Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pentas Seni Budaya KKSS Hibur Warga Tenggarong

Suasana Pentas Seni Budaya KKSS yang digelar di kawasan taman Jembatan Kartanegara, Tenggarong, Jum'at (31/08) malamSuasana Pentas Seni Budaya KKSS yang digelar di kawasan taman Jembatan Kartanegara, Tenggarong, Jum'at (31/08) malam
Photo: Agri


Sajian tari Pa'rinding oleh para gadis etnis Toraja
Sajian tari Pa'rinding oleh para gadis etnis Toraja
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 01/09/2007 19:55 WITA
Bunyi tetabuhan terdengar menghentak mengiringi tarian yang dibawakan sejumlah gadis berbusana adat Toraja. Sementara beberapa pemuda dengan sebuah tameng kecil bergerak dinamis mengikuti irama sambil mengibaskan selembar kain putih.


Sesekali terdengar lengkingan suara para pemuda, memecah keheningan ratusan penonton yang tampak takjub atas tarian masyarakat etnis Toraja yang begitu memikat itu. Beberapa penonton pun menghampiri para penari wanita untuk menyelipkan lembar demi lembar uang kertas di ikat kepala mereka.


Sajian Tari Pa'rinding dan Tari Pa'gellu yang dibawakan sekaligus oleh anggota Ikatan Keluarga Toraja Kutai Kartanegara (Kukar) itu merupakan bagian dari Pentas Seni Budaya dan Panggung Hiburan Rakyat persembahan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kukar, Jum'at (31/08) malam.



Bocah TK Anggrek Loa Janan tak ketinggalan unjuk kebolehan membawakan sebuah tarian
Photo: Agri

Beberapa paguyuban etnis asal Sulawesi Selatan (Sulsel) yang bermukim di Kukar pun tak ketinggalan untuk menyuguhkan tari-tarian tradisional ke hadapan ratusan warga dan undangan yang memadati taman Jembatan Kartanegara, Tenggarong.


Ada Tari Sulawesi yang dibawakan oleh anak-anak TK Anggrek Kecamatan Loa Janan, hingga Tari Pa'dolangang sekaligus ikrar Satria Tanah Gowa dan pembacaan puisi yang dipersembahkan siswa-siswi SMK Pertambangan Tenggarong.


Kemudian ada pula Tari Patenung oleh remaja putri dari Badan Pengurus Ranting (BPR) KKSS Loa Janan, serta Tari Tulolonna yang dibawakan para remaja Kerukunan Keluarga Besa Makassar (KKBM) Desa Purwajaya, Kecamatan Loa Janan.


Tidak hanya tarian tradisional yang disuguhkan. Masyarakat Tenggarong juga dihibur dengan nyanyian lagu-lagu daerah dan lagu nasional yang dibawakan oleh anak-anak Kelurahan Jahab, Kecamatan Tenggarong, yang diiringi kolaborasi musik etnik dan modern.



Pembacaan ikrar Satria Tanah Gowa yang dibawakan siswa SMK Pertambangan Tenggarong
Photo: Agri

"Melalui acara ini, mudah-mudahan dapat menciptakan semangat kebersamaan dan rasa persaudaraan di antara masyarakat Kukar, sehingga terhindar dari pergesekan dan konflik yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan yang telah terbina dengan baik," ujar Bupati H Syaukani HR dalam amanat tertulis yang disampaikan Kepala Dikluspora Kukar, H Ifni Djuraidi.


"Oleh karenanya, jagalah persatuan dan kesatuan yang dilandasi oleh toleransi dan rasa persaudaraan yang tidak membeda-bedakan suku bangsa, adat, ras dan agama. Hal ini penting, agar keberhasilan pembangunan yang sudah kita capai dapat terus dipelihara dan ditingkatkan," demikian pesannya.


Sementara dikatakan Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) KKSS Kukar, Drs H Pandi SH MH, acara Pentas Seni Budaya dan Panggung Hiburan Rakyat ini digelar dalam rangka untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-62. "Juga untuk meningkatkan tali silaturahmi antar sesama warga asal Sulsel maupun dengan seluruh komponen masyarakat yang ada di Kukar," ujarnya.


Dalam acara itu juga dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang berbagai lomba dalam rangka HUT Kemerdekaan RI, di antaranya Lomba Domino, Lomba Tarik Tambang Beregu, dan Lomba Tarik Tambang Berpasangan. (win)


Anak-anak Kelurahan Jahab menyanyikan lagu-lagu daerah maupun nasional dengan iringan kolaborasi musit etnik dan modern
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
Persipura Incar Poin Penuh, Mitra Kukar Tak Gentar
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com