Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Hari Bhakti Pemasyarakatan Diperingati Secara Sederhana

Pj Bupati Kukar Hadi Sutanto saat menyalami para napi dan tahanan usai memimpin upacara peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-41 di Lapas Tenggarong
Pj Bupati Kukar Hadi Sutanto saat menyalami para napi dan tahanan usai memimpin upacara peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-41 di Lapas Tenggarong
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 27/04/2005 14:55 WITA
Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-41 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dilaksanakan tadi pagi dalam suatu upacara yang dipimpin Penjabat (Pj) Bupati Kukar Drs Hadi Sutanto yang berlangsung di halaman dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-B, Kelurahan Loa Ipuh, Tenggarong, dengan peserta upacara para narapidana maupun tahanan, staf dan Polsus Lapas serta anggota Dharma Wanita Lapas Tenggarong.

Upacara yang berlangsung tertib, lancar dan penuh kesederhanaan ini dihadiri Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi BcHK, Kapolres AKBP Drs Supriyanto, Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf Dwi Lestiyono SIP, Kajari Tenggarong Timbul Manullang SH, Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong Dada Tuwa Tobu SH dan Kepala Lapas Drs H Aboe Asfari Z Bc IP.

Menteri Hukum dan HAM RI Hamid Awaluddin dalam sambutan tertulis yang dibacakan pembina upacara Drs Hadi Sutanto mengatakan, Lapas adalah institusi terhilir (terakhir-red) dari penegakkan hukum atau tempat segenap rangkaian upaya pembangunan hukum di negeri ini berujung. Tugas Lapas, tambah Menteri, tidak sesederhana itu. Kegiatan didalam Lapas bukan sekadar tugas menghukum atau menjaga para napi/tahanan agar tetap di dalam penjara, akan tetapi di Lapas ada proses yang berlangsung manusiawi, yakni upaya negara melakukan pembinaan atas warganya agar menjadi manusia yang menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana yang pernah dilakukannya.


Para napi dan tahanan Lapas Tenggarong saat mengikuti peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-41
Photo: Joe

Menteri Hukum dan HAM juga mengakui masih banyak kekurangan dalam Lapas di seluruh tanah air. Kondisi ini disebabkan daya tampung Lapas yang sangat tidak memadai ditambah dengan keterbatasan sarana dan jumlah aparat yang juga sangat minim. Di tengah berbagai kekurangan yang dihadapi Lapas, Menteri Hukum dan HAM meminta aparat di jajaran Lapas terus berupaya meningkatkan kualitas diri.

Jajaran Pemasyarakatan dituntut senantiasa melakukan pembaharuan dalam menerapkan strategi pembinaan maupun pengamanan sesuai dengan beragamnya tuntutan tugas. "Dengan momentum Hari Bhakti Pemasyarakatan, saya mengajak semua pihak menjadikan peringatan ini sebagai tonggak terciptanya Lapas semata-mata untuk pembinaan dan menjadi lingkungan yang bebas dari peredaran uang. Adanya peredaran uang di Lapas menurut Menteri Hukum dan HAM telah membawa dampak negatif diantaranya berupa penyogokan, pemerasan, perdagangan narkotika bahkan kerusuhan," demikian amanat Menteri seperti disampaikan Pj Bupati Kukar.

Usai menjadi pembina upacara, Hadi Sutanto diikuti Ketua DPRD H Bahtiar Effendi dan pejabat Muspikab bersilturahmi dengan mendatangi para napi dan tahanan. Di Lapas Kelas II-B Tenggarong saat ini mendekam tidak kurang 541 orang terdiri dari para napi dan tahanan titipan dari Kejaksanaan Negeri Tenggarong, Pengadilan Negeri maupun Polres Kukar. Para Napi dan Tahanan itu selain berasal Kukar sendiri juga ada dari kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur dan Kutai Barat. (joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
Persipura Incar Poin Penuh, Mitra Kukar Tak Gentar
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com