Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Berantas Jentik Nyamuk, Kader Jumantik Muara Badak Aktif Turun ke Lapangan

Dua orang Kader Jumatik tengah memeriksa ada tidaknya jentik di drum milik warga Kampung Sidodadi, Desa Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badak
Dua orang Kader Jumatik tengah memeriksa ada tidaknya jentik di drum milik warga Kampung Sidodadi, Desa Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badak
Photo: VICO Indonesia/Bastian

KutaiKartanegara.com - 27/08/2007 21:49 WITA
Mengantisipasi menjangkitnya Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Kecamatan Muara Badak, pihak Puskesmas Muara Badak mengerahkan para Kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) untuk turun ke lapangan melaksanakan tugasnya dalam memberantas perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti.


Seperti yang dilakukan pada Sabtu (25/08) hingga Minggu (26/08) kemarin, puluhan Kader Jumantik turun untuk membagikan bubuk abate dan memeriksa tempat penampungan air setiap warga di wilayah operasi para kader Jumantik, khususya di Desa Muara Badak Ulu dan Kampung Sidodadi, Desa Tanjung Limau.


Berbekal lampu senter dan bubuk abate, para kader beraksi mendatangi setiap rumah warga. Jika dalam tempat penampungan air ditemukan ada jentik nyamuk, maka segera si empunya rumah diminta untuk menguras tempat penampungan air dan diberikan bubuk abate.


Aksi para kader Jumantik ini selalu dipantau langsung oleh petugas Sanitarian Kesehatan Lingkungan Puskesmas Muara Badak, Suriami AMd Kl. Menurut Ami, hasil survey Angka Bebas Jentik (ABJ) bulan Pebruari 2007 lau mencapai 40,6%. Sedangkan pada bulan Mei telah meningkat menjadi mencapai 55,02%.


"Sementara angka standar ABJ dari Dinas Kesehatan yakni 95%. Insya Allah kami di Muara Badak akan mencapai angka 95%, asal semua pihak dapat bekerjasama dan mau menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat," imbuhnya.



Bak air di salah satu rumah warga Desa Muara Badak Ulu juga menjadi sasaran pengamatan Kader Jumantik
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Ami juga menyarankan kepada warga untuk memelihara ikan cupang di dalam bak penampungan air, karena ikan cupang senang memakan jentik-jentik nyamuk. Namun yang paling utama, lanjut Ami, setiap warga melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk melalui gerakan 3M plus.


Sementara dikatakan pimpinan Puskesmas Muara Badak Ulu, dr H W Nuraida, Muara Badak merupakan daerah endemis DBD. Berdasarkan data yang ada di Puskesmas Muara Badak Ulu sepanjang tahun 2006 ditemukan 38 kasus penderita DBD. "Sedangkan untuk tahun ini, hingga Juli 2007 sudah tercatat 23 kasus DBD," ujarnya.


Melihat kondisi endemis DBD tersebut, lanjut dr Ida, pihaknya melakukan koordinasi lintas sektoral dengan stakeholder di wilayah itu. "Kami menghubungi VICO Indonesia untuk meminta tambahan bubuk Abate. Sementara untuk pelatihan Kader Jumantik, kami minta bantuan kepada pihak Total E&P Indonesie dan telah dilaksanakan akhir Januari lalu," jelasnya.


Dikatakannya, untuk memotivasi para Kader Jumantik dalam melakukan aksinya, pihak perusahaan juga siap membantu dana transportasi sebesar Rp 30 ribu per orang per triwulan yang dibayarkan pada bulan Pebruari, Mei, Agustus dan November.


Ketika ditanya berapa jumlah kader Jumantik yang ada di Muara Badak saat ini, jumlahnya mencapai 210 orang. Terakhir pelaksanaan pelatihan Kader Jumantik digelar 28 Juli 2007 di Desa Gas Alam, Tanjung Limau dan Salo Cella, yang pelaksanaannya difasilitasi VICO Indonesia. (bas)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com