Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Program Kesehatan Mata dan Nutrisi Tahap II
Akan Bagikan 7.500 Kacamata dan Gelar 2.000 Operasi Katarak

Suasana kegiatan sosialisasi Program Kesehatan Mata dan Nutrisi Tahap II di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, Jum'at (03/08) kemarin
Suasana kegiatan sosialisasi Program Kesehatan Mata dan Nutrisi Tahap II di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, Jum'at (03/08) kemarin
Photo: Humas Kukar/Yuliati

KutaiKartanegara.com - 04/08/2007 16:34 WITA
Program Kesehatan Mata dan Nutrisi yang merupakan program kerjasama antara Total E&P Indonesie, Helen Keller International (HKI), Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), kembali dilanjutkan mulai bulan Agustus 2007.


Menandai dilaksanakannya program yang memasuki tahap ke-2 tersebut, Jum'at (03/08) kemarin dilakukan kegiatan sosialisasi yang dibuka secara resmi oleh Asisten IV Bidang Kesra & Humas Pemkab Kukar HM Ghufron Yusuf di Pendopo Odah Etam, Tenggarong.


Menurut Vice President Government & Media Relations Total E&P Indonesie Ananda Idris, program ini merupakan bagian dari program pengembangan masyarakat atau community development (comdev) dari BPMIGAS-Total E&P Indonesie untuk meningkatkan kesehatan mata dan nutrisi di sekitar wilayah operasi, khususnya di kawasan Delta Mahakam.


"Tahap I program ini telah dilaksanakan selama 6 bulan di tahun 2005-2006 yang difokuskan pada pengkajian untuk mengetahui kondisi kesehatan mata dan nutrisi masyarakat di kawasan Delta Mahakam," ujarnya.


Ditambahkan Ananda Idris, tim gabungan Total E&P Indonesie, HKI, RSPB dan Dinkes Kukar, berhasil mengidentifikasi 242 orang penderita katarak. Dari jumlah tersebut, 33 penderita telah menjalani operasi katarak. Kemudian 400 kacamata juga telah diberikan kepada murid sekolah di Kecamatan Anggana dan Samboja.



Para camat dari wilayah pesisir Kukar dengan serius menyimak materi sosialisasi Program Kesehatan Mata dan Nutrisi yang akan dilaksanakan di wilayah kerjanya
Photo: Humas Kukar/Yuliati

"Selanjutnya pada Tahap II yang akan mulai dilaksanakan pada bulan ini, operasi katarak dan pembagian kacamatan akan kembali dilanjutkan. Sebanyak 7.500 kacamata ditargetkan untuk dapat dibagikan kepada orang dewasa dan anak-anak yang mengalami gangguan pada mata, serta 2.000 operasi katarak lainnya akan dilaksanakan," jelasnya.


Menanggapi dimulainya Program Kesehatan Mata dan Nutrisi Tahap II tersebut, Asisten IV HM Ghufron Yusuf mengatakan, pihaknya menyambut baik dilaksanakannya program tersebut. "Program ini sejalan dengan program Gerbang Dayaku Tahap II, yang mana salah satu prioritasnya adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan dan kesehatan," kata Ghufron.


Menurut Asisten IV Pemkab Kukar, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wahana perbaikan dan meningkatkan kesehatan mata dan nutrisi masyarakat, khususnya pada anak usia sekolah, ibu hamil dan menyusui.


"Petuah orang bijak bahwa kesehatan memang bukan segalanya, tetapi tanpa kesehatan segalanya tidak berarti. Itu menunjukkan bahwa kesehatan terkait dalam semua bentuk pelaksanaan pembangunan yang melibatkan semua stakeholder," katanya.


Kegiatan sosialisasi Program Kesehatan Mata dan Nutrisi Tahap II yang dipandu dr Sahat Mangasih itu menampilkan beberapa pakar kesehatan mata dan gizi, seperti dr Roy Tjiond dari HKI, M Arif Suprapto dan dr Muslim dari RSPB. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com