Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Puncak Peringatan Hari Kartini ke-126 di Kukar

Seorang ibu yang tampil dalam Lomba Busana Kartini di Pendopo Odah Etam, Tenggarong
Seorang ibu yang tampil dalam Lomba Busana Kartini di Pendopo Odah Etam, Tenggarong
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 26/04/2005 15:00 WITA
Peringatan Hari Kartini ke-126 tahun 2005 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berlangsung meriah. Berbagai kegiatan mewarnai peringatan tersebut diantaranya Bakti Sosial, berbagai pertandingan olahraga, lomba keterampilan hingga kegiatan seminar sehari tentang penyalahgunaan narkotika.

Sedang puncak peringatan Hari Kartini tingkat Kabupaten Kukar dilaksanakan di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, tadi siang, yang dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Kukar Drs Hadi Sutanto, Ketua DPRD H Bachtiar Effendi, pejabat Muspikab dan kepala Dinas/Instansi Pemkab Kukar serta sejumlah tokoh wanita Kukar lainnya.

Ketua Pelaksana Hari Kartini Kukar Hj Syarifah Noor Aini Rusli mengatakan, kegiatan bakti sosial telah dilakukan dengan memberikan bantuan barupa santunan uang Rp 100 ribu kepada 23 orang anak yatim-piatu dan 23 janda tua. Menurut Hj Sy Noor Aini, semua kegiatan memperingati hari Kartini di Kukar ini dilakukan di Tenggarong dengan dukungan dari 23 organisasi wanita yang ada di Kukar.


Ketua Dewan Penasehat Dharma Wanita Kukar Ny Ninuk Hadi Sutanto menyampaikan sambutannya pada puncak peringatan Hari Kartini ke-126 di Kukar
Photo: Joe

Sementara itu, Ketua Dewan Penasehat Wanita Kukar Ny Ninuk Hadi Sutanto mengatakan, diperingatinya Hari Kartini bukan saja untuk mengenang hari lahirnya pahlawan nasional ibu Kartini namun yang lebih penting adalah untuk meneladani perjuangan Kartini dalam membela kaumnya.

Menurutnya, semangat perjuangan Kartini masih perlu dilanjutkan oleh kaum wanita saat ini karena masih ada di dalam masyarakat yang memandang wanita sebagai objek. "Sebagai wanita kita harus merubah persepsi seperti ini dengan mengambil peran sebagai subjek di tengah masyarakat. Dukungan pemerintah bersama organisasi masyarakat dalam meningkatkan peran dan fungsi wanita sangat diharapkan," demikian katanya.

Sedang Pj Bupati Kukar Hadi Sutanto menekankan perlunya peningkatan aktualisasi peran wanita agar emansipasi dan kesetaraan gender benar-benar terwujud sesuai dengan kodratnya. Hadi Sutanto mengakui peran dan fungsi wanita di era globalisasi semakin dibutuhkan, karena selain memiliki kekuatan dalam hal kasih sayang kepada sesama mahluk juga wanita diciptakan tuhan sebagai penyeimbang dalam membangun sumber daya manusia generasi mendatang.

Puncak peringatan Hari Kartini ditandai dengan pelaksanaan Lomba Busana Kartini yang diikuti 21 peserta dari beberapa organisasi kewanitaan di Kukar. Lomba ini akhirnya dimenangkan Ny Reni Syarifuddin dari Dharma Wanita Kukar sebagai Juara I, sedang juara II Ny Sandra Yusrin juga dari Dharma Wanita Kukar, sementara juara III diraih Ny Julianti dari Persatuan Wanita Kristen Indonesia (PWKI) Cabang kukar. Sedang Juara Harapan masing-masing diraih Ny Irwan dan Ny Yusuf dari Persit Kartika Candra Kirana serta Ny Se’Deng dari PWKI Kukar. (joe)


Sejumlah ibu-ibu dari berbagai organisasi wanita di Kukar bersiap-siap memperagakan busana mereka dihadapan para pejabat dan undangan dalam Lomba Busana Kartini
Photo: Joe

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com