Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Asyiknya Menjelajahi Dunia Maya

Suasana Workshop Pengenalan Internet yang berlangsung selama 2 pekan di Kancatel TenggarongSuasana Workshop Pengenalan Internet yang berlangsung selama 2 pekan di Kancatel Tenggarong
Photo: Agri


Salah seorang guru TK ABA Tenggarong asyik menyimak informasi yang ditampilkan KutaiKartanegara.com
Salah seorang guru TK ABA Tenggarong asyik menyimak informasi yang ditampilkan KutaiKartanegara.com
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 03/10/2007 21:00 WITA
Banyak manfaat dan kemudahan yang diperoleh melalui internet. Tidak hanya kemudahan dalam mendapatkan informasi, namun juga untuk hiburan, berkomunikasi, berbelanja hingga melakukan transaksi perbankan.

Dalam Workshop Pengenalan Internet yang digelar selama 2 pekan di ruang rapat PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Kantor Cabang Tenggarong, semua manfaat dan kemudahaan melalui penggunaan internet ini disajikan di hadapan warga Tenggarong, mulai dari kalangan santri hingga anak yatim, pelajar hingga pegawai, guru TK maupun guru SLTA.

"Itulah sebabnya mengapa muncul istilah cyberspace atau dunia maya. Karena sama seperti di dunia nyata, apapun bisa kita lakukan lewat internet. Cuma bedanya, semua itu kita lakukan hanya di depan komputer," ujar reporter KutaiKartanegara.com, Nopianda, yang menjadi pemateri workshop ini.


Yanda saat membimbing peserta untuk melakukan pendaftaran di salah satu layanan e-mail gratis
Photo: Agri

Ditambahkan pria yang akrab disapa Yanda ini, seiring dengan pesatnya teknologi internet, banyak perusahaan dari berbagai bidang melirik internet untuk mengembangkan bisnisnya yang pada akhirnya semakin memudahkan masyarakat.

"Kita sekarang bisa beli barang atau pesan tiket pesawat lewat internet. Bayarnya juga bisa lewat internet, karena banyak bank yang telah menyediakan layanan internet banking bagi nasabahnya," ujar Yanda sambil mempraktekkan cara pemesanan tiket pesawat di salah satu maskapai penerbangan nasional.

"Jika anda menjadi nasabah bank-bank terkemuka, kita bisa manfaatkan layanan internet banking untuk melakukan berbagai transaksi. Misalnya bayar tagihan telepon, ponsel, kirim uang, bahkan beli voucher isi ulang untuk kartu pra bayar. Semua bisa dilakukan di depan komputer, tanpa perlu keluar rumah, dalam waktu 24 jam," jelasnya.

Sejumlah peserta workshop yang rata-rata baru pertama kali menjajal internet, tampak takjub melihat apa saja yang bisa diperoleh melalui internet, terutama untuk melakukan berbagai transaksi. "Wah, ternyata asyik juga ya?! Semua jadi begitu gampang dengan internet," ujar Siti Afshohah, salah seorang guru TK ABA Tenggarong.


Deputy GM PT Telkom Kaltim Tengah, Rinaldi, hadir memberi kejutan dengan menghadiahi uang tunai Rp 100 ribu bagi peserta yang memberikan jawaban terbaik mengenai manfaat internet
Photo: Agri

Lain lagi tanggapan staf Sub Bagian Pemberitaan Bagian Humas & Protokol Pemkab Kukar, Dayang Ifdhali. Menurutnya, selama ini dirinya hanya mendengar sebutan internet, akan tetapi tidak tahu untuk apa internet itu.

"Dengan adanya pelatihan ini, kita jadi tahu betapa banyaknya kegunaan internet. Selain bisa berkomunikasi melalui internet, kita juga bisa mengetahui tentang dunia, belanja dan berbagai macam kemudahan lainnya yang luar biasa," ujarnya.

Sementara menurut siswi SMAN 3 Tenggarong, Eka Padmawati, pengetahuannya jadi bertambah banyak setelah mengikuti Workshop Pengenalan Internet yang digelar PT Telkom Kancatel Tenggarong bekerjasama dengan situs KutaiKartanegara.com.

"Sebelumnya kami hanya pernah diajari cara membuat dan berkirim e-mail. Setelah ikut pelatihan ini, ternyata masih banyak lagi yang bisa kita lakukan lewat internet," ujar Eka.


Guru dan murid SMKN 1 Tenggarong tampak asyik melakukan chatting
Photo: Agri
Sekedar informasi, Workshop Pengenalan Internet yang digelar di Kancatel Tenggarong ini berlangsung selama 2 pekan, mulai 20 September hingga 4 Oktober.

Para peserta workshop ini di antaranya adalah anak-anak Panti Sosial Tenggarong, pelajar SMPN 2 Tenggarong, SMKN 1 Tenggarong, santri Ponpes Ribathul Khail Tenggarong, para guru TK ABA Tenggarong, dosen Unikarta Tenggarong hingga para pegawai Pemkab Kukar seperti dari Dinas Peternakan, Disperindagkop, dan Sekretariat DPRD Kukar.

"Kegiatan pelatihan ini merupakan sumbangsih PT Telkom Kancatel Tenggarong untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Kukar di bidang teknologi informasi. Alhamdulillah kegiatan ini ternyata mendapat respon yang luar biasa dari warga Tenggarong," ujar Kepala Kancatel Tenggarong, Zulpan Wardhana.

Menurut Zulpan, kegiatan ini juga merupakan upaya dari PT Telkom untuk mejadi pusat pembelajaran di Tenggarong. "Kegiatan seperti ini akan terus berlanjut di masa mendatang. Jadi bagi masyarakat Tenggarong yang belum mendapat kesempatan ikut pelatihan internet gratis, insya Allah masih bisa mendapatkannya di lain waktu," katanya. (win)


Kepala Kancatel Tenggarong Zulpan Wardhana (kedua dari kanan) menyatakan kegiatan pelatihan ini merupakan sumbangsih PT Telkom untuk meningkatkan kualitas SDM di Kukar dalam pemanfaatan teknologi informasi
Photo: Agri


Berita Terkait:
Diikuti Pelajar, Pegawai Hingga Anak Yatim: Mengisi Ramadhan Lewat Pelatihan Internet (25/09/2007)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com