Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Warga 5 Kecamatan Desak Pembentukan Kutai Pesisir

Suasana pertemuan masyarakat 5 kecamatan wilayah pesisir Kukar dengan pihak legislatif dan eksekutif di Ruang Sidang Utama DPRD Kukar
Suasana pertemuan masyarakat 5 kecamatan wilayah pesisir Kukar dengan pihak legislatif dan eksekutif di Ruang Sidang Utama DPRD Kukar
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 09/11/2007 22:35 WITA
Sejumlah tokoh bersama ratusan warga dari 5 Kecamatan di wilayah pesisir Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu (07/11) lalu berbondong-bondong datang ke kota Tenggarong guna menyampaikan aspirasi mereka dalam rangka pembentukan Kabupaten Kutai Pesisir.


Rombongan warga wilayah pesisir yang dipimpin Heri Fahlevi tersebut berasal dari Kecamatan Muara Jawa, Samboja, Anggana, Sanga-Sanga dan Loa Janan.


Kehadiran mereka diterima Wakil Ketua DPRD Hj Joice Lidya bersama sejumlah anggota dewan lainnya di Ruang Sidang Utama DPRD Kukar. Dari pihak eksekutif sendiri diwakili langsung oleh Sekkab HM Husni Thamrin bersama beberapa pejabat lainnya.


"Kedatangan kami ke Tenggarong adalah untuk menyampaikan aspirasi masyarakat dari 5 kecamatan wilayah pesisir agar pihak legislatif dan eksekutif merealisaikan pembentukan Kabupaten Kutai Pesisir," ujar Heri.


Heri juga mempersilakan 5 perwakilan masing-masing kecamatan untuk menyampaikan opininya. Hasanuddin dari Kecamatan Samboja yang diberi kesempatan pertama menyatakan, keinginan untuk membentuk kabupaten baru adalah murni aspirasi masyarakat sendiri. "Tidak ada iming-iming dari pihak-pihak tertentu," ujar Hasanuddin yang juga Ketua AMPG Samboja ini.



Perwakilan masayrakat Sanga-Sanga, Asmuransyah, menegaskan pembentukan Kutai Pesisir akan terus diperjuangkan dengan cara yang santun
Photo: Agri

Ditambahkan Ketua KKSS Kecamatan Muara Jawa, Nasruddin, pemekaran Kukar menjadi Kabupaten Kutai Pesisir sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi. "Karena secara fisik wilayah pesisir sangat siap menjadi kabupaten yang mandiri," tandasnya.


Sementara Kecamatan Sanga-Sanga yang diwakili H Asmuransyah berharap agar DPRD dan Pemkab Kukar dapat memberikan restu terhadap wacana pembentukan Kutai Pesisir.


Menurutnya, pembentukan Kutai Pesisir akan terus diperjuangkan. "Tentunya dengan cara yang santun, proporsional dan menghindari sikap-sikap arogansi," tegas tokoh yang sudah sepuh ini.


Sementara Said Andi Hamsyah dari Loa Janan mengatakan, sudah saatnya Kabupaten Kutai Pesisir diwujudkan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. "Karena semakin berkembangnya wilayah ini, sehingga kabupaten induk semakin kewalahan melayani masyarakat. Apalagi letak ibu kota Kukar yang jauh dijangkau masyarakat pesisir," ujarnya.


Sedangkan Aris dari Kecamatan Anggana hanya berkomentar singkat yakni menuntut DPRD Kukar untuk segera membentuk panitia khusus (Pansus) yang membahas pembentukan Kutai Pesisir.



Wakil Ketua DPRD Hj Joice Lidya berharap warga tetap menjaga situasi kondusif jika ingin memperjuangkan terwujudnya Kutai Pesisir
Photo: Agri

Menurutnya, beberapa hal yang telah disampaikan rekan-rekannya tersebut harus disikapi dengan arif dan bijaksana sehingga ke depan pembentukan Kutai Pantai dapat berjalan sesuai dengan rencana.


Menanggapi aspirasi warga dari lima kecamatan itu, hampir seluruh anggota dewan menyambut baik aspirasi yang disampaikan warga. Seperti disampaikan Anggota DPRD dari Fraksi Amanat Keadilan Rakyat (AKR), Marwan. Dirinya setuju untuk menindaklanjuti aspirasi masyarakat wilayah pesisir tersebut secara rasional sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.


Begitu pula Anggota DPRD Marten Apuy dari Fraksi PDIP. "Setelah membaca kajian tentang Kutai Pesisir, saya tertarik dan menyetujui rencana ini. "DPRD harus berkoordinasi dengan Pemkab Kukar untuk mengkaji lebih dalam wacana ini," katanya.


Sementara Sekkab HM Husni Thamrin yang dipersilakan Wakil Ketua DPRD Hj Joice Lidya untuk menyampaikan komentarnya berpendapat, pihaknya akan menampung aspirasi masyarakat tersebut dan meminta DPRD Kukar untuk menindaklanjutinya. "Karena ada aturan main dalam UU No 32/2004 yang mesti dilewati," ujarnya singkat.


Wakil Ketua DPRD Hj Joice Lidya yang memimpin pertemuan tersebut berpesan kepada warga di wilayah pesisir untuk tetap menjaga kondusifitas wilayah di wilayah mereka. "Kondusifnya wilayah ini akan sangat menentukan terwujudnya Kutai Pesisir," katanya. (win/joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
Persipura Incar Poin Penuh, Mitra Kukar Tak Gentar
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com