Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Program Kesehatan Mata dan Nutrisi Tahap II
Akan Bagikan 7.500 Kacamata dan Gelar 2.000 Operasi Katarak

Suasana kegiatan sosialisasi Program Kesehatan Mata dan Nutrisi Tahap II di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, Jum'at (03/08) kemarin
Suasana kegiatan sosialisasi Program Kesehatan Mata dan Nutrisi Tahap II di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, Jum'at (03/08) kemarin
Photo: Humas Kukar/Yuliati

KutaiKartanegara.com - 04/08/2007 16:34 WITA
Program Kesehatan Mata dan Nutrisi yang merupakan program kerjasama antara Total E&P Indonesie, Helen Keller International (HKI), Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), kembali dilanjutkan mulai bulan Agustus 2007.


Menandai dilaksanakannya program yang memasuki tahap ke-2 tersebut, Jum'at (03/08) kemarin dilakukan kegiatan sosialisasi yang dibuka secara resmi oleh Asisten IV Bidang Kesra & Humas Pemkab Kukar HM Ghufron Yusuf di Pendopo Odah Etam, Tenggarong.


Menurut Vice President Government & Media Relations Total E&P Indonesie Ananda Idris, program ini merupakan bagian dari program pengembangan masyarakat atau community development (comdev) dari BPMIGAS-Total E&P Indonesie untuk meningkatkan kesehatan mata dan nutrisi di sekitar wilayah operasi, khususnya di kawasan Delta Mahakam.


"Tahap I program ini telah dilaksanakan selama 6 bulan di tahun 2005-2006 yang difokuskan pada pengkajian untuk mengetahui kondisi kesehatan mata dan nutrisi masyarakat di kawasan Delta Mahakam," ujarnya.


Ditambahkan Ananda Idris, tim gabungan Total E&P Indonesie, HKI, RSPB dan Dinkes Kukar, berhasil mengidentifikasi 242 orang penderita katarak. Dari jumlah tersebut, 33 penderita telah menjalani operasi katarak. Kemudian 400 kacamata juga telah diberikan kepada murid sekolah di Kecamatan Anggana dan Samboja.



Para camat dari wilayah pesisir Kukar dengan serius menyimak materi sosialisasi Program Kesehatan Mata dan Nutrisi yang akan dilaksanakan di wilayah kerjanya
Photo: Humas Kukar/Yuliati

"Selanjutnya pada Tahap II yang akan mulai dilaksanakan pada bulan ini, operasi katarak dan pembagian kacamatan akan kembali dilanjutkan. Sebanyak 7.500 kacamata ditargetkan untuk dapat dibagikan kepada orang dewasa dan anak-anak yang mengalami gangguan pada mata, serta 2.000 operasi katarak lainnya akan dilaksanakan," jelasnya.


Menanggapi dimulainya Program Kesehatan Mata dan Nutrisi Tahap II tersebut, Asisten IV HM Ghufron Yusuf mengatakan, pihaknya menyambut baik dilaksanakannya program tersebut. "Program ini sejalan dengan program Gerbang Dayaku Tahap II, yang mana salah satu prioritasnya adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan dan kesehatan," kata Ghufron.


Menurut Asisten IV Pemkab Kukar, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wahana perbaikan dan meningkatkan kesehatan mata dan nutrisi masyarakat, khususnya pada anak usia sekolah, ibu hamil dan menyusui.


"Petuah orang bijak bahwa kesehatan memang bukan segalanya, tetapi tanpa kesehatan segalanya tidak berarti. Itu menunjukkan bahwa kesehatan terkait dalam semua bentuk pelaksanaan pembangunan yang melibatkan semua stakeholder," katanya.


Kegiatan sosialisasi Program Kesehatan Mata dan Nutrisi Tahap II yang dipandu dr Sahat Mangasih itu menampilkan beberapa pakar kesehatan mata dan gizi, seperti dr Roy Tjiond dari HKI, M Arif Suprapto dan dr Muslim dari RSPB. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com