Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Diikuti Pelajar, Pegawai Hingga Anak Yatim
Mengisi Ramadhan Lewat Pelatihan Internet

Kepala Kancatel Tenggarong Zulpan Wardhana saat membuka kegiatan pelatihan pengenalan internet, Kamis (20/09) laluKepala Kancatel Tenggarong Zulpan Wardhana saat membuka kegiatan pelatihan pengenalan internet, Kamis (20/09) lalu
Photo: Yanda


Mengisi waktu berbuka puasa menjadi lebih asyik dengan menjelajahi dunia maya. Waktu 3 jam pun masih terasa kurang bagi pelajar SMAN 2 Tenggarong ini
Mengisi waktu berbuka puasa menjadi lebih asyik dengan menjelajahi dunia maya. Waktu 3 jam pun masih terasa kurang bagi pelajar SMAN 2 Tenggarong ini
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com - 25/09/2007 05:32 WITA
Sebagai bentuk kepedulian terhadap upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang teknologi informasi, PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Kantor Cabang Tenggarong bekerjasama dengan KutaiKartanegara.com menggelar Workshop Pengenalan Internet yang digelar selama 2 pekan di bulan Ramadhan.


Workshop Pengenalan Internet yang digelar di Kantor Cabang PT Telkom (Kancatel) Tenggarong ini dimulakan sejak Kamis (20/09) lalu dan akan berlangsung hingga 4 Oktober mendatang.


Sasaran pelatihan pengenalan internet yang diberikan secara cuma-cuma ini tidak hanya ditujukan bagi para pelajar SLTA saja. Namun juga bagi kalangan pegawai di lingkungan Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar), santri Pondok Pesantren hingga anak yatim piatu.


"Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat Tenggarong semakin memahami manfaat dan kemudahan yang diperoleh melalui internet," ujar Kepala Kancatel Tenggarong, Zulpan Wardhana SE.



Kepala Kancatel Tenggarong Zulpan Wardhana (kanan) ikut mendampingi peserta dari Dinas Peternakan Kukar
Photo: Agri

Ditambahkan Zulpan, kegiatan pelatihan ini digelar dalam rangka mengisi bulan Ramadhan dengan berbagi ilmu pengetahuan sekaligus dalam rangka memeriahkan hari jadi PT Telkom ke-63 yang jatuh pada 27 September mendatang.


"Pelatihan ini juga merupakan bentuk sumbangsih PT Telkom bagi peningkatan kualitas SDM di Kukar. Jadi, kita tidak semata-mata memberikan pelayanan di bidang telekomunikasi, namun juga ingin menjadi pusat pembelajaran bagi masyarakat," imbuhnya.


Workshop Pengenalan Internet ini setiap harinya, kecuali Minggu, dibagi dalam 2 sesi yang masing-masing berdurasi sekitar 3 jam. Peserta yang setiap sesinya berjumlah 10 orang begitu antusias menyimak materi pelatihan yang disampaikan fasilitator dari KutaiKartanegara.com dan PT Telkom.


Apalagi dalam pelatihan ini masing-masing peserta mendapat kesempatan untuk menjelajahi dunia maya dengan dukungan akses internet cepat Speedy. Begitu asyiknya 'jalan-jalan' di dunia maya, berkirim e-mail, hingga chatting, jatah durasi 3 jam pun terasa masih kurang bagi peserta.



Untuk setiap sesi, pelatihan diberikan untuk 10 orang peserta karena kapasitas ruang hanya mampu menampung 10 unit komputer/notebook
Photo: Agri

Lantaran peserta yang beragam, mulai dari pelajar, guru, pegawai hingga anak yatim, materi pelatihan yang disampaikan akhirnya dibuat fleksibel dan disesuaikan dengan kemampuan para peserta. Seperti kepada peserta dari Panti Asuhan Darul Fikri Tenggarong Seberang yang belum pernah menggunakan komputer, mereka pun diberi pengetahuan tentang pemanfaatan komputer.


Begitu pula khusus pelajar SMAN 3 Unggulan Tenggarong yang rata-rata sudah familiar dengan dunia maya, mereka pun diberi materi mengenai dasar-dasar pembuatan situs hingga cara memperoleh situs gratisan.


"Kegiatan ini sangat menarik diikuti untuk menambah pengetahuan. Saya sangat bangga dan senang karena dapat menelusuri dan mengetahui secara detail bagaimana cara menggunakan internet," kata Sri Rahayu Ramadhani, siswi kelas 2 IPA 1 SMAN 2 Tenggarong.


Sementara dikatakan salah seorang pelajar SMAN 3 Unggulan Tenggarong, Eka Padmawati, pengetahuannya jadi bertambah setelah mengikuti pelatihan ini. Menurut Eka, mereka sebelumnya sudah pernah dilatih membuat dan berkirim e-mail. "Ternyata banyak yang bisa kita peroleh lewat internet, termasuk membuat situs. Saya harap kegiatan seperti ini sering diadakan mengingat pengetahuan TI yang berkembang pesat," ujarnya. (win/nop)


Anak-anak Panti Asuhan Darul Fikri Tenggarong Seberang tampak asyik mengikuti materi pengenalan komputer yang dibimbing staf PT Telkom Kancatel Tenggarong
Photo: Yanda



Baca Juga:
Asyiknya Menjelajahi Dunia Maya (03/10/2007)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com