Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

DPRD Kukar Hearing Dengan PLN

Suasana rapat dengar pendapat antara DPRD Kukar dengan PLN yang dihadiri dinas/instansi terkait serta perwakilan pengunjukrasa
Suasana rapat dengar pendapat antara DPRD Kukar dengan PLN yang dihadiri dinas/instansi terkait serta perwakilan pengunjukrasa
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 01/11/2007 21:55 WITA
Sorotan terhadap kinerja Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang belakangan kerap melakukan pemadaman listrik mendominasi acara hearing atau rapat dengar pendapat antara DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) dengan PLN dan PDAM Tirta Mahakam tadi siang.


Dalam hearing yang dipimpin Wakil Ketua Komisi III DPRD Kukar HM Irkham tersebut, baik anggota dewan, pejabat Pemkab Kukar, aktivis mahasiswa maupun perwakilan masyarakat, silih berganti menyampaikan keluh kesah dan saran untuk mengatasi permasalahan kelistrikan di Kukar yang sering byar-pet.


Pihak PLN yang diwakili Kepala PLN Ranting Tenggarong Budiyana serta Asisten Manajer Komersial & Pemasaran PLN Cabang Samarinda Soewarto pun secara bergantian memberikan penjelasan dan pengertian kepada semua pihak seputar permasalahan yang dihadapi PLN sendiri.


Diakui pimpinan PLN Tenggarong, Budiyana, pasokan listrik untuk Sektor Mahakam yang terdiri dari wilayah Kukar, Samarinda dan Balikpapan, saat ini masih mengalami keterbatasan yakni hanya mampu memproduksi listrik sebesar 165 Mega Watt (MW). "Sedang beban puncak dari ketiga wilayah tesebut mencapai 195 MW, sehingga ada defisit sebesar 30 MW," ujarnya.


Lantaran kekurangan daya itulah, lanjut Budiyana, PLN akhirnya mengambil kebijakan untuk memadamkan listrik secara bergiliran di wilayah Kukar, Samarinda dan Balikpapan.



Kepala PT PLN Ranting Tenggarong, Budiyana, saat memberikan penjelasan mengenai permasalahan kelistrikan yang dihadapi PLN
Photo: Agri

Dan terkait aspirasi masyarakat yang memprotes pemadaman listrik tersebut, PLN kemudian mencoba mencari solusi lain. Akhirnya PLN mengambil kebijakan lagi untuk tidak melakukan pemadaman listrik rumah tangga sejak 30 Oktober lalu.


Sebagai gantinya, PLN melakukan pemadaman terhadap lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di ketiga wilayah yang masuk dalam PLN Sektor Mahakam. "Sehingga mohon maaf jika jalan-jalan di kota Tenggarong jadi gelap gulita," katanya.


Menurut Budiyana, PLN juga telah menyurati dinas/instansi pemerintahan maupun institusi swasta untuk melakukan penghematan dengan cara memadamkan lampu penerang baliho atau reklame.


Sementara ditambahkan Soewardi dari PLN Cabang Samarinda, selain mengalami defisit daya, juga terdapat kendala lain yang dihadapi PLN yang menyebabkan padamnya aliran listrik, seperti faktor alam dan masalah teknis lainnya.


Menurut Soewardi, kebijakan penghematan penggunaan listrik ini dibarengi pula dengan upaya untuk menambah pembangkit listrik baru yang salah satunya adalah bekerjasama dengan Perusda Kaltim. Pembangkit baru berkapasitas 2x25 MW itu akan beroperasi pada tahun 2008. "Jadi kami minta kepada masyarakat untuk dapat memaklumi dan bersabar. Insya Allah permasalahan listrik dapat teratasi pada tahun 2008," imbuhnya.


Dalam hearing tersebut sempat terjadi diskusi hangat mengenai ide untuk membangun sendiri sebuah pembangkit listrik di Kukar dengan memanfaatkan sumber daya alam melimpah di daerah ini seperti batubara.


Namun yang menjadi masalah adalah belum adanya payung hukum yang jelas soal investasi di bidang energi, masalah interkoneksi listrik di Kaltim, hingga masalah bersedia atau tidaknya PLN terhadap rencana itu. (win)




Berita Terkait:
Gelar Aksi Damai di DPRD Kukar: Pengunjukrasa Sampaikan Rekomendasi Persoalan Kelistrikan (01/11/2007)

PLN Hentikan Pemadaman Listrik Rumah Tangga (31/10/2007)

Mahasiswa dan Warga Kembali Demo PLN (29/10/2007)


 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Seminggu Menghilang, Warga Sanga-Sanga Ini Ditemukan Mengambang di Sungai
PMII Kukar Gelar Pelatihan Kader Dasar se-Kaltim
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Kuras ATM Puluhan Juta Rupiah, Pelaku Hipnotis Dibekuk Petugas Polres Kukar
Barang Bukti Narkoba, Sajam, Senpi Hingga Uang Palsu Dimusnahkan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Bawakan 8 Lagu, Via Vallen Sukses Goyang Tenggarong
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
 
Lepas Jorge Gotor, Mitra Kukar Rekrut Bek Asal Brazil
KFL-Liga 2 2017, Perebutan Zona 4 Besar Makin Sengit
 
Kongres Dunia CIOFF ke-47 di Tenggarong Berakhir Sukses
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
 
Wow! Menangi Kompetisi LINE, Mahasiswa Unmul Asal Tenggarong Ini Dapat Hadiah Jalan-Jalan ke Jepang
Digagas IKA SMANSA Tenggarong, Guru dan Karyawan SMAN 1 Tenggarong Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com