Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pertama Kali Dipimpin Wakil Bupati
Peringatan Detik-Detik Proklamasi Berjalan Tertib dan Khidmat

Suasana pengibaran bendera Merah Putih pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-62 di Tenggarong tadi siangSuasana pengibaran bendera Merah Putih pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-62 di Tenggarong tadi siang
Photo: Agri


Wabup Kukar H Samsuri Aspar menyerahkan bendera Merah Putih kepada Putri Retno Utari, pelajar SMAN 2 Tenggarong
Wabup Kukar H Samsuri Aspar menyerahkan bendera Merah Putih kepada Putri Retno Utari, pelajar SMAN 2 Tenggarong
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 17/08/2007 16:19 WITA
Hari ini, bangsa Indonesia di berbagai pelosok tanah air merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-62. Tak terkecuali di ibu kota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Tenggarong, upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Kukar ini berlangsung dengan tertib dan khidmat.


Upacara ini diikuti ratusan peserta, mulai dari pelajar tingkat SD hingga SLTA, mahasiswa, pegawai Pemkab Kukar, personel TNI/Polri, serta anggota sejumlah organisasi kemasyarakatan yang ada di Kukar.


Sementara di panggung kehormatan, tampak para pejabat Muspikab Kukar, pimpinan dan anggota legislatif, kepala dinas/instansi, sejumlah tokoh organisasi, serta ratusan undangan lainnya, yang dengan seksama mengikuti upacara.


Dan di hari yang bersejarah ini pula, untuk pertama kalinya upacara peringatan detik-detik Proklamasi di Kukar dipimpin oleh seorang Wakil Bupati. Ya, Wabup H Samsuri Aspar tampil sebagai inspektur upacara (irup), menggantikan Bupati H Syaukani HR yang saat ini masih menjalani proses hukum di Jakarta.



Dari atas panggung kehormatan, Wabup Samsuri Aspar memperhatikan Sang Saka Merah Putih yang terbentang dengan sempurna dan siap dikibarkan
Photo: Humas Kukar/Zoel

Upacara yang dimulakan sekitar pukul 9.50 WITA ini diawali dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kukar 2007. Detik-detik pengibaran bendera ini cukup membuat tegang para pejabat yang menyaksikan.


Bahkan Wabup Samsuri Aspar yang juga tampak tegang, dengan lirih sempat terdengar mengucap basmallah, beberapa saat sebelum petugas pengibar menarik lipatan bendera yang telah diikatkan di tali.


Para hadirin dan peserta upacara baru dapat menghela nafas lega saat petugas pengibar dengan sempurna menarik bendera yang siap dikibarkan. "Bendera telah siap," seru sang pengibar bendera.


Usai komando penghormatan terhadap Sang Saka Merah Putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dimainkan Korps Musik Satpol Pamong Praja Kukar pun berkumandang mengiringi dikibarkannya bendera nasional Republik Indonesia ke ujung tiang tertinggi.



Peringatan HUT Kemerdekaan RI ditandai pula dengan penyerahan tali asih purna tugas kepada PNS Pemkab Kukar yang memasuki masa pensiun
Photo: Agri

Usai pengibaran bendera yang berjalan lancar, acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin Wabup Samsuri Aspar. Kemudian, detik-detik proklamasi pun dimulai yang ditandai dengan dibunyikannya sirine selama 1 menit. Setelah itu, Ketua DPRD Kukar Rahmat Santoso tampil membacakan naskah proklamasi yang tepat 62 tahun silam dibacakan sang proklamator, Ir Soekarno.


Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ini ditandai pula dengan penyematan tanda jasa Satya Lencana Karya Satya kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Kukar yang telah mengabdi selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun.


Dari data yang disampaikan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kukar, tercatat ada 29 orang penerima Satya Lencana Karya Satya 30 tahun, kemudian 96 orang penerima Satya Lencana Karya Satya 20 tahun, dan 42 penerima Satya Lencana Karya Satya 10 tahun.


Penyerahan tanda jasa dari Pemerintah RI tersebut diberikan secara simbolis oleh Wabup Samsuri Aspar dan pejabat Muspikab Kukar lainnya. Selain itu, Wabup juga menyerahkan tali asih purna tugas bagi 4 orang PNS yang memasuki masa pensiun. Besaran tali asih tersebut masing-masing berjumlah Rp 50 juta per orang. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com