Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pengembangan e-Government di Kukar
Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu Siap Diterapkan

Asisten I H Adji Ridwan Sya'ranie menyaksikan situasi seluruh ibu kota kecamatan melalui monitor
Asisten I H Adji Ridwan Sya'ranie menyaksikan situasi seluruh ibu kota kecamatan melalui monitor
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 10/09/2007 23:46 WITA
Implementasi e-Government atau pemerintahan elektronik di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang dikelola Kantor Pusat Data Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (Pusdatinkom) Kukar, hingga saat ini tetap berjalan dengan baik dan terus dikembangkan.


Dengan membangun 20 buah menara di 18 kecamatan yang didukung perangkat Radio Link berteknologi WIMAX, jaringan komunikasi dan data di seluruh wilayah kecamatan di Kukar dapat terhubung.


Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Pusdatinkom Kukar, Hifsi G Fachrannas ST MSi, saat memberikan laporannya pada acara peresmian Infrastruktur e-Government dan Telekomunikasi Daerah (Telkomda) di Tenggarong, Senin (10/09) pagi.


"Hingga saat ini 17 kecamatan telah terhubung. Kecuali Kecamatan Tabang yang masih dalam tahap penyelesaian lantaran ada kendala teknis terkait pemindahan lokasi menara yang semula berada di Desa Ritan Lama ke Desa Buluk Sen. Diharapkan selesai pada akhir bulan ini sudah berjalan baik," ujarnya.



Kepala Kantor Pusdatinkom Kukar Hifsi G Fachrannas (kanan) memberikan penjelasan kepada Asisten I HA Ridwan Sya'ranie dan Heru Suprayitno dari Depkominfo RI di ruang server jaringan internet
Photo: Agri

Dengan adanya dukungan infrastruktur tersebut, lanjut Hifsi, Pemkab Kukar dapat memantau langsung setiap wilayah kecamatan dengan menggunakan perangkat Security Camera berbasis IP, serta IP Broadband Videophone, hingga jaringan komputer lokal setiap kecamatan yang terhubung ke ibu kota Kabupaten.


"Melalui pemanfaatan sistem e-Government ini diharapkan dapat menunjang efisiensi pengelolaan prosedur pelayanan dan kinerja pemerintah secara terintegrasi. Selain itu e-Government juga berfungsi sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi publik dan berbagai pihak yang terkait. Dengan dukungan koneksi internet, sistem ini dapat diakses dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja," jelasnya.


Kemudian, salah satu implementasi e-Government lainnya yang telah berjalan adalah hadirnya situs portal Pemkab Kukar yang beralamat di www.kutaikartanegarakab.go.id. Situs ini menggantikan situs lama www.kutaikartanegara.go.id sesuai ketentuan baru penggunaan domain situs web pemerintah daerah yang diatur Kementerian Negara Komunikasi dan Informasi RI.


"Situs ini merupakan portal publik yang menjelaskan tentang profil, data, berita dan informasi yang berhubungan dengan pemerintahan. Ke depan situs ini akan terus dikembangkan untuk mendukung Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau yang dulunya disebut Sistem Informasi Manajemen Satu Atap (SIMTAP)," kata Hifsi.



Gedung Kantor Pusdatinkom yang baru. Di gedung inilah implementasi e-Government dan Telkomda di Kukar dilaksanakan
Photo: Agri

Lebih lanjut dikatakan Hifsi, implementasi Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu diharapkan sudah dapat berjalan pada akhir tahun 2007,sambil menunggu diterbitkannya perangkat peraturan perundang-undangan yang mengatur pelaksanaan sistem tersebut.


"Dengan diterapkannya Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu ini, diharapkan akan meningkatan kualitas pelayanan publik yang pada akhirnya nanti akan meningkatkan iklim investasi yang sehat di Kukar," paparnya.


Peresmian Infrastruktur e-Government dan Telkomda Kukar tadi pagi dilakukan oleh Asisten I Pemkab Kukar H Adji Ridwan Sya'ranie BA mewakili Wabup H Samsuri Aspar, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti disaksikan Kasubdit Pelayanan Umum & Pemerintahan Depkominfo RI, Heru Suprayitno.


Asisten I HA Ridwan Sya'ranie dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Kukar bangga atas terbangunnya infrastruktur e-government dan Telkomda yang manfaatnya akan dirasakan oleh penyelenggara pemerintah maupun masyarakat pada umumnya.


"Dengan telah dibangunnya infrastruktur ini, diharapkan dapat menjadi penunjang percepatan pembangunan di Kukar khususnya di wilayah kecamatan. Sehingga akan memberikan dampak secara menyeluruh dalam mendukung percepatan pembangunan di wilayah pedesaan, sesuai dengan grand strategy pembangunan Pemkab Kukar melalui Gerbang Dayaku," demikian katanya. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Belum Punya E-mail @kutaikartanegara.com?
Daftar Sekarang Juga!
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tubuh Diikat Batako, Kakek 70 Tahun Nekat Terjun ke Sungai Belayan
Gelar Razia di Sekolah, Polisi Periksa Tas dan Ponsel Siswa
 
Rita Tetap Pertahankan Pembayaran TPP, Ini Alasannya
Marli Resmi Jadi Sekkab Kukar Definitif
 
Penutupan Erau 2016, Adat Mengulur Naga dan Belimbur Jadi Puncak Kemeriahan Erau
Antisipasi Dampak Negatif Internet, Telkomsel Kampanyekan #InternetBAIK
 
Nyabu di Tempat Karaoke, Anggota DPRD Kukar Ini Diamankan Polisi
Pesta Miras Oplosan di Sebulu: Satu Remaja Tewas dan Satu Kritis
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Rayakan Hari Kemerdekaan, Distorsi Garap Etam Fest 3 Kampong Kreatif
Kemal Palevi Sukses Hibur Publik Tenggarong Lewat #Terkemal Stand Up Special Tour
 
Bawa 18 Pemain ke Malang, Mitra Kukar Incar Poin di Gajayana
Yuk, Ikuti Lomba Lari Marathon 10K di Tenggarong
 
Warga Desa Sumber Sari di Loa Kulu Garap Festival Kampong Tani
Jadi Warisan Budaya Indonesia: Erau Juga Jadi Festival Budaya Terpopuler 2016
 
Peduli Gerakan Pramuka, Rita Terima Satya Lencana Melati Dari Presiden
Rayakan Kelulusan, Siswa SLTA di Tenggarong Dilarang Konvoi
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com