Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pembentukan Desa Siaga, Muara Badak Paling Siap

Wakil Kepala Dinkes Kukar dr Emmy Dasimah membuka pelatihan dengan memasangkan topi bantuan VICO Indonesia secara simbolis kepada perwakilan Kader Desa Siaga
Wakil Kepala Dinkes Kukar dr Emmy Dasimah membuka pelatihan dengan memasangkan topi bantuan VICO Indonesia secara simbolis kepada perwakilan Kader Desa Siaga
Photo: VICO Indonesia/Bastian

KutaiKartanegara.com - 22/11/2007 12:56 WITA
Untuk menyukseskan program Desa Siaga di Kecamatan Muara Badak, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Kartanegara (Kukar) bekerjasama dengan BPMIGAS-VICO Indonesia membentuk sekaligus melatih sejumlah Kader Desa Siaga di kecamatan tersebut.


Pembentukan dan Pelatihan Kader Desa Siaga tersebut dibuka Wakil Kepala Dinkes Kukar dr Emmy Dasimah bertempat di BPU Muara Badak Ulu, Kecamatan Muara Badak, Selasa (19/11) lalu.


"Desa Siaga adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemandirian serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana maupun situasi gawat darurat secara mandiri," kata dr Emmy Dasimah.


Menurut Emmy, sebuah desa dikategorikan sebagai Desa Siaga jika memiliki pelayanan kesehatan dasar seperti pos kesehatan desa atau puskesmas pembantu. Selain itu, harus dilengkapi berbagai unit kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) sesuai kebutuhan masyarakat setempat, seperti posyandu.


Program Desa Siaga, lanjutnya, juga bisa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa. "Sehingga masyarakat dapat mengetahui berbagai risiko dan bahaya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan, seperti bencana dan wabah penyakit," ujarnya.



Eko Sudiro mewakili VICO Indonesia menyerahkan bantuan bubuk abate secara simbolis kepada Sekdes Gas Alam untuk dibagikan kepada warga
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Ditambahkannya, program Desa Siaga bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. Selain itu, meningkatkan kemampuan dan kemauan masyarakat desa menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan.


Emmy juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pihak VICO Indonesia yang telah membantu kegiatan kesehatan di wilayah Kukar. Tidak hanya di Muara Badak, namun juga di wilayah kecamatan lain.


"Hingga akhir 2008, ada 13 desa yang ditargetkan menjadi Desa Siaga. Namun Kecamatan yang paling siap dalam program Desa Siaga di wilayah Kukar adalah kecamatan Muara Badak. Hal ini tak lepas dari peran serta VICO Indonesia yang begitu peduli terhadap upaya peningkatan derajat kesehatan di wilayah operasinya," demikian kata Emmy.


Kegiatan pelatihan Kader Desa Siaga ini dihadiri pula oleh para bidan desa dan anggota PKK yang ada di Muara Badak. Tampil sebagai pemateri antara lain dr Emmy Dasimah dengan materi Kebijakan Pemerintah Tentang Desa Siaga, kemudian Kasi Promkes Dinkes Kukar Adelina batara SKM MKes tentang Program Desa Siaga, Kasi Gizi Dinkes Kukar Aminah Toha SKM MKes tentang Kesehatan Keluarga dan Kasi Kesga Dinkes Kukar Winarti SST dengan materi mengenai Desa Siaga.


Guna memotivasi para kader dalam menyukseskan program Desa Siaga, masing-masing kader diberi kostum dan topi yang merupakan bantuan dari VICO Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, VICO Indonesia juga menyerahkan bantuan berupa bubuk Abate untuk selanjutanya dibagikan kepada warga sebagai upaya mencegah merebaknya kasus demam berdarah. (bas)


Suasana pembukaan Pelatihan Kader Desa Siaga di BPU Muara Badak Ulu, Senin (19/11) lalu
Photo: VICO Indonesia/Bastian

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com