Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pemuda Muara Badak Atasi si Jago Merah

Praktek pemadaman kebakaran oleh para pemuda Muara Badak ini dilaksanakan pada hari kedua pelatihan, Senin (06/8) laluPraktek pemadaman kebakaran oleh para pemuda Muara Badak ini dilaksanakan pada hari kedua pelatihan, Senin (06/8) lalu
Photo: VICO Indonesia/Bastian


Upaya pemadaman kebakaran oleh anggota Karang Taruna Tanjung Limau dan Saka Bahayangkara Muara Badak
Upaya pemadaman kebakaran oleh anggota Karang Taruna Tanjung Limau dan Saka Bahayangkara Muara Badak
Photo: VICO Indonesia/Bastian

KutaiKartanegara.com - 08/08/2007 11:07 WITA
Si jago merah kembali mengamuk di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Kali ini, sebuah rumah yang baru dibangun dan belum sempat ditempati menjadi korban. Berkat kesigapan regu pemadam kebakaran, api pun berhasil dijinakkan. Rumah berukuran 3 x 4 meter persegi tersebut bisa diselamatkan. Kendati bangunan beratap daun nipah dan dinding yang semuanya terbuat dari kayu sebagian besar dilumat api.

Peristiwa 'kebakaran' yang terjadi Senin (06/08) lalu merupakan bagian dari Pelatihan Teknik Dasar Pemadaman Kebakaran yang digelar BPMIGAS-VICO Indonesia untuk pemuda di sekitar wilayah operasi perusahaan migas yang berbasis di Kecamatan Muara Badak tersebut.

Kegiatan tersebut merupakan program dari Departemen Security & Externals dan Badak HSE & Emergency Response bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Muara Badak dengan melibatkan para pemuda dari anggota Karang Taruna Tanjung Limau maupun Saka Bahayangkara DKR Pramuka Kecamatan Muara Badak.

Pelatihan yang berlangsung selama 2 hari tersebut secara resmi dibuka Minggu (05/08) lalu oleh Camat Muara Badak yang diwakili Sekcam H Zainal Abidin. "Kita patut bersyukur atas kegiatan pelatihan yang diberikan VICO Indonesia kepada pemuda Muara Badak, mengingat untuk mengikuti pelatihan semacam ini tidaklah mudah," ujarnya.

Dia berharap melalui pelatihan ini akan terbangun sistem kebersamaan di masyarakat untuk meningkatkan kepedulian lingkungan dengan dasar tulus ikhlas, mampu memahami dan mengambil tindakan yang benar jika terjadi kasus di lapangan.

"Paling tidak, jika terjadi kebakaran, para pemuda bisa membantu mobil pemadam untuk mendekati lokasi dan membantu petugas dalam menanggulangi kebakaran," imbuhnya.

Hal senada disampaikan oleh Komandan Koramil Muara Badak, Kapten Art Sugeng Winarto, saat mengunjungi para pemuda yang berlatih memadamkan api, Senin (06/08) lalu. Danramil Muara badak meminta agar para pemuda bersungguh-sungguh dalam menimba ilmu yang telah diberikan oleh instruktur dari VICO Indonesia.


Manager Security & Externals VICO Indonesia Boedijanto menyerahkan seragam kepada Sekcam Muara Badak untuk selanjutnya diserahkan kepada peserta pelatihan
Photo: VICO Indonesia/Bastian

"Jika seandainya terjadi kebakaran diharapkan para pemuda supaya bisa membantu memberikan pertolongan di lapangan sesuai dengan keterampilan yang dimiliki, tentu saja lengkap dengan seragam yang sudah diberikan. Sehingga tim Fire Rescue dari VICO bisa bekerja maksimal di lapangan," katanya.

Sementara Ketua DKR Pramuka Kecamatan Muara Badak Muhammad Habibie mengatakan, tugas sebagai petugas pemadam kebakaran ternyata cukup berat dan sulit. Selain dibutuhkan ketahanan fisik yang prima dan mental yang kuat, juga harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai teknik pemadaman.

"Terus terang kami belum puas dengan pelaksanaan pelatihan yang berlangsung 2 hari ini. Kami berharap ke depan pelaksanaan pelatihan kalau bisa selama 4 hari. Dan kalau bisa ada kelanjutannya, jadi bukan hanya sekedar pelatihan dasar," urai pemuda yang akrab disapa Abi ini.

Abi juga menyampaikan terima kasih kepada VICO Indonesia atas kesempatan yang telah diberikan untuk menimba ilmu yang cukup langka tersebut. "Dan kalau boleh kami berharap, semoga ilmu ini hanya sekedar diketahui saja, jangan sampai dipergunakan. Karena kalau dipergunakan berarti ada kebakaran. Jadi kami berharap semoga Muara Badak aman dan kondusif," katanya.

Pelatihan Teknik Dasar Pemadaman Kebakaran dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama yang digelar pada hari pertama meliputi pelatihan teori dan pengenalan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Sedangkan hari kedua meliputi cara menggelar dan menggulung selang dan praktek pemadaman api di lokasi fire training ground VICO Indonesia.

Menurut Manager Security & Externals VICO Indonesia, Boedijanto, pelatihan ini merupakan angkatan ke-5. Sebelumnya VICO Indonesia telah mengadakan pelatihan serupa bagi Karang Taruna lain yang ada di Kecamatan Muara Badak, Marang Kayu, Samboja dan Muara Jawa.

Ditambahkannya, para peserta pelatihan yang berjumlah 18 orang selain mendapatkan seragam regu pemadam yang terdiri dari 1 stel pakaian, 1 pasang sepatu keselamatan, sarung tangan, helm pengaman dan kacamata, juga mendapatkan sertifikat dari VICO Indonesia. (bas)


Para peserta Pelatihan Teknik Dasar Pemadaman Kebakaran foto bersama para instruktur dari VICO Indonesia
Photo: VICO Indonesia/Bastian

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Seminggu Menghilang, Warga Sanga-Sanga Ini Ditemukan Mengambang di Sungai
PMII Kukar Gelar Pelatihan Kader Dasar se-Kaltim
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Kuras ATM Puluhan Juta Rupiah, Pelaku Hipnotis Dibekuk Petugas Polres Kukar
Barang Bukti Narkoba, Sajam, Senpi Hingga Uang Palsu Dimusnahkan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Bawakan 8 Lagu, Via Vallen Sukses Goyang Tenggarong
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
 
Lepas Jorge Gotor, Mitra Kukar Rekrut Bek Asal Brazil
KFL-Liga 2 2017, Perebutan Zona 4 Besar Makin Sengit
 
Kongres Dunia CIOFF ke-47 di Tenggarong Berakhir Sukses
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
 
Wow! Menangi Kompetisi LINE, Mahasiswa Unmul Asal Tenggarong Ini Dapat Hadiah Jalan-Jalan ke Jepang
Digagas IKA SMANSA Tenggarong, Guru dan Karyawan SMAN 1 Tenggarong Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com