Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Meriah, Panjat Pinang Massal di Tenggarong

Beberapa warga berupaya membantu seorang ibu peserta lomba panjat pinang yang melorot lantaran gagal mengangkat rekannyaBeberapa warga berupaya membantu seorang ibu peserta lomba panjat pinang yang melorot lantaran gagal mengangkat rekannya
Photo: Agri


Lomba panjat pinang secara massal yang menarik perhatian warga Tenggarong dan sekitarnya
Lomba panjat pinang secara massal yang menarik perhatian warga Tenggarong dan sekitarnya
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 23/08/2007 20:50 WITA
Suasana tepian sungai Mahakam di kota Tenggarong tadi sore begitu meriah. Ribuan warga Tenggarong dan sekitarnya tumpah ruah untuk menyaksikan Lomba Panjat Pinang massal dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-62.

Tidak hanya kaum pria yang ikut ambil bagian dalam lomba panjat pinang ini, kaum hawa pun tak mau kalah dalam hal panjat memanjat batang pohon pinang yang licin oleh lumuran oli.

Apalagi beraneka macam hadiah menarik tersedia bagi kelompok yang berhasil merebut amplop/kupon berhadiah atau pun hadiah langsung yang ada di puncak pohon pinang tersebut. Mulai dari uang tunai, pakaian, dispenser, pemasak nasi, pesawat televisi, hingga seekor kambing!

Banyaknya hadiah yang disediakan tak lepas dari banyaknya sponsor, khususnya dinas/instansi Pemkab Kukar, yang berpartisipasi dalam event lomba panjat pinang massal yang baru digelar untuk pertama kalinya di 'Kota Raja' Tenggarong ini.


Tinggal sedikit lagi, para peserta wanita ini dapat meraih amplop-amplop berhadiah menarik yang bergelantungan di puncak batang pohon pinang
Photo: Agri

Tak pelak kegiatan ini menarik minat warga Kutai Kartanegara (Kukar), khususnya dari kota Tenggarong dan desa-desa di sekitarnya, untuk mendaftar sebagai peserta lomba panjat pinang massal itu.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Bupati Kukar H Samsuri Aspar ini dimulakan sekitar pukul 15.00 WITA di bantaran sungai Mahakam di Jl Jenderal Sudirman, depan kantor Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kukar.

Wabup H Samsuri Aspar dan istri beserta pejabat Muspikab Kukar yang menyaksikan jalannya kegiatan ini tak segan-segan bersorak bersama penonton lainnya untuk memberikan dukungan kepada peserta lomba. "Ayo, sedikit lagi! Sedikit lagi!" serunya menyemangati sekelompok ibu-ibu yang bahu-membahu untuk menggapai sejumlah amplop berhadiah yang bergelantungan.

Tak jarang aksi peserta lomba panjat pinang ini --terutama peserta dari kelompok ibu-ibu yang belepotan dengan oli-- membuat pejabat teras di Kukar maupun penonton lainnya tertawa geli. Maklumlah, berkali-kali mereka harus melorot karena licinnya batang pohon pinang dan tak mampu berlama-lama menahan beban rekan-rekannya.

Sekelompok ibu-ibu dari Kelurahan Mangkurawang pun akhirnya menyerah dan hanya duduk-duduk di tanah yang masih becek. Namun lain halnya dengan kelompok ibu-ibu Tanjong, Kelurahan Panji, yang memang cukup tangguh. Setelah sekitar 4 kali mencoba, salah seorang anggota mereka akhirnya berhasil mencapai puncak. Tepuk tangan meriah pun diberikan para penonton yang menyaksikan.


Tingginya animo warga Tenggarong untuk menyaksikan lomba panjat pinang massal, membuat kawasan JL KH Akhmad Muksin sempat macet selama setengah jam
Photo: Agri

Hanya dalam waktu 2 jam, seluruh batang pinang berhadiah yang disediakan pun berhasil 'ditaklukkan' oleh para pemanjat pria maupun wanita. Dalam lomba panjat pinang massal ini, panitia gagal memenuhi target menyediakan 45 batang pohon pinang. Tercatat hanya sekitar 25 batang pinang yang berhasil ditanam, lantaran pihak sponsor kesulitan untuk mencari pohon pinang untuk lomba ini.


Pulang bawa kambing, itulah keberuntungan para pemuda yang datang jauh-jauh dari Desa Loa Pari, Kecamatan Tenggarong Seberang, untuk ikut lomba panjat pinang massal
Photo: Agri

Untuk lomba ini, panitia membagi area lomba panjat pinang menjadi 3 zona yang berada di sepanjang tepian sungai Mahakam. Zona I berada di Jl Jenderal Sudirman, Zona II dan Zona III di Jl KH Akhmad Muksin, masing-masing di depan Bank Syariah Mandiri dan depan BPD Kaltim Cabang Tenggarong.

Sementara Wabup H Samsuri Aspar ketika ditemui di sela-sela acara mengatakan, dibalik lomba panjat pinang ini terkandung makna filosofis bahwa untuk mencapai sesuatu tujuan diperlukan persatuan, kebersamaan dan kekompakan. "Kalau semuanya kerja sendiri-sendiri, mustahil mereka dapat apa yang mereka inginkan," ujarnya.

Ditambahkan Samsuri, kegiatan lomba panjat pinang massal ini juga menjadi ajang untuk meningkatkan tali silaturahmi jajaran Muspikab Kukar dengan warganya. Karena melalui acara itu mereka dapat berbaur dan berbagi kebahagiaan dengan masyarakat.

"Jadi perayaan HUT kemerdekaan ini tidak hanya dinikmati oleh segelintir orang saja, namun juga oleh seluruh komponen masyarakat," kata Wabup Kukar.

Melihat animo masyarakat yang begitu antusias mengikuti lomba panjaty pinang massal, Wabup H Samsuri Aspar berjanji akan lebih meningkatkan kegiatan ini di masa mendatang.

"Mungkin ditambah lomba tarik tambang, balap karung, dan sebagainya. Juga tak menutup kemungkinan kita tingkatkan lagi jumlah batang pinangnya," imbuhnya. (win)


Wabup H Samsuri Aspar dan istri serta Wakil Ketua DPRD HM Yusuf AS mengajak warga foto bersama usai lomba panjat pinang massal
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com