Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pertama Kali Dipimpin Wakil Bupati
Peringatan Detik-Detik Proklamasi Berjalan Tertib dan Khidmat

Suasana pengibaran bendera Merah Putih pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-62 di Tenggarong tadi siangSuasana pengibaran bendera Merah Putih pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-62 di Tenggarong tadi siang
Photo: Agri


Wabup Kukar H Samsuri Aspar menyerahkan bendera Merah Putih kepada Putri Retno Utari, pelajar SMAN 2 Tenggarong
Wabup Kukar H Samsuri Aspar menyerahkan bendera Merah Putih kepada Putri Retno Utari, pelajar SMAN 2 Tenggarong
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 17/08/2007 16:19 WITA
Hari ini, bangsa Indonesia di berbagai pelosok tanah air merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-62. Tak terkecuali di ibu kota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Tenggarong, upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Kukar ini berlangsung dengan tertib dan khidmat.


Upacara ini diikuti ratusan peserta, mulai dari pelajar tingkat SD hingga SLTA, mahasiswa, pegawai Pemkab Kukar, personel TNI/Polri, serta anggota sejumlah organisasi kemasyarakatan yang ada di Kukar.


Sementara di panggung kehormatan, tampak para pejabat Muspikab Kukar, pimpinan dan anggota legislatif, kepala dinas/instansi, sejumlah tokoh organisasi, serta ratusan undangan lainnya, yang dengan seksama mengikuti upacara.


Dan di hari yang bersejarah ini pula, untuk pertama kalinya upacara peringatan detik-detik Proklamasi di Kukar dipimpin oleh seorang Wakil Bupati. Ya, Wabup H Samsuri Aspar tampil sebagai inspektur upacara (irup), menggantikan Bupati H Syaukani HR yang saat ini masih menjalani proses hukum di Jakarta.



Dari atas panggung kehormatan, Wabup Samsuri Aspar memperhatikan Sang Saka Merah Putih yang terbentang dengan sempurna dan siap dikibarkan
Photo: Humas Kukar/Zoel

Upacara yang dimulakan sekitar pukul 9.50 WITA ini diawali dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kukar 2007. Detik-detik pengibaran bendera ini cukup membuat tegang para pejabat yang menyaksikan.


Bahkan Wabup Samsuri Aspar yang juga tampak tegang, dengan lirih sempat terdengar mengucap basmallah, beberapa saat sebelum petugas pengibar menarik lipatan bendera yang telah diikatkan di tali.


Para hadirin dan peserta upacara baru dapat menghela nafas lega saat petugas pengibar dengan sempurna menarik bendera yang siap dikibarkan. "Bendera telah siap," seru sang pengibar bendera.


Usai komando penghormatan terhadap Sang Saka Merah Putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dimainkan Korps Musik Satpol Pamong Praja Kukar pun berkumandang mengiringi dikibarkannya bendera nasional Republik Indonesia ke ujung tiang tertinggi.



Peringatan HUT Kemerdekaan RI ditandai pula dengan penyerahan tali asih purna tugas kepada PNS Pemkab Kukar yang memasuki masa pensiun
Photo: Agri

Usai pengibaran bendera yang berjalan lancar, acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin Wabup Samsuri Aspar. Kemudian, detik-detik proklamasi pun dimulai yang ditandai dengan dibunyikannya sirine selama 1 menit. Setelah itu, Ketua DPRD Kukar Rahmat Santoso tampil membacakan naskah proklamasi yang tepat 62 tahun silam dibacakan sang proklamator, Ir Soekarno.


Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ini ditandai pula dengan penyematan tanda jasa Satya Lencana Karya Satya kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Kukar yang telah mengabdi selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun.


Dari data yang disampaikan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kukar, tercatat ada 29 orang penerima Satya Lencana Karya Satya 30 tahun, kemudian 96 orang penerima Satya Lencana Karya Satya 20 tahun, dan 42 penerima Satya Lencana Karya Satya 10 tahun.


Penyerahan tanda jasa dari Pemerintah RI tersebut diberikan secara simbolis oleh Wabup Samsuri Aspar dan pejabat Muspikab Kukar lainnya. Selain itu, Wabup juga menyerahkan tali asih purna tugas bagi 4 orang PNS yang memasuki masa pensiun. Besaran tali asih tersebut masing-masing berjumlah Rp 50 juta per orang. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Anggana Membara, Belasan Rumah Ludes Terbakar
Pilgub Kaltim 2018: Menang di 11 Kecamatan, Isran-Hadi Raup Dukungan 35,37 Persen Suara
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Pimpinan BPJS Kesehatan Ikut Layani Langsung Warga Kukar
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Jelang Laga Lawan SFC, Rafael Berges Tinggalkan Mitra Kukar
PS TIRA 0-0 Mitra Kukar: Gerri Tampil Gemilang, Naga Mekes Bawa Pulang Satu Poin
 
Wow, Mahasiswa Asing Ini Bisa Menari Jepen Hingga Main Sampek
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com