Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pembentukan Desa Siaga, Muara Badak Paling Siap

Wakil Kepala Dinkes Kukar dr Emmy Dasimah membuka pelatihan dengan memasangkan topi bantuan VICO Indonesia secara simbolis kepada perwakilan Kader Desa Siaga
Wakil Kepala Dinkes Kukar dr Emmy Dasimah membuka pelatihan dengan memasangkan topi bantuan VICO Indonesia secara simbolis kepada perwakilan Kader Desa Siaga
Photo: VICO Indonesia/Bastian

KutaiKartanegara.com - 22/11/2007 12:56 WITA
Untuk menyukseskan program Desa Siaga di Kecamatan Muara Badak, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Kartanegara (Kukar) bekerjasama dengan BPMIGAS-VICO Indonesia membentuk sekaligus melatih sejumlah Kader Desa Siaga di kecamatan tersebut.


Pembentukan dan Pelatihan Kader Desa Siaga tersebut dibuka Wakil Kepala Dinkes Kukar dr Emmy Dasimah bertempat di BPU Muara Badak Ulu, Kecamatan Muara Badak, Selasa (19/11) lalu.


"Desa Siaga adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemandirian serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana maupun situasi gawat darurat secara mandiri," kata dr Emmy Dasimah.


Menurut Emmy, sebuah desa dikategorikan sebagai Desa Siaga jika memiliki pelayanan kesehatan dasar seperti pos kesehatan desa atau puskesmas pembantu. Selain itu, harus dilengkapi berbagai unit kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) sesuai kebutuhan masyarakat setempat, seperti posyandu.


Program Desa Siaga, lanjutnya, juga bisa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa. "Sehingga masyarakat dapat mengetahui berbagai risiko dan bahaya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan, seperti bencana dan wabah penyakit," ujarnya.



Eko Sudiro mewakili VICO Indonesia menyerahkan bantuan bubuk abate secara simbolis kepada Sekdes Gas Alam untuk dibagikan kepada warga
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Ditambahkannya, program Desa Siaga bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. Selain itu, meningkatkan kemampuan dan kemauan masyarakat desa menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan.


Emmy juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pihak VICO Indonesia yang telah membantu kegiatan kesehatan di wilayah Kukar. Tidak hanya di Muara Badak, namun juga di wilayah kecamatan lain.


"Hingga akhir 2008, ada 13 desa yang ditargetkan menjadi Desa Siaga. Namun Kecamatan yang paling siap dalam program Desa Siaga di wilayah Kukar adalah kecamatan Muara Badak. Hal ini tak lepas dari peran serta VICO Indonesia yang begitu peduli terhadap upaya peningkatan derajat kesehatan di wilayah operasinya," demikian kata Emmy.


Kegiatan pelatihan Kader Desa Siaga ini dihadiri pula oleh para bidan desa dan anggota PKK yang ada di Muara Badak. Tampil sebagai pemateri antara lain dr Emmy Dasimah dengan materi Kebijakan Pemerintah Tentang Desa Siaga, kemudian Kasi Promkes Dinkes Kukar Adelina batara SKM MKes tentang Program Desa Siaga, Kasi Gizi Dinkes Kukar Aminah Toha SKM MKes tentang Kesehatan Keluarga dan Kasi Kesga Dinkes Kukar Winarti SST dengan materi mengenai Desa Siaga.


Guna memotivasi para kader dalam menyukseskan program Desa Siaga, masing-masing kader diberi kostum dan topi yang merupakan bantuan dari VICO Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, VICO Indonesia juga menyerahkan bantuan berupa bubuk Abate untuk selanjutanya dibagikan kepada warga sebagai upaya mencegah merebaknya kasus demam berdarah. (bas)


Suasana pembukaan Pelatihan Kader Desa Siaga di BPU Muara Badak Ulu, Senin (19/11) lalu
Photo: VICO Indonesia/Bastian

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com