Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Peringatan Hari Kemerdekaan a la Gubang
Gelar Pertunjukan Seni di Jalanan

Atraksi seni di jalanan oleh Gubang Dance Community diakhiri di kawasan Jembatan Kartanegara, TenggarongAtraksi seni di jalanan oleh Gubang Dance Community diakhiri di kawasan Jembatan Kartanegara, Tenggarong
Photo: Agri


Meski telah merdeka, masih banyak rakyat Indonesia yang masih terbelit berbagai persoalan. Demikian yang ingin diungkap Gubang Dance Community dalam pertunjukan seni memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-62
Meski telah merdeka, masih banyak rakyat Indonesia yang masih terbelit berbagai persoalan. Demikian yang ingin diungkap Gubang Dance Community dalam pertunjukan seni memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-62
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com - 19/08/2007 19:16 WITA
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memaknai HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-62. Salah satunya melalui pertunjukan seni seperti yang dilakukan para seniman-seniwati Gubang Dance Community, Sabtu (18/08) malam, di Tenggarong.


Para anggota sanggar tari dibawah komando Hariyansa ini menggelar sebuah pertunjukan seni kontemporer bertajuk Biarkan Aku Mencintaimu Indonesiaku. Atraksi yang mereka suguhkan terbilang unik.


Pasalnya, suguhan tersebut bukan dilakukan di atas pentas atau dalam gedung pertunjukan. Melainkan, digelar di tengah padatnya lalu-lintas sepanjang Jl KH Akhmad Mukhsin hingga kawasan Jembatan 'Golden Gate' Kartanegara di Jl Wolter Monginsidi.



Pertunjukan seni kontemporer oleh Gubang Dance Community yang menarik perhatian warga
Photo: Agri

Pertunjukan seni di jalanan oleh 9 personel Gubang Dance Community ini dimulakan dari depan gedung BPD Kaltim Cabang Tenggarong pada pukul 20.00 WITA. Sambil dengan diiringi musik dan nyanyian etnik serta pembacaan puisi, para seniman-seniwati muda ini beraksi sambil berjalan kaki menuju kawasan Jembatan Kartanegara.


Aksi ini tentu saja menarik perhatian warga Tenggarong yang bermukim di sepanjang jalan utama tersebut. Bahkan pertunjukan seni di jalanan ini sempat memacetkan lalu-lintas lantaran kawula muda Tenggarong yang menggunakan sepeda motor berjalan pelan sambil menyaksikan atraksi yang unik tersebut.



Salah satu aksi seniman kontemporer asal Tenggarong, Hariyansa
Photo: Yanda

Menurut Hariyansa, pertunjukan seni sambil berjalan kaki tersebut menggambarkan perjalanan sejarah bangsa Indonesia yang begitu panjang dan penuh gejolak, duka, airmata hingga tetesan darah.


"Memang benar bangsa Indonesia sat ini sudah merdeka. Namun, masih banyak permasalahan yang membuat rakyat Indonesia 'belum' merdeka akibat kesulitan ekonomi, persoalan korupsi, konflik SARA, isu terorisme dan lain sebagainya," ungkap pria yang akrab disapa Ancha ini.


Akibatnya, lanjut Ancha, rakyat Indonesia masih saja terbelit dalam beban kehidupan yang begitu sulit. "Oleh karena itu, dalam pertunjukan ini kami ungkapkan bagaimana rakyat kita berjuang keras untuk dapat lepas dari segala persoalan yang membelitnya," imbuhnya.


Ancha juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Polres Kukar dan Dinas Perhubungan Kukar yang telah mendukung kelancaran acara di sepanjang jalan tersebut, serta pihak Studio 3F Tenggarong yang memberikan dukungan tata suara dan pencahayaan. (win/nop)


Hariyansa menggambarkan belitan segala permasalahan kehidupan di era Indonesia merdeka, melalui belitan kain putih di tubuhnya
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com