesia, dari tingkat pusat hingga desa.

"Dalam aksi ini akan ditanam 79 juta pohon. Tidak termasuk 10 juta pohon yang ditanam ibu-ibu dalam aksi Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon," ujarnya lagi.

Melalui kegiatan yang dilaksanakan serentak di seluruh tanah air tersebut, lanjutnya, kita tunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia sangat peduli terhadap perbaikan lingkungan. (nop/win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
PMII Kukar Gelar Pelatihan Kader Dasar se-Kaltim
Kecelakaan Maut di Kutai Lama, Seorang IRT Meninggal Dunia
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Kuras ATM Puluhan Juta Rupiah, Pelaku Hipnotis Dibekuk Petugas Polres Kukar
Barang Bukti Narkoba, Sajam, Senpi Hingga Uang Palsu Dimusnahkan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Bawakan 8 Lagu, Via Vallen Sukses Goyang Tenggarong
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
 
Lepas Jorge Gotor, Mitra Kukar Rekrut Bek Asal Brazil
KFL-Liga 2 2017, Perebutan Zona 4 Besar Makin Sengit
 
Kongres Dunia CIOFF ke-47 di Tenggarong Berakhir Sukses
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
 
Wow! Menangi Kompetisi LINE, Mahasiswa Unmul Asal Tenggarong Ini Dapat Hadiah Jalan-Jalan ke Jepang
Digagas IKA SMANSA Tenggarong, Guru dan Karyawan SMAN 1 Tenggarong Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com