Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Tingkatkan Potensi Ekonomi, Kukar Gandeng Unibraw

Dekan Fakultas Peternakan Unibraw Prof Hartuti bersama Plt Bupati Kukar Samsuri Aspar menandatangani  kesapakatan kerjasama antara kedua belah pihak
Dekan Fakultas Peternakan Unibraw Prof Hartuti bersama Plt Bupati Kukar Samsuri Aspar menandatangani kesapakatan kerjasama antara kedua belah pihak
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 20/11/2007 09:38 WITA
Guna meningkatkan dan mengembangkan potensi ekonomi yang ada di daerah ini, Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) menggandeng Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang untuk melakukan kerjasama di sejumlah bidang.


Menandai dimulainya kerjasama antara kedua pihak, Senin (19/11) kemarin dilakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemkab Kukar dengan Unibraw tentang Peningkatan Pengembangan Potensi Ekonomi di Kukar.


Penandanganan Kesepakatan Bersama tersebut kemarin siang dilakukan Plt Bupati Kukar H Samsuri Aspar dengan Rektor Unibraw yang diwakili Dekan Fakultas Peternakan Unibraw Prof Hartuti bertempat di Pendopo Wabup Kukar, Tenggarong.


Dan sebagai langkah awal, kerjasama antara kedua pihak akan dilaksanakan pada upaya pengembangan sektor peternakan, khususnya pengembangbiakan Sapi Bali dan Kambing Broer.


Plt Bupati Kukar Samsuri Aspar dalam sambutannya menyambut baik kerjasama yang dijalin antara Pemkab Kukar dengan Unibraw Malang guna meningkatkan potensi ekonomi di daerah ini.


"Kita akui potensi sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui memang sangat signifikan, sehingga APBD kita sangat besar untuk membiayai pembangunan. Namun kita jangan terpaku pada SDA yang kelak akan habis," ujarnya.



Plt Bupati Kukar berharap kerjasama dapat berlanjut di semua bidang
Photo: Agri

Oleh karena itu, lanjutnya, Pemkab Kukar melalui Gerbang Dayaku terus memacu pengembangan sumber daya yang dapat diperbaharui seperti pengembangan pertanian dalam arti luas, pariwisata dan peningkatan kualitas SDM.


Samsuri kemudian berharap agar kerjasama tersebut benar-benar dilaksanakan oleh Unibraw dengan instansi terkait. "Jangan hanya sekedar MOU (Memorandum of Understanding-red) tapi ternyata tidak ada tindak lanjut. Jadi saya minta dinas terkait untuk menindaklanjuti kerjasama ini," kata Samsuri.


Sementara dikatakan Dekan Fakultas Peternakan Unibraw Prof Hartuti, kerjasama dengan Pemkab Kukar sejalan dengan tugas perguruan tinggi yang disebut Tri Dharma yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.


Dia berharap kerjasama antara kedua pihak terus berlanjut dan tidak hanya dilakukan di sektor peternakan semata, namun juga di sektor-sektor lain. "Karena Unibraw sendiri memiliki 10 fakultas, sehingga masih banyak kerjasama berbagai bidang yang dapat dilakukan," katanya.


Sebagai tindak lanjut kerjasama tersebut, lanjut Hartuti, pihaknya akan segera melakukan program-program riil sesuai dengan kebutuhan, khususnya pada pengembangan sektor peternakan.


"Apalagi Unibraw merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang dipercaya Kementerian Riset dan Teknologi untuk pembibitan dan pengembangan Sapi Bali dan Kambing Broer yang dilakukan di daerah Malang dan Pasuruan," ujarnya.


Penandatanganan kerjasama antara kedua pihak kemarin siang disaksikan pula oleh para pejabat Muspikab Kukar, kepala dinas/instansi, serta undangan lainnya. Acara diakhiri dengan presentasi mengenai potensi pengembangbiakan kambing Broer yang berasal dari Afrika Selatan. (win)


Presentasi mengenai potensi Kambing Broer oleh tim Fakultas Peternakan Unibraw
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com